Hair & beauty

Rambut Mengembang Setelah Keramas? Ini 7 Cara Mudah Atasinya

By : Her World Indonesia - 2022-10-10 20:00:01 Rambut Mengembang Setelah Keramas? Ini 7 Cara Mudah Atasinya

Merawat rambut merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh semua wanita untuk mendapatkan kesehatan kulit kepala serta rambut yang maksimal. Tidak perlu bingung ketika kamu ingin memulai merawat rambut. Langkah dasar yang bisa kamu lakukan ialah dengan keramas secara rutin. Meskipun demikian, pada faktanya rambut malah menjadi mengembang setelah keramas.

Hal ini kadang malah membuat beberapa wanita malas untuk berkeramas. Melihat hal itu, berikut ini Her World rangkumkan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut yang mengembang. Let’s check this out!


1. Gunakan kondisioner

(Penggunaan kondisioner dapat atasi rambut mengembang karena memberikan kelembutan. Foto: Dok.gpointstudio/freepik)


Bagi kamu yang mengalami rambut mengembang setiap selesai keramas kamu dapat mulai menambahkan kondisioner kedalam rangkaian perawatan rambut kamu. Kondisioner dapat berfungsi untuk melembutkan serta melembapkan rambut, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya rambut mengembang akibat keramas. Jangan lupa untuk memilih kondisioner yang tepat yang tidak mengandung asam sulfat karena dapat mebuat rambut rentan patah dan kering.


2. Sisir rambut menggunakan tangan

(Lebih disarankan untuk menyisir rambut menggunakan tangan saat rambut basah. Foto: Dok.gpointstudio/freepik)

Saat kamu baru saja selesai keramas, sebisa mungkin hindari menyisir rambut yang basah menggunakan sisir terutama sisir yang rapat. Menyisir rambut saat basah menggunakan sisir malah dapat membuat rambut rontok. Dilain sisi menyisir rambut saat sudah dalam posisi kering juga tidak disarankan, hal ini dikarenakan dapat membuat rambut kamu mengembang. Cara terbaik ialah menyisir rambut saat keadaan basah dengan menggunakan tangan.


(Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Yang Mudah)



3. Gunakan handuk microfiber

(Handuk mikrofiber merupakan bahan yang dapat mengurangi rambut mengembang setelah keramas. Foto: Dok.prostooleh/freepik)

Siapa yang menyangka, ternyata pemilihan handuk juga dapat menyebabkan rambut mengembang setelah keramas. Bahan yang terbaik untuk kulit kepala dan rambut kamu adalah rambut dengan bahan mikrofiber. Hal ini dikarenakan bahan ini tidak memperkasar kutikula dan ujung rambut sehingga rambut tidak terlihat mengembang melainkan menjadi lembut dan mudah diatur


4. Gunakan pelembap rambut

(Vitamin rambut yang bantu kurangi rambut mengembang setelah keramas. Foto: Dok.freepic.diller/freepik)

Rambut yang mengembang biasanya juga dikarenakan karena rambut yang kering dan tidak ternutrisi. Hal ini bisa kamu atasi dengan memberikan pelembap rambut seperti serum, atau vitamin rambut. Kamu juga bisa menggunakan bahan alami dengan efek samping yang lebih kecil seperti minyak kelapa. Bukan hanya melembapkan, minyak kelapa juga dapat membantu menutrisi rambut kamu sehingga mudah diatur dan tidak mengembang.


(Baca Juga: Perawatan Rambut Kering dan Mengembang di Rumah)


5. Rutin menggunakan masker rambut

(Penggunaan masker rambut yang rutin bantu atasi rambut mengembang. Foto: Dok.valuavitaly/freepik)

Hanya melembapkan rambut nyatanya tidak cukup untuk mengatasi rambut kamu yang mengembang. Kamu tetap membutuhkan deep conditioning dengan cara menggunakan masker rambut secara rutin. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan masker rambut dengan tipe rambut kamu. Bukan hanya menggunakan masker rambut yang sudah dalam kemasan, kamu juga dapat menggunakan opsi masker rambut yang berasal dari bahan alami. Beberapa masker rambut dari bahan alami ialah dari pisang, serta campuran alpukat dan telur


6.  Hindari menyentuh rambut sepanjang hari

(Hindari menyentuh rambut terlalu sering. Foto: Dok.jcomp/freepik)

Sebisa mungkin hindari untuk menyentuh rambut kamu sepanjang hari setelah kering. Hal ini dikarenakan semakin sering kamu menyentuh rambut, semakin menimbulkan gesekan yang dapat mengacak kutikula dan membuat rambut menjadi mengembang.


(Baca Juga: Efektif, Ini Cara Mengatasi Rambut Kering)


7. Mengeringkan rambut dengan benar 

(Keringkan rambut dengan temperatur yang tidak terlalu panas. Foto: Dok.diana.grytsku/freepik)


Mengeringkan rambut setelah keramas ternyata juga dapat mempengaruhi rambut yang mengembang. Sebisa mungkin cobalah untuk menggunakan pengering rambut dengan temperatur yang tidak terlalu panas. Hal ini dikarenakan gesekan dan panas merupakan salah satu menyebab rambut kusut dan mengembang. Sebisa mungkin juga keringkan rambut secara rata dan menyeluruh agar rambut tetap terjaga kesehatannya. Sangat disarankan untuk menggunakan pengering rambut dengan teknologi ion, terutama bagi kamu yang terbilang rutin untung mengeringkan rambut menggunakan alat. 



Itulah beberapa cara untuk mengatasi rambut mengembang setelah keramas yang sudah Her World rangkum untukmu. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Hair & beauty