7 Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Dengan Mudah


  • 7 Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Dengan Mudah
    Cara menghilangkan jerawat punggung dengan mudah. (Foto: Dok. Rafaella Mendes Diniz/Pexels)

    Jerawat tidak hanya bisa tumbuh di kulit wajah saja, lho. Tetapi jerawat juga bisa tumbuh di area tubuh tertentu, seperti punggung. Disebabkan oleh penumpukan minyak dan sel kulit mati di dalam pori-pori, jerawat punggung umumnya lebih sering dialami oleh remaja laki-laki dan pria dewasa. Meskipun begitu, bukan berarti jerawat punggung tidak bisa tumbuh di permukaan kulit tubuh seorang wanita.




    Jika ingin menghilangkan jerawat punggung, hal paling mudah untuk dilakukan adalah selalu menjaga kebersihan tubuh dengan cara mandi setelah seharian beraktivitas. Keringat yang bikin badan jadi lengket dan debu menempel di kulit adalah penyebab utama mengapa jerawat punggung tumbuh lebih banyak.


    (Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya)


    Pasalnya, bakteri penyebab jerawat punggung tumbuh subur pada kulit yang berkeringat. Agar bisa tampil lebih percaya diri, inilah deretan tips cara menghilangkan jerawat punggung dengan mudah.


    1. Eksfoliasi secara teratur

    Sama seperti kulit wajah, eksfoliasi juga dibutuhkan untuk kesehatan kulit badan agar terhindar dari jerawat punggung. Bukan tanpa alasan, tubuh bagian atas terutama punggung menghasilkan lebih banyak minyak alami kulit sehingga memungkinkan timbulnya jerawat di area ini karena memiliki banyak kelenjar sebaceous (penghasil minyak).

    Cara menghilangkan jerawat punggung dengan eksfoliasi dapat dilakukan 3 kali dalam sebulan. Adapun produk yang dapat kamu gunakan untuk eksfoliasi tubuh, yakni CeraVe SA Lotion for Rough & Bumpy Skin atau Mustika Ratu Body Scrub Coffee. Jangan lupa, perhatikan kandungan sesuai jenis kulit agar tidak memperparah jerawat punggung yang sedang kamu alami.


    2. Bersihkan sisa kondisioner rambut yang menempel di kulit punggung

    Cara menghilangkan jerawat punggung

    (Membersihkan sisa-sisa kondisioner di tubuh bagian belakang menjadi cara menghilangkan jerawat punggung paling mudah. Foto: Dok. Armin Rimoldi/Pexels)


    Kondisioner memang paling ampuh membuat rambut lurus dan halus terawat. Tapi siapa sangka, jika produk perawatan rambutmu itu menjadi salah satu penyebab jerawat punggung tidak cepat menghilang padahal sudah diobati secara rutin.

    Jadi, cobalah untuk membersihkan tubuhmu sekali lagi sampai rasa licin menghilang sesaat setelah membilas rambutmu yang dilapisi kondisioner. Cara menghilangkan jerawat punggung dengan produk terbaik tidak akan mempan, jika detail sepele seperti ini tidak diperhatikan lebih lanjut.


    3. Pilih pakaian berbahan nyaman

    Bahan kain untuk berbusana sehari-hari juga wajib diperhatikan untuk menghidari jerawat punggung makin parah. Penting untuk kamu meminimalkan gesekan dengan cara menghindari pakaian terlalu ketat supaya tidak terjadi iritasi kulit saat berkeringat.

    Apabila kamu senang berolahraga, alangkah baiknya memilih pakaian dengan bahan katun. Langkah ini merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat punggung karena akan mengurangi iritasi kulit akibat keringan yang tidak terserap dengan baik pada bahan pakaian,


    4. Aplikasikan moisturizer pada tubuh secara rutin

    Tidak sedikit individu dengan masalah kulit berjerawat menghindari pemakaian moisturizer dengan alasan dapat memperparah jerawat. Padahal faktanya, moisturizer dibutuhkan oleh jenis kulit apapun. Cara menghilangkan jerawat punggung dengan mengaplikasikan moisturizer pada tubuh wajib dilakukan setiap hari pada pagi hari dan malam hari setelah membersihkan tubuh.

    Untuk memilih moisturizer yang tepat, pilihlah produk dengan label bertuliskan non-comedogenic. Menghindari penyumbatan pori-pori di bagian belakang tubuh, moisturizer berbahan dasar air ampuh menghilangkan jerawat punggung dengan cepat.


    (Baca Juga: Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Di Punggung)


    5. Menjaga kebersihan tempat tidur

    (Cara menghilangkan jerawat punggung dapat dilakukan dengan rajin mengganti seprai. Foto: Dok. Los Muertos Crew/Pexels)

    Banyak cara untuk menjaga kebersihan tempat tidur. Mengganti seprai dua kali seminggu adalah salah satu cara untuk mengatasi jerawat punggung. Tahukah kamu, penggunaan seprai berbahan katun dapat meningkatkan masalah jerawat punggung, karena katun berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan yang sempurna bagi bakteri.

    Alangkah baiknya, kamu mulai mengganti seprai bahan katunmu dengan berbahan dasar sutra. Sebab, seprai dengan bahan sutra tidak membuat pori-pori tersebut dan mempunyai anti bakteria yang baik untuk kulit berjerawat. Meski perawatannya dianggap tidak mudah, kamu tinggal cuci terpisah saja seprai bahan sutra di mesin cuci dengan deterjen seperti biasa, lalu jemur sampai kering.

    Perlu diingat, jangan biarkan seprai terlalu lama di bawah sinar matahari agar tidak merusak serat seprai. 


    6. Jaga asupan makanan dengan pola diet yang sehat

    Sudah bukan rahasia umum lagi jika diet merupakan jalan terbaik untuk menghilangkan jerawat punggung maupun di area wajah. Agar jerawat berhenti tumbuh di tubuh dan wajah, konsultasikan pola dietmu yang sehat pada ahli gizi.

    Setelah menemukan pola diet yang cocok, rutinlah mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti kimchi dan yogurt. Sebab, probiotik dapat meningkatkan kesehatan mikrobioma kulit, sehingga jerawat punggung akan menghilang secara perlahan.


    7. Jangan lupa konsumsi obat pencegah jerawat

    Selain melakukan perawatan dari dalam dengan melakukan diet sehat, cara menghilangkan jerawat punggung bisa dilakukan lewat mengonsumsi obat minum khusus. Paling terkenal di Indonesia, tidak ada salahnya kamu coba untuk minum obat pencegah jerawat merek lokal Kapsida. Harganya murah meriah dan dapat ditemukan dengan mudah di toko obat maupun toko swalayan, Kapsida juga berguna untuk mengatasi gatal-gatal karena alergi serta bisul pada kulit.


    (Baca Juga: Cara Merawat Kulit Punggung)


    Tingkatkan rasa percaya diri lagi dengan beberapa cara menghilangkan jerawat punggung dengan mudah seperti di atas, jangan lupa untuk tetap konsisten agar perawatan lebih maksimal. Selamat mencoba!



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below