Life & health

Hilangkan Bau Kaki Dengan 6 Cara Alami Ini, Penasaran?

By : Vanessa Masli - 2022-11-07 17:00:02 Hilangkan Bau Kaki Dengan 6 Cara Alami Ini, Penasaran?

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang mengandalkan sepasang sepatu untuk bisa menjalani hari, setidaknya berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Namun, ada satu hal yang hampir tak bisa kamu dihindari saat sepatu sudah jadi atribut rutin yaitu, bau kaki yang membekas setelah pakai sepatu.


Tak bisa dihindari, tapi bisa kamu hilangkan. Ada beberapa cara alami untuk menghilangkan bau kaki yang perlu kamu coba dan Her World sudah merangkumnya untukmu. Penasaran apa saja?


1. Rendam ke teh hitam


Banyak manfaat yang diberikan teh hitam untuk tubuh dan tak harus selalu kamu minum. Teh hitam bisa kamu rasakan manfaatnya dalam menghilangkan bau kaki. Asam tanat atau tannic acid yang terkandung dalam teh hitam memiliki kekuatan untuk mengecilkan sel-sel penghasil keringat sehingga tak memproduksi terlalu banyak di area kaki sekaligus menetralisir bau yang tak sedap.


Kamu cukup merebus dua kantung teh hitam selama 15 menit. Setelah mendidih, angkat kantung tehnya dan cairkan lagi dengan air suhu ruangan. Biarkan campurannya sesaat sebelum merendam kaki selam 15-30 menit. Lakukan perawatan ini setiap hari sampai bau kakinya hilang.



(Rendam kaki di teh hitam bisa hilangkan bau kaki. Foto: Dok. Charlotte May/Pexels)


2. Rendam dengan cuka apel


Selain teh hitam, cuka apel bisa menjadi alternatif untuk merendam kakimu yang baik. Mungkin tak sedap dicium tapi efektif menghilangkan bau kaki yang selama ini menganggu. Cuka satu ini memiliki kandungan anti mikroba yang bisa bantu membunuh bakteri penyebab bau kaki dan menetralisir baunya.


Caranya membuat air rendamannya juga mudah. Cukup mengisi baskom dengan air hangat atau dingin, tambahkan sepertiga gelas cuka apel, dan rendam kakimu selama 15 menit. Kamu bisa lakukan ini beberapa kali dalam satu hari jika dibutuhkan.


3. Menggosok dengan minyak lavender


Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bunga ungu satu ini, termasuk urusan bau kaki. Minyak esensial lavender ini menjadi cara alami yang baik untuk menghentikan bau kaki yang mengganggu. Lavender memiliki kandungan yang bantu kamu bunuh bakteri-bakteri di kaki yang jadi penyebab munculnya bau.


Kamu cukup meneteskan beberapa tetes minyak esensial lavender di kaki dan gosok hingga merata. Pastikan kamu mengosokkan di sela-sela jari kaki, tempat bakteri banyak sebabkan bau kaki. Untuk pastikan minyak lavender terserap dengan baik, setelah menggosok, pakaikan kaus kaki sebelum tidur.


(Baca Juga: Bau Tidak Sedap Pada Vagina? Coba Atasi Dengan 6 Cara Ini!)


4. Konsumsi makanan kaya zinc


Perawatan untuk menghilangkan bau kaki juga harus dilakukan dari dalam. Apa yang kamu konsumsi juga memiliki andil sehingga pemilihan makanan harus jadi pertimbangan. Dalam hal nutrisi, pastikan kamu memilih bahan makanan yang mengandung zinc atau seng.


Mineral satu ini memiliki peran dalam mengurangi bakteri jahat penyebab bau kaki sehingga wajib kamu masukkan dalam menu makanan sehari-hari. Beberapa bahan makanan yang mengandung zinc antara lain seafood, bayam, jamur, kacang almond, dan kacang mede.


5. Rajin memakai kaus kaki


Buat kamu yang sering pakai sepatu tapi jarang pakai kaus kaki, mulailah kebiasaan baru. Dengan bahan yang tepat, kaus kaki bisa menyerap kelembaban yang sebabkan bau. Jadi, kaki pun tetap bersih, kering, dan pastinya bebas dari bau. Kamu bisa membeli kaus kaki yang terbuat dari bahan katun alami berwarna putih atau warna yang lebih muda.


Sebab, ada beberapa cat warna kaus kaki yang memiliki kualitas rendah dan memiliki peran membuat kakimu semakin berkeringat.



(Pakai kaus kakimu untuk pastikan kaki bersih dan kering, plus bebas bau. Foto: Dok. Taryn Elliott/Pexels)



6. Buat scrub alami untuk eksfoliasi kaki


Manfaatkan daun peppermint dalam membuat scrub alami untuk mengeksfoliasi kakimu. Kamu cukup mencampurkan satu sendok makan gandum, satu sendok makan gula, dan dua sendok teh daun peppermint kering. Setelah tercampur, tambahkan satu sendok makan yoghurt, sari buah lemon, dan lima tetes minyak esensial peppermint.


Campur lagi hingga membentuk scrub dan aplikasikan ke kedua kakimu hingga sel-sel kulit matimu terangkat. Scrub alami ini membantu tampilan kaki terlihat bersih sekaligus bebas bau karena gula yang membantu pengangkatan sel kulit mati dan daun peppermint yang mendinginkan sekaligus menghilangkan bau kaki.


(Baca Juga: Coba Kenali 6 Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan)


Beberapa cara alami ini bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau kaki. Selamat mencoba dan semoga kamu temukan solusi yang dicari.


Life & health