6 Penyebab Jerawat Punggung Yang Wajib Diperhatikan


  • 6 Penyebab Jerawat Punggung Yang Wajib Diperhatikan
    Inilah beberapa penyebab jerawat punggung paling umum. (Foto: Dok. SHVETS Production/Pexels)

    Jerawat punggung dapat disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu penyebab jerawat punggung paling sering terjadi adalah jarang memperhatikan kebersihan tubuh dengan tidak melakukan perawatan badan secara rutin. Hal ini merujuk pada kurang maksimalnya kamu membersihkan tubuh bagian belakang menggunakan sabun sesaat setelah beraktivitas seharian di luar rumah.


    Penyebab jerawat punggung juga terjadi karena faktor hormon. Tingginya hormon saat memasuki masa pubertas pun akan membuat produk minyak berlebih ikut meningkat dan memicu timbulnya jerawat di area tubuh tertentu serta pada wajah. Bahkan wanita yang sedang menstruasi dan mengandung tidak luput dari masalah jerawat punggung.







    Selain faktor hormon dan kurangnya memperhatikan kebersihan badan saat mandi, simak penjelasan dari penyebab jerawat punggung berikut ini.

    1. Faktor genetik

    Kulit berminyak dan mudah berjerawat biasanya dapat disebabkan karena faktor keturunan dari orang tua. Penyebab jerawat punggung yang satu ini tentu dapat diatasi dengan cara rutin mengonsumsi obat-obatan tradisional khusus pembasmi jerawat.

    Bukan masalah besar, penyebab jerawat punggung karena faktor genetik tidak mungkin bisa dihindari. Tetapi dengan melakukan perawatan tubuh yang benar, maka jerawat punggung akan hilang seketika.

    2. Stres berlebihan

    Penyebab jerawat punggung
    (Stres berlebihan dapat menjadi penyebab jerawat punggung. Foto: Dok. Andrew Neel/Pexels)

    Bukan rahasia lagi jika stres berlebihan jadi salah satu faktor penyebab jerawat punggung makin parah. Alasannya, stres dapat merusak sistem kekebalan sehingga membuat tubuh sulit untuk melawan bakteri.

    Maka dari itu, jerawat punggung membutuhkan waktu lama untuk sembuh saat kamu sedang mengalami stres berat. Jadi penghambat bakteri dan kuman penyebab jerawat punggung menghilang, cobalah melakukan olahraga ringan untuk mengatasi rasa stres.

    Dengan bersepeda atau jalan kaki keluar rumah, udara segar akan membantu otakmu kembali fresh sehingga dapat menjernihkan pikiranmu. Jika kamu penggemar makanan manis, kamu bisa mengonsumsi cokelat karena mereka termasuk cemilan anti stres. Tapi jangan makan terlalu berlebihan, jika ingin jerawat punggung cepat sembuh, ya!

    3. Pola hidup yang tak sehat

    Sering tidur larut malam dan mengonsumsi junk food bisa jadi penyebab jerawat punggung susah hilang. Sering mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi dan produk susu dapat meningkatkan peradangan pada jerawat di punggung dan juga wajah.

    Pola hidup yang tidak sehat alangkah baiknya dirubah secara perlahan. Agar tidak tidur terlalu malam, kamu bisa dengarkan lantunan lagu klasik, streaming ASMR, atau nyalakan lilin aroma terapi supaya kualitas tidur lebih maksimal.

    Sedangkan untuk diet, jangan lupa perbanyak konsumsi serat dari sayuran dan buah, minum air putih secukupnya, serta konsumsi suplemen khusus. Jangan lupa juga iringi dengan olahraga teratur.





    4. Selalu mengenakan pakaian yang sama tanpa dicuci

    Tidak ada salahnya mengenakan pakaian yang sama berulang kali. Asalkan sudah dicuci bersih, maka tidak akan memperparah jerawat punggung. Untuk kamu yang masih memelihara kebiasaan buruk ini, berhentilah memakai baju yang sama berulang kali tanpa dicuci karena akan menyebabkan ruam pada kulit tubuh.

    Keringat yang menempel di atas permukaan baju tidak akan menghilangkan kuman dan bakteri begitu saja hanya dengan dijemur. Harus melewati proses pencucian seperti biasa, barulah kamu bisa mengenakan baju tersebut.

    5. Tempat tidur yang kotor

    Penyebab jerawat punggung paling umum adalah tempat tidur yang kotor. Dari seprai, bantal, guling wajib dibersihkan secara rutin untuk menghindari masalah kulit berjerawat. Jika tempat tidurmu jarang dibersihkan maka akan menjadi tempat tinggal dan berkembang biak bakteri sehingga dapat menimbulkan masalah kulit, termasuk jerawat punggung. Cuci seprai setiap seminggu duakali untuk menjaga kebersihan tempat tidur.

    6. Mengonsumsi obat tertentu

    Penyebab jerawat punggung
    (Penyebab jerawat punggung dapat timbul karena mengonsumsi obat. Foto: Dok. Ahsanjaya/Pexels)

    Timbulnya jerawat punggun dapat disebabkan karena mengonsumsi obat tertentu. Bisa jadi saat kamu mengonsumsi suplemen atau beberapa jenis obat, hal tersebut menjadi pemicu pertumbuhan jerawat punggung.

    Supaya tidak memperparah jerawat punggung, konsultasikan terlebih dahulu obat atau suplemen yang masuk ke dalam tubuh kepada dokter atau ahli tenaga medis agar mengetahui efek sampingnya.




    Perlu diperhatikan, inilah dia deretan penyebab jerawat punggung yang umum terjadi.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below