Selain Jaga Kelembapan, Ini Manfaat Lain Dari Mineral Oil


  • Selain Jaga Kelembapan, Ini Manfaat Lain Dari Mineral Oil
    Selain Jaga Kelembapan, Ini Manfaat Lain Dari Mineral Oil Yang Wajib Kamu Ketahui Karena Dapat Mencegah Penuaan Dini (Foto: Dok. Mathilde Langevin/Unsplash)

    Paling sering ditemukan dalam kandungan produk perawatan wajah, mineral oil adalah salah satu minyak mineral turunan dari petroleum. Mineral oil sendiri merupakan bahan bakar fosil atau biasa dikenal dengan sebutan minyak bumi. Sifatnya yang tidak berbau, tidak mudah teroksidasi, dapat disimpan dalam jangka waktu panjang, dan tentunya tidak memiliki warna ini membuat mineral oil dalam suatu produk kosmetik menjadi perdebatan banyak orang sampai saat ini.




    Pasalnya, mineral oil dianggap dapat berbahaya karena di dalamnya terkandung zat karsinogen yang dapat mengakibatkan penuaan dini, terjadinya kulit kering, menyumbat pori-pori, hingga dapat meningkatkan risiko kanker, lho. Meski banyak memunculkan pro-kontra, tetapi menurut penelitian, pemakaian mineral oil dalam produk skincare dan kosmetik aman digunakan oleh berbagai jenis kulit, termasuk kulit bayi.


    (Baca Juga : Intip Rekomendasi Cleansing Oil Untuk Kulit Berminyak Ini)


    Memiliki segudang manfaat, mineral oil lebih baik diaplikasikan setelah mandi. Pasalnya, mineral oil berguna untuk mencegah risiko dehidrasi kulit dengan menjaga kulit tetap lembab. Biar pengetahuanmu tentang mineral oil bertambah, simak deretan manfaat minyak berwujud transparan ini yang sudah HerWorld Indonesia rangkum untukmu. Let's take a look!


    1. Dapat digunakan jadi makeup remover


    Selain Jaga Kelembapan, Ini Manfaat Lain Dari Mineral Oil Yang Wajib Kamu Ketahui Karena Dapat Mencegah Penuaan Dini

    (Riasan wajah yang bersifat waterproof dapat dihilangkan secara mudah menggunakan mineral oil dengan bantuan cotton pad. Foto: Dok. EcoPanda/Unsplash)


    Mineral oil terbukti ampuh dalam mengangkat kotoran sekaligus riasan jenis waterproof pada wajah. Mineral oil juga baik untuk menghapus riasan tanpa menarik kulit halus yang berada di sekitar mata. Walaupun mineral oil dapat mengangkat bekas riasan wajahmu, alangkah baiknya setelah itu cuci kembali wajahmu hingga bersih menggunakan sabun pembersih khusus kulit wajah. Sebab, jika mineral oil masih ada yang tertinggal, akan menyebabkan tersumbatnya pori-pori, apalagi kamu pemilik jenis kulit berminyak.


    2. Melindungi kulit dari cuaca dingin


    Cuaca dingin ternyata memiliki dampak kurang baik bagi kesehatan kulit, lho. Rendahnya suhu di suatu wilayah dapat mengakibatkan kulit terasa kering dan terlihat kusam, serta menonjolkan garis-garis kerutan halus. Memberikan perlindungan terbaik, mineral oil adalah produk bagus untuk melindungi kulit yang terpapar iklim dingin. Maka dari itu, jika kamu sedang berada di luar negeri dan kebetulan sudah memasuki musim dingin, jangan lupa untuk selalu mengoleskan mineral oil di area kulit wajah serta di daerah bagian tubuhmu.


    (Baca Juga : 5 Beauty Balm Multifungsi untuk Berbagai Kebutuhan)


     3. Ampuh membersihkan kotoran telinga


    Dengan aman dan harus berhati-hati, kamu bisa memanfaatkan mineral oil untuk membersihkan kotoran telinga. Meruntuhkan kotoran telinga dengan mudah, mineral oil juga membantu melembabkan saluran telinga. Sebelum kamu melakukan proses pembersihan kedua telingamu, pastikan mineral oil yang dipakai sesuai dengan suhu tubuhmu.


    Untuk penggunaannya, miringkan kepalamu lalu tarik daun telinga agar lubangnya terbuka sedikit, lalu teteskan sedikit demi sedikit mineral oil menggunakan pipet secara perlahan-lahan. Tetap pada posisimu, biarkan mineral oil mencapai seluruh permukaan dalam telinga. Setelah itu pelan-pelan gunakan cotton bud dengan cara memutar untuk menarik kotoran. Jika telinga dirasa sudah bersih, bilas kembali dengan menyemprotkan saline atau air khusus peluntur kotoran telinga.


    4. Dapat mengurangi ketombe


    Bikin risih karena gatal, ketombe selalu jadi musuh siapa saja. Ketombe rambut sendiri dapat disebabkan oleh ragi, kulit jamur, atau kulit kepala kering. Tidak perlu khawatir, kamu bisa menyelesaikan masalah rambutmu yang satu ini menggunakan mineral oil. Aplikasikan mineral oil langsung menyeluruh ke kulit kepala, setelah itu pijat secara perlahan selama 15 menit, lalu bilas rambut dengan shampoo dan conditioner yang biasa kamu gunakan. Jika rutin 2 minggu sekali memijat kepala dengan mineral oil, secara bertahap masalah ketombemu akan hilang dengan sendirinya.


    5. Bisa jadi krim cukur


    Selain Jaga Kelembapan, Ini Manfaat Lain Dari Mineral Oil Yang Wajib Kamu Ketahui Karena Dapat Mencegah Penuaan Dini

    (Mineral oil dapat menjadi alternatif pengganti krim cukur. Lembut dan bikin kulit lembab, aplikasikan mineral sebelum dan setelah mencukur agar terhindari dari iritasi kemerahan. Foto: Dok. Helen Barth/Unsplash)


    Demi menjaga penampilan, baik wanita maupun pria pasti akan rutin mencukur rambut di daerah tubuh tertentu mereka. Nah, jika kamu sedang kehabisan krim cukur di rumah, mineral oil yang bertekstur cair dan lembut adalah jawaban terbaik. Dapat dimanfaatkan sebagai pengganti krim untuk mencukur, mineral oil dapat diaplikasikan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan rutin tersebut. Membuat kulit jadi terhindar dari kemerahan karena iritasi, kelebihan memakai mineral oil adalah warnanya yang bening dapat memudahkan kamu untuk melihat apa yang dicukur.


    (Baca Juga : Atasi Kulit Kering Akibat Hand Sanitizer & Sabun Cuci Tangan)


    Itulah beberapa manfaat utama yang dapat kamu rasakan secara langsung jika menggunakannya. Dapat ditemukan dengan mudah di toko swalayan, turunan dari mineral oil yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah baby oil. Tetap jaga kelembapan kulitmu agar tidak kering, selalu sediakan mineral oil di rumah, ya.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below