Hair & beauty

Ampuh! Ini Cara Menghilangkan Jerawat Punggung dan Bekasnya

By : Her World Indonesia - 2022-11-07 16:00:02 Ampuh! Ini Cara Menghilangkan Jerawat Punggung dan Bekasnya

Apakah kamu pernah merasakan sesuatu yang tidak enak dan mengganggu pada bagian badan belakang? Hal itu bisa jadi adalah jerawat yang ada di punggung kamu. Jerawat sendiri memang tidak hanya muncul di area wajah saja, tapi juga pada bagian tubuh lain khususnya punggung. Sama seperti jerawat yang ada di wajah, kamu juga harus memberikan perawatan khusus untuk jerawat di punggung agar tidak meninggalkan bekas dan memperparah jerawat serta kulit punggung. Jangan khawatir bila hal ini sudah terlanjur terjadi, berikut ini Her World rangkumkan cara untuk menghilangkan jerawat punggung dan bekasnya. Let’s take a look!


1. Mandi teratur

(Mandi dengan teratur bantu kurangi jerawat punggung. Foto: Dok. Racool_studio/Freepik)


Salah satu penyebab dari munculnya jerawat di punggung ialah kotoran yang terus menumpuk dan menyumbat pori-pori. Cara sederhana yang dapat kamu lakukan ialah dengan mandi secara teratur terutama bila kamu rajin untuk berolahraga. Namun, jangan terlalu sering menunda mandi terutama bila kamu termasuk orang yang mudah untuk berkeringat. Jangan lupa untuk menggosok bagian punggung sampai bersih untuk mencegah kotoran yang menumpuk.


2. Gunakan sabun mandi dengan kandungan khusus

(Ganti sabun mandi dengan sabun mandi yang bantu atasi jerawat. Foto: Dok. jcomp/Freepik)


Saat sedang mengalami jerawat punggung yang cukup mengganggu, kamu sementara bisa beralih ke sabun mandi dengan kandungan khusus. Gunakan sabun mandi dengan kandungan salicylic acid untuk mengurangi inflamasi dari jerawat dan pori-pori yang terututup. Sabun mandi khusus jerawat juga dapat bantu untuk membersihkan pori-pori tersumbat dan memudahkan proses pengeringan pada jerawat. Efek dari sabun mandi ini tentunya juga dapat dirasakan setelah melakukan pemakaian yang rutin.


(Baca Juga: 6 Penyebab Jerawat Punggung Yang Wajib Diperhatikan)


3. Jangan memecahkan jerawat

(Hindari memecahkan jerawat punggung. Foto: Dok.Freepik)


Jerawat yang muncul terkadang membuat kita tidak tahan untuk memencet atau memecahkannya dengan maksud agar jerawat cepat menghilang. Pada faktanya kegiatan ini sangat tidak disarankan untuk dilakukan meskipun terkadang jerawat di punggung masih tergapai untuk kita pegang. Kegiatan memecahkan jerawat malah dapat semakin memperparah keadaaan jerawat karena dapat menimbulkan luka dan bekas jerawat yang semakin terlihat.


4. Menggunakan pakaian yang longgar

(Pakaian longgar dapat hindari gesekan yang memperparah jerawat punggung. Foto: [email protected]/Freepik)


Siapa yang sangka, menggunakan pakaian yang terlalu ketat juga dapat bantu menimbulkan dan memperparah jerawat punggung kamu. Hal ini dikarenakan gesekan yang terus terjadi antara baju dan permukaan kulit dapat menyebabkan iritasi. Selain itu menggunakan baju yang terlalu ketat juga dapat menjebak panas dan keringat yang dikeluarkan tubuh dan malah menyumbat pori pori. Melihat hal ini sangat disarankan untuk menggunakan pakaian yang longgar dan terbuat dari katun karena dapat lebih mudah menyerap keringat


(Baca Juga:Kenali 5 Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya)


5. Jauhi rambut dari punggung

(Jauhi rambut pada punggung yang sedang berjerawat. Foto: Dok.Freepik)


Bagi kamu yang memiliki rambut panjang hal ini juga harus menjadi perthatian khusus. Sebisa mungkin hindari dahulu sentuhan yang terjadi antara rambut dan bagian punggung, hal ini dikarenakan rambut membawa minyak dan kotoran yang dapat semakin memperparah kondisi jerawat di punggung. Jangan lupa untuk keramas dengan rajin dan menguncir rambut saat sedang dalam aktivitas yang menghasilkan banyak keringat. Saat sedang memiliki jerawat pada punggung sebisa mungkin hindari juga sampo dan kondisioner turun ke arah punggung. Hal ini dapat membantu penyumbatan pori-pori di punggung.


6. Jangan berjemur

(Berjemur dapat memperparah kondisi jerawat punggung. Foto: Dok@cookie_studio/Freepik)


Saat sedang memiliki jerawat punggung, sebisa mungkin hindari berjemur langsung dengan keadaan punggung yang terbuka. Hal ini dapat menyebabkan kemerahan berlebih dan bekas jerawat yang lebih jelas. Bila dalam keadaaan terdesak, kamu tetap dapat menggunakan sunscreen. Pastikan untuk memilih sunscreen dengan kandungan oil-free dan memiliki tekstur yang ringan, untuk mencegah tersumbatnya pori-pori kulit.


(Baca Juga:7 Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Dengan Mudah)


Berikut itu telah Her World rangkumkan cara untuk menghilangkan jerawat punggung dan bekasnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Hair & beauty