Sex & relationship

Tips Cepat dan Aman Dapat Jodoh Lewat Dating Apps

By : Stephanie Tanggara - 2022-11-05 10:00:01 Tips Cepat dan Aman Dapat Jodoh Lewat Dating Apps

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah online dating, atau kencan melalui aplikasi pencarian jodoh. Sekarang ini, sudah tersedia banyak sekali dating apps yang bisa diandalkan untuk mencari pasangan bagi para jomblo. Salah satu yang paling populer adalah Coffee Meets Bagel, atau biasa dikenal dengan sebutan CMB.


Kali ini, Her World secara eksklusif berbincang langsung dengan Chief Marketing Officer Coffee Meets Bagel (CMB), Delbert Ty seputar do’s and don'ts ketika bermain aplikasi kencan online. Dari cara membuat profil yang menarik, fitur-fitur di CMB, hingga beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar terhindar dari penipuan online yang marak terjadi belakangan ini. Simak langsung, Yuk!


1. Foto Profil Harus Jelas


Pemilihan foto menjadi salah satu hal yang paling penting ketika membuat profil dating apps. Mulailah dengan potret dirimu sendiri yang menampilkan wajahmu dengan jelas, usahakan untuk tidak menggunakan banyak filter. Dilanjutkan dengan foto-foto yang menampilkan kepribadianmu, hal ini akan membuat sebuah profil menjadi lebih "hidup", daripada sekadar memasang foto selfie. Hindari menggunakan foto grup, mirror-selfie, atau foto dirimu menggunakan kaca mata hitam.


Fun fact: Foto dengan wajah senyum meningkatkan peluang orang untuk menyukai profilmu sebanyak 14%.



(Pastikan profilmu jelas. Foto: Dok. Lisa Fotios/Pexels)


2. Biodata Harus Lengkap


Tidak melulu foto, pastikan untuk membuat gambaran yang jelas tentang kepribadianmu dan apa yang kamu cari di profil. Semakin jelas biodatanya, semakin besar peluang untuk bertemu dengan calon jodoh. 


CMB menyediakan fitur ‘Add a Prompt’ yang bisa ditemukan di halaman ‘My Profile’. Fitur ini berisikan pertanyaan-pertanyaan ice breaker, seputar hobi, pengalaman, sampai pendapat kamu akan hal tertentu yang bisa kamu jawab dan taruh di halaman profilmu. Dengan begitu, orang bisa lebih mengenalmu. Remember, more detailed profiles get more likes!



3. Jangan Gegabah Menekan Tombol Like


Penting sekali untuk benar-benar menyeleksi profil yang disukai. Terlalu sering menekan tombol like menghambat kamu menemukan pasangan yang benar-benar sesuai kriteria, yang ada kamu malah menjadi jenuh dan bosan.


Berbeda dengan dating apps lainnya, CMB hanya akan menampilkan beberapa profil setiap harinya yang telah dikurasi khusus bagi setiap user. Profil-profil yang disebut dengan istilah ‘bagels’ ini bersifat terbatas dan hanya akan muncul dalam waktu 24 jam. Dalam kurun waktu inilah kamu harus memutuskan apakah kamu menyukai ‘bagels’ yang ditawarkan atau tidak. Jika saling menyukai, aplikasi baru membuka fitur chat untuk saling mengenal lebih dalam.


(Baca Juga: Ini 4 Zodiak Yang Paling Rela Berkorban, Termasuk Kamu?)


4. Pakai Fitur ‘Preferences’ Untuk Kurasi Profil Sesuai Kriteriamu


Banyak hal-hal penting yang kerap menjadi pertimbangan bagi seseorang ketika mencari pasangan, dari agama, edukasi, ‘relationship goals’, kebiasaan merokok, dan masih banyak lagi. Beberapa topik cenderung canggung untuk dibahas secara langsung di awal-awal pendekatan.


Aplikasi CMB menyediakan fitur ‘Preferences’ dimana kamu bisa mengkurasi profil-profil yang muncul di halamanmu. And yes, tidak hanya berdasarkan jarak, jenis kelamin, dan umur, kamu juga bisa mengaturnya berdasarkan hal-hal penting yang disebutkan di atas. 


5. Another important tips! Daftar dengan Akun Facebook.


Dengan mendaftar lewat Facebook, CMB akan mengeksplor teman-temanmu di sana, kemudian mencocokkannya dengan profilmu. Selain untuk melindungi pengguna dari penipuan atau akun palsu, hal ini juga menyediakan peluang lebih besar untuk menemukan match yang sefrekuensi denganmu. Jadi, jangan kaget kalau kamu bertemu dengan seseorang yang ada di circle pertemananmu!

 

6. Jangan Takut Memulai Topik


Pribadi yang terkesan berani dan percaya diri tentunya akan terlihat lebih menarik. Kunci utama memulai sebuah obrolan adalah pesan teks pertama. Usahakan untuk tidak memulai percakapan dengan hanya sapaan, namun tambahkan beberapa kalimat lagi agar dapat membangun percakapan yang berkesan sejak awal.

 

A little tips! Sebelum membuka topik, lihat profil orang tersebut terlebih dahulu untuk mengenal lebih dalam. Dengan begitu, kamu bisa tahu kebiasaan dan hobi calon pasanganmu untuk dijadikan topik pemula. That’s why it’s so important to make your bio specific! 

 


(Jangan takut memulai topik pembicaraan. Foto: Dok. Lisa Fotios/Pexels)


7. Last But Not Least.. Just, Have fun! 


Tidak ada yang instan, untuk menemukan seseorang yang bisa memenuhi begitu banyak kriteria pasangan kamu tentu tidaklah mudah. Ada yang hanya membutuhkan waktu sekejap, tapi ada pula yang harus menunggu sampai bertahun-tahun lamanya. Remember, the right person will come into your life when you least expect it. So, bersenang-senanglah, tetap menjadi diri sendiri, dan biarkan perbincangan mengalir dengan sendirinya. Dengan begitu, tanpa kamu sadari akan tiba saat di mana kamu dipertemukan dengan sang jodoh.


(Baca Juga: Tidak Mau Putus, Ini Alasan Wanita Mempertahankan Hubungan


Itu dia beberapa tips temukan pasangan yang kamu cari di Coffee Meets Bagel. Semoga bermanfaat!



Sex & relationship