Kenali 5 Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya


  • Kenali 5 Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya
    Kenali Penyebab Jerawat di Punggung Dan Cara Atasinya. (Foto: Dok. Energyy/iStock)

    Kebanyakan yang kita tahu bahwa jerawat selalu muncul di area wajah seperti hidung, dahi, dagu dan sekitarnya. Namun, ternyata jerawat ini bisa muncul di bagian tubuh lainnya juga lho, salah satunya di punggung. Pastinya ada penyebab jerawat di punggung yang kadang tak disadari.

    Jerawat yang ada di punggung kadang terasa sangat menyakitkan. Kita jadi tidak bisa tidur dengan nyaman karena rasa sakit tersebut. Pada pembahasan kali ini, akan dijelaskan sedikit mengenai kenapa jerawat di punggung bisa terjadi.




    (Baca juga: Cara Mengatasi Jerawat Meradang dan Gatal)


    Dengan tahu penyebab jerawat, kamu juga bisa mencari tahu tentang cara mengatasi masalah kulit ini agar segera sembuh. Berikut faktor penyebabnya!

    1. Tempat Tidur Yang Kurang Bersih

    Menjaga kebersihan kamar atau tempat tidur sangatlah penting, demi menghindari hal-hal semacam ini terjadi. Kasur atau sprei yang jarang dibersihkan dapat menjadi sarang bagi berbagai bakteri, jamur, kotoran dan minyak. Makanya, tak heran jika berakibat pada munculnya jerawat di bagian punggung.

    Penting untuk menjaga kebersihan sprei dan kasur dengan cara mengganti dan mencucinya secara rutin. Setidaknya dua hari sekali atau saat dirasa sudah tak nyaman ditempati. Dengan membersihkan tempat tidur, kamu juga akan terhindar dari masalah kulit lainnya seperti gatal-gatal, infeksi, dan sebagainya.


    2. Pakaian Yang Ketat Dan Berkeringat

    Berikutnya yang menjadi penyebab jerawat di punggung tak lain adalah faktor pakaian yang ketat dan berkeringat. Pakaian ketat membuat penyumbatan keringat bisa terjadi, kemudian menjadi pemicu dari tumbuhnya bakteri dan akhirnya malah timbul jerawat.

    Hindari memakai baju yang ketat, apalagi saat kamu berkeringat. Sebaiknya pakailah baju-baju longgar dari bahan katun yang nyaman apabila kamu sudah memiliki jerawat di punggung. Tunggu hingga beberapa hari dan lihat, jika memang bisa sembuh itu artinya kamu tak perlu datang ke dokter untuk menyembuhkan jerawat tersebut.


    3. Rambut Yang Berminyak

    Penyebab jerawat di punggung

    (Rambut yang berminyak dapat menimbulkan masalah kulit. Foto: Dok. Alona Siniehina/iStock)

    Memiliki rambut panjang kadang memang suatu kesenangan tersendiri, tapi rambut yang panjang dan berminyak serta kotor membuat timbulnya berbagai masalah kulit. Rambut berminyak dan kotor yang menempel pada punggung dapat membuat terjadinya jerawat. Sehingga sangat penting untuk rutin membersihkannya.

    Masalah jerawat memang seringkali diakibatkan karena minyak berlebih pada kulit kita. Mau tidak mau kita pun harus rutin membersihkan diri demi terhindar dari jerawat entah itu yang di punggung atau wajah sekalipun.


    (Baca juga: 5 Penyebab Jerawat Sering Muncul di Wajah)


    4. Karena Hormon

    Hormon juga bisa jadi salah satu pemicu dari jerawat, entah itu karena faktor alami atau mungkin obat-obatan. Kalau selama beberapa hari jerawat tidak kunjung membaik setelah kamu melakukan berbagai macam pembersihan, maka segera kunjungi dokter dan konsultasikan masalah hormon ini.

    Contoh lain juga dapat terjadi karena penggunaan suplemen testosteron, atau steroid anabolik yang mana membuat kulit memproduksi minyak secara berlebihan. Tentu saja ini juga akan menimbulkan munculnya jerawat parah baik di area wajah, punggung atau bagian tubuh lainnya.


    5. Faktor Genetik

    Faktor genetik juga bisa dijadikan sebagai salah satu pemicu terjadinya jerawat. Karena memang ada beberapa orang yang mempunyai masalah terhadap kulit dan diturunkan pada keturunan selanjutnya. Jika memiliki masalah kulit yang diturunkan, ada baiknya kamu mengonsultasikan hal ini dengan dokter untuk pengobatan terbaik.

    Cari tahu juga apa saja hal-hal atau makanan yang dapat memicu jerawat ini muncul supaya kamu bisa menghindarinya. Kebanyakan jerawat tidak terlalu mengkhawatirkan, kecuali kamu melakukan tindakan yang salah. Seperti misalnya sering menggaruk dan mengelupasnya, atau tidak sengaja menggeseknya sehingga terasa sakit.


    Cara Atasi Jerawat di Punggung

    Penyebab jerawat di punggung

    (Menjaga kebersihan punggung agar tidak tumbuh jerawat. Foto: Dok. Doucefleur/iStock)

    Untuk mengatasi jerawat di punggung sebenarnya tak begitu sulit. Selain menjaga kebersihan, kamu juga harus mengenakan pakaian-pakaian yang longgar. Kemudian jangan lupa untuk membersihkan rambut dan mengikatnya.

    Kemudian bisa juga dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, bahkan kamu juga dapat mengonsumsi obat-obatan tertentu yang membantu proses penyembuhan jerawat. Tapi jangan sembarangan memilih obat juga, karena tidak semuanya aman dan bisa kamu pakai.

    Sebaiknya konsultasikan kepada dokter dulu apabila jerawat semakin parah dan kamu ingin menggunakan produk obat-obatan untuk menghilangkannya. Karena dengan begitu maka kamu bisa mendapatkan obat yang aman dan sesuai dengan kebutuhan kulit.


    (Baca juga: 3 Cara Mudah Hilangkan Jerawat Di Area Hidung Dengan Cepat)


    Itulah beberapa penyebab jerawat di punggung yang bisa kamu pahami dan tentunya agar lebih mudah untuk mengatasinya. Jerawat juga bisa menjadi radang dan gatal sekali jika kamu tidak menanganinya dengan benar. Jadi, harus hati-hati dan jangan sembarangan ya untuk perawatannya!


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below