Hair & beauty

Ampuh! Ini Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering dan Bersisik

By : Her World Indonesia - 2022-11-11 16:00:02 Ampuh! Ini Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering dan Bersisik

Kulit kaki yang kering dan bersisik terutama dibagian tumit merupakan permasalahan yang sudah sering sekali untuk ditemui. Hal ini juga sudah dianggap lumrah oleh beberapa orang. Terlihat tidak begitu membahayakan, sebenarnya kulit kaki yang kering dan bersisik ini malah dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan bisa menimbulkan luka pada kaki kamu. Agar kondisi ini tidak semakin mengganggu hari kamu, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan dengan sederhana. Berikut ini Her World rangkumkan cara yang ampuh untuk mengatasi kulit kaki yang kering dan bersisik. Let’s check this out!


1. Rutin eksfoliasi kulit 

(Melakukan eksfoliasi dengan scrubbing Foto: Dok. valuavitaly/Freepik)

Langkah awal yang dapat kamu lakukan ialah dengan melakukan eksfoliasi pada kulit kaki kamu yang sedang kering dan pecah pecah. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan melakukan scrubbing. Hal yang harus diperhatikan ialah jangan lupa untuk merendam kaki terlebih dahulu baru melakukan scrubbing. Melakukan eksfoliasi dalam keadaan kulit kering malah dapat memperparah kondisi kulit yang sedang kering. Eksfoliasi ini dapat membantu untuk megurangi kulit kering dan sel kulit mati yang menampel. Melakukan eksfoliasi dapat membantu memberikan kulit kaki yang halus, meskipun demikian jangan melakukan eksfoliasi ketika kamu sedang memiliki luka yang terbuka


2. Melembapkan kulit

(Rutin melembapkan kulit kaki Foto: Dok. bearfotos/Freepik)


Langkah selanjutnya setelah mengeksfoliasi kulit adalah dengan melakukan pelembapan pada kulit kaki . Pastikan untuk memilih pelembap yang tidak banyak memiliki kandungan parfum atau bahan kimia lainnya. Bahan-bahan dengan kandungan tersebut malah dapat semakin memperparah kondisi kulit kaki. Sangat disarankan untuk melembapkan kaki kamu sesering mungkin, bukan hanya saat setelah melakukan eksfoliasi


(Baca Juga: Bisa Mulus, Pentingnya Memilih Produk Masker Kaki Yang Benar)


3. Gunakan kaus kaki saat tidur


(Kaus kaki bantu jaga kelembapan Foto: Dok. wayhomestudio/Freepik)

Cara yang satu ini terdengar aneh, tetapi benar-benar dapat membantu untuk mengatasi kaki kamu yang kering dan bersisik. Sebelum tidur pastikan untuk melembapkan kulit dengan menggunakan pelembap yang cukup tebal. Setelah itu kamu bisa menambahkan petroleum jelly untuk mengunci kelembapan tersebut. Saat kaki sudah cukup lembap, pakai kaos kaki dengan bahan 100 persen katun untuk menjaga kaki tetap lembap semalaman. Pemilihan bahan katun juga digunakan agar kaki tetap dapat bernapas dan mendapatkan sirkulasi udara dengan baik. Jangan lupa untuk membersihkan kaki kamu di pagi hari setelahnya


4. Pastikan kebutuhan air terpenuhi


(Air yang cukup bantu lembapkan kulit Foto: Dok. azerbaijan_stockers/Freepik)


Bila kamu sudah melakukan cara mengatasi kulit kering dan bersisik dari luar dan belum mendapatkan hasil, mungkin ini saatnya kamu juga merawat kulit dari dalam. Pastikan kebutuhan kamu dalam mengonsumsi air putih terpenuhi dengan baik. Hal ini dikarenakan 60-70 persen tubuh manusia memiliki kandungan air, itu mengapa air juga dapat membantu untuk melembapkan kulit. Meminum air yang cukup bukan hanya dapat membantu melembapkan kulit kaki, tapi keseluruhan kulitmu.


(Baca Juga: Hilangkan Bau Kaki Dengan 6 Cara Alami Ini, Penasaran?)


5. Hindari mandi air hangat terlalu sering

(Tidak disarankan untuk mandi air hangat terlalu sering Foto: Dok. Freepik)

Mandi menggunakan air hangat nampaknya menjadi kegiatan yang ditunggu setelah melalui hari yang panjang. Memberikan efek relaksasi untuk tubuh, ternyata mandi air hangat terlalu sering bisa berakibat kepada kondisi kulit kamu. Menggunakan air hangat terus menerus malah dapat membuat kulit kamu lebih mudah kering. Hal ini menyebabkan proses untuk penyembuhan kulit kaki yang kering dan bersisik semakin lama.


6. Menggunakan sepatu dengan ukuran yang sesuai

(Pakailah sepatu dengan ukuran yang pas Foto: Dok. pressfoto/Freepik)

Tidak sedikit dari kamu pasti pernah memaksakan menggunakan sepatu yang sebenarnya sudah tidak cukup lagi. Siapa yang sangka, kegiatan ini ternyata malah dapat memperparah kondisi kaki terutama tumit kamu yang sedang kering dan bersisik. Hal ini dikarenakan gesekan dan tekanan yang diberikan terus menerus dapat menimbulkan kulit yang pecah-pecah. 


(Baca Juga: Cara dan 10 Langkah Pedicure di Rumah untuk Percantik Kaki)


Berikut itu telah Her World rangkumkan cara yang ampuh untuk mengatasi kulit kaki yang kering dan bersisik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

(Penulis: Brigitta T.Halim)


Hair & beauty