Hair & beauty

Bukan Saja Untuk Bayi, Ini Manfaat Baby Oil Untuk Kecantikan

By : Her World Indonesia - 2022-11-08 16:00:01 Bukan Saja Untuk Bayi, Ini Manfaat Baby Oil Untuk Kecantikan

Baby oil atau juga dapat disebut sebagai minyak bayi, merupakan salah satu produk esensial yang pasti dimiliki oleh para wanita yang telah mempunyai bayi. Baby oil sendiri menjadi produk yang selalu dipakai karena memiliki kandungan aman yang dibuat khusus untuk kulit bayi yang masih cenderung sensitif.


Baby oil memiliki kandungan 98 persen minyak mineral dan 2 persen parfum. Melihat kandungannya yang aman ternyata baby oil tidak hanya dapat digunakan oleh bayi, tapi juga bermanfaat  untuk kecantikan. Berikut ini Her World rangkumkan manfaat baby oil untuk kecantikan. Let’s check this out!

1. Pelembap wajah

(Baby oil yang dapat digunakan sebagai pelembab wajah. Foto: Dok. diana.grytsku/Freepik)


Siapa yang menyangka, baby oil ternyata dapat menjadi pelembap yang sangat bagus untuk kulit kamu terutama bagi pemilik kulit kering dan sensitif. Hal ini dikarenakan baby oil memiliki kandungan dengan dasar bahan natural yang bantu melembabkan dan melembutkan kulit. Selain itu kandungan dari baby oil juga non comedogenic yang artinya tidak mudah untuk menyumbat pori-pori sehingga aman untuk digunakan pada kulit orang dewasa. Sebelum menggunakan baby oil sebagai pelembap wajah pastikan mencuci area wajah sampai bersih terlebih dahulu agar mendapatkan penyerapan yang maksimal


2. Mengurangi gatal

(Manfaat baby oil untuk mengurangi gatal. Foto: Dok. stefamerpik/Freepik)


Apakah kamu memiliki gatal-gatal pada kulit? Baby oil dapat kamu gunakan sebagai alternatif untuk mengurangi gatal pada kulit. Berdasarkan hasil penelitian terhdap pasien pruritus uremik (penyakit gatal yang biasanya dirasakan pasien gagal ginjal), baby oil sangat efektif untuk mengurangi rasa gatal. Manfaat mengurangi rasa gatal ini pastinya didapatkan setelah pemakaian rutin selama tiga minggu.


(Baca Juga: Selain Jaga Kelembapan, Ini Manfaat Lain Dari Mineral Oil)


3. Pembersih make up


(Baby oil bisa digunakan untuk membersihkan make up. Foto: Dok. gpointstudio /Freepik)

Membersihkan make up setelah penggunaan sepanjang hari menjadi hal yang sangat penting untuk kesehatan kulit. Baby oil ternyata juga dapat kamu gunakan untuk membersihkan make up yang telah kamu gunakan. Selain bahannya yang aman untuk kulit, baby oil dapat dengan mudah menghilangkan residu tebal yang ada pada muka kamu terutama sisa eyeliner maupun mascara water proof. Bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat disarankan untuk tidak menggunakan baby oil untuk membersihkan make up, karena dapat menambah kandungan minyak yang semakin memperparah kondisi jerawat.


4. Menyembuhkan kekeringan pada tumit dan siku

(Baby oil bantu melembutkan kulit kering ada tumit dan siku. Foto: Dok. schantalao /Freepik)

Tidak sedikit wanita memiliki tumit dan siku tangan yang kering dan pecah-pecah. Bukan hanya tidak enak untuk dipandang, kondisi ini dapat menimbulkan rasa perih dan dapat menimbulkan luka. Selain dapat berfungsi sebagai pelembap, baby oil juga kaya akan kandungan vitamin A,D,E,K yang dapat bantu menyembuhkan kondisi ini serta mengembalikan kondisi kulit.


(Baca Juga: Inilah 7 Cara Menghilangkan Komedo Putih Yang Membandel)


5. Krim cukur

(Baby oil dapat menjadi alternatif untuk mencukur. Foto: Dok. gpointstudio/Freepik)

Kandungan baby oil yang melembabkan dapat kamu gunakan sebagai pengganti krim untuk mencukur. Memberikan rasa aman dan nyaman saat sedang menyukur, baby oil juga dapat membantu mengurangi kemungkinan munculnya benjolan pada kulit akibat pisau cukur.


6. Gel kantung mata

(Baby oil bisa jadi alternatif pengganti gel kantung mata. Foto: Dok. Luca Iaconelli /Unsplash)

Fakta menyenangkan lainnya terutama bagi kamu para wanita yang sudah memiliki kantung mata. Baby oil ternyata dapat berfungsi sebagai pengganti gel untuk mengatasi kantung mata. Gunakan baby oil untuk melakukan pijatan pada bagian bawah mata, pijat dengan lembut menggunakan jari selama satu sampai dua menit. Langkah selanjutnya hapus menggunakan tisu sisa minyak berlebih, lakukan langkah ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


(Baca Juga: 5 Beauty Balm Multifungsi untuk Berbagai Kebutuhan


Berikut itu telah Her World rangkumkan manfaat untuk kecantikan yang bisa kamu dapatkan dari baby oil. Baby oil lebih disarankan untuk kalian yang memiliki kulit sensitif dan kering, bagi kalian yang memiliki kulit acne prone disarankan untuk tidak menggunakan baby oil dalam jumlah yang banyak karena dapat semakin memperparah kondisi jerawat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Hair & beauty