Inilah 7 Cara Menghilangkan Komedo Putih Yang Membandel


  • Inilah 7 Cara Menghilangkan Komedo Putih Yang Membandel
    (Cara menghilangkan komedo putih yang membandel. Foto: Dok.aldarinho/iStock)

    Salah satu masalah yang kerap dialami wanita adalah munculnya komedo putih (whiteheads). Pasalnya, komedo putih ada ketika minyak, debu, kotoran, dan sel kulit mati menumpuk di pori-pori kulit wajah. Kondisi ini akan menimbulkan benjolan pada permukaan kulit, tetapi tidak disertai radang dan juga rasa sakit yang dapat mengganggu aktivitas dan juga membuat seseorang tidak percaya diri. 


    Nah, karena komedo putih yang tertutup oleh kulit maka cara menghilangkannya pun tidak semudah mengeluarkan komedo hitam. Namun kamu tak perlu khawatir, sebab ada berbagai cara menghilangkan komedo putih yang membandel dan bisa kamu coba. Berikut ini penjelasannya. 



    1. Membersihkan Wajah Secara Rutin 

    cara menghilangkan komedo putih yang membandel

    (Membersihkan wajah secara rutin menjadi cara menghilangkan komedo putih yang membandel paling mudah. Foto: Dok.sefa ozel/iStock)


    Cara yang paling penting dan mudah dilakukan adalah dengan membersihkan wajahmu secara rutin, terutama setelah kamu pergi dari luar. Sebab berbagai debu, polusi, dan kotoran yang menempel bisa menimbulkan berbagai masalah wajah, seperti jerawat dan komedo putih ini. 


    Maka dari itu, kamu bisa membersihkan wajah secara teratur setidaknya dua kali sehari menggunakan sabun wajah berbahan lembut dan jangan yang mengandung alkohol atau detergen. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan justru akan membuat komedo semakin parah. Jangan lupa juga untuk tidak menggosok wajah terlalu keras agar tidak menyebabkan iritasi.


    (Baca Juga: Ternyata, Ini lho Penyebab Munculnya Whiteheads Di Wajah!)

    2. Gunakan Salep Yang Mengandung Benzoyl Peroxide


    Cara menghilangkan komedo putih yang membandel lainnya adalah dengan menggunakan salep yang mengandung benzoyl peroxide. Sebab, benzoyl peroxide mengontrol kadar minyak berlebih yang ada di pori-pori wajahmu. Minyak berlebih atau sebum inilah yang menjadi bibit dari hadirnya komedo putih. Penggunaan dari benzoyl peroxide ini memang hasilnya tidak terlihat secara langsung namun perlahan tapi pasti. Maka dari itu, kamu perlu menggunakannya secara rutin agar hasilnya maksimal. 


    3. Menggunakan Uap Air Hangat 

    cara menghilangkan komedo putih yang membandel

    (Gunakan uap air hangat untuk membuka pori-pori wajah. Foto: Dok.Eventmix/iStock)


    Mungkin cara ini sering kamu dengar karena beberapa orang mengatakan bahwa pori-pori wajah akan terbuka ketika kita meletakkan wajah di atas uap air hangat ini. Ternyata ini benar adanya, kamu bisa menggunakan cara ini pada komedo putihmu karena dapat membuka pori-pori yang tersumbat. 


    Kamu hanya perlu memasak air dalam sebuah wadah, kemudian hadapkan wajah ke uap air hangat yang ada pada wadah tersebut, kemudian diamkan uap air panas tersebut membuka pori-pori wajahmu. 

    4. Memakai Soda Kue 


    Cara menghilangkan komedo putih yang membandel berikutnya adalah dengan menggunakan soda kue. Sebab, soda kue berfungsi untuk membantu menjaga kadar pH kulit, mengatur produksi minyak di kulit, dan mengelupas sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. 


    Kamu hanya perlu membuat soda kue menjadi pasta, kemudian oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. 


    (Baca Juga: Cara Menghilangkan Blackhead Di Hidung Dengan Bahan Rumahan)


    5. Menggunakan Tea tree oil 

    cara menghilangkan komedo putih yang membandel

    (Tea tree oil efektif untuk menghilangkan komedo. Foto: Dok.ronstik/iStock)


    Penggunaan tea tree oil tergolong efektif untuk menghilangkan komedo putih pada hidung. Adanya sifat anti-comedogenic (antibakteri) dan antiinflamasi pada tea tree oil terbukti efektif menghilangkan komedo yang membandel. 


    Caranya mudah untuk dilakukan, kamu hanya perlu mengoleskan tea tree oil pada bagian yang berkomedo, seperti pipi atau hidung.Tidak hanya menghilangkan komedo putih, tea tree oil juga ampuh menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan mudah, lho.

    6. Mengoleskan Baby Oil


    Selain bahan-bahan diatas, baby oil juga bisa kamu digunakan sebagai cara menghilangkan komedo putih yang membandel. Pasalnya, baby oil memiliki kandungan mineral sebanyak 98% yang ampuh mengatasi berbagai masalah kulit wajah.


    Tidak hanya itu saja, baby oil juga bersifat non-comedogenic sehingga kamu tak perlu takut menyumbat pori-pori wajah ketika menggunakan baby oil. Cara menghilangkan komedo putih dengan baby oil mudah banget, kok. Kamu cukup mengoleskan baby oil secukupnya dengan kapas atau cotton bud pada bagian wajah atau hidung yang berkomedo, sambil memijatnya dengan lembut selama beberapa menit. Kemudian, bilas dan cuci muka dengan sabun hingga bersih.


    7. Hindari Paparan Sinar Matahari 

    cara menghilangkan komedo putih yang membandel

    (Hindari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan sunscreen. Foto: Dok.Mykola Sosiukin/iStock)


    Untuk mencegah komedo putih yang membandel agar tidak semakin berkembang adalah dengan menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Jika akan beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya (sunscreen) yang bebas minyak atau berlabel non-comedogenic.


    Nah, itu dia berbagai cara menghilangkan komedo putih yang membandel. Jika komedo putih tak kunjung hilang atau justru berkembang menjadi jerawat yang parah, segera kunjungi dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below