Hair & beauty

Penggemar Parfum? Wajib Tahu 7 Cara Agar Parfum Tahan Lama

By : Her World Indonesia - 2022-10-06 19:00:01 Penggemar Parfum? Wajib Tahu 7 Cara Agar Parfum Tahan Lama

Sudah menjadi hal esensial untuk para wanita, parfum menjadi rutinitas yang digunakan sebelum memulai hari. Memiliki berbagai macam wangi, parfum bahkan sudah menjadi identitas bagi para penggunanya. Terkadang wangi dari parfum sendiri dapat menggambarkan tipe dan personality dan seseorang, karena itu para wanita mencoba untuk tetap wangi di berbagai macam aktivitasnya. Meski demikian, pada faktanya, tidak semua parfum dapat bertahan lama untuk berbagai aktivitas.

Melihat hal tersebut, berikut ini Her World rangkumkan cara agar parfum tahan lebih lama. Let’s check this out!


1. Gunakan parfum setelah mandi

(Setelah mandi jadi waktu terbaik untuk menggunakan parfum. Foto: Dok. jcomp/freepik )


Siapa yang menyangka, ternyata waktu terbaik untuk menggunakan parfum adalah setelah mandi. Pernyataan ini tentunya didukung oleh berbagai fakta yang jarang sekali terpikirkan. Setelah mandi suhu badan kamu menjadi lebih tinggi atau menjadi lebih hangat, temperatur hangat ini dapat membantu untuk mempertahankan wangi dari parfum yang kamu gunakan. Setelah mandi, badan kamu berada dalam posisi yang sangat baik, bersih serta pori-pori yang lebih terbuka. Hal ini tentunya sangat membantu parfum dapat lebih lama terjaga wanginya. Jangan lupa juga untuk mengeringkan badan kamu dengan maksimal, sebelum menggunakan parfum.


2. Melembapkan kulit

(Melembapkan kulit dapat bantu mengunci wangi dari parfum  Foto: Dok. freepik )


Kulit yang lembap ternyata menjadi salah satu cara yang tepat untuk menahan wangi parfum kamu lebih lama. Kamu bisa menggunakan body lotion yang tidak mengandung wangi, atau menggunakan body lotion yang memiliki wangi yang sama dengan parfum untuk menghindari terlalu banyak wangi yang tercampur.


(Baca Juga: 6 Rekomendasi Parfum Lokal Yang Wanginya Tahan Lama)


3. Jangan menggosokan pergelangan tangan

(Menggosokan pergelangan tangan tenyata malah tidak menjaga wangi dari parfum  Foto: Dok.Yaroslav Danylchenko/freepik )


Menggosokan pergelangan tangan setelah menggunakan parfum sepertinya sudah menjadi gerakan wajib yang tanpa sadar sering dilakukan. Faktanya gerakan ini malah harus dihindari, hal ini dikarenakan gesekan dapat dengan mudah menghilangkan wangi top notes pada parfum lebih cepat. Gerakan lain yang dapat kamu gunakan ialah dengan melakukan tapping secara perlahan antara pergelangan tangan, atau tempat lain sesuai dengan selera kamu.


4. Semprotkan pada titik nadi


(Menyemprotkan parfum pada titik-titik nadi: Dok. freepik )


Mungkin fakta ini sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Kamu dapat menyemprotkan parfum kebeberapa titik nadi seperti pergelangan tangan, leher, siku bagian dalam, dan belakang telinga. Hal ini dikarenakan, bagian ini memiliki kulit yang lebih tipis, dimana lebih dekat dengan darah dan panas dari badan. Panas ini yang nantinya dapat lebih tahan lama untuk menyimpan wangi dari parfum kamu.


(Baca Juga: 7 Tips Membeli Parfum Online Agar Tidak Salah Pilih)


5. Semprotkan parfum pada rambut

(Rambut lebih dapat menyimpan wangi dibandingkan kulit: Dok. marymarkevich / freepik )


Rambut ternyata memiliki kemampuan untuk menyimpan wangi lebih baik dibandingkan pada kulit. Maka dari itu jangan lupa untuk mengaplikasikan minyak wangi kerambut kamu. Agar tidak merusak rambut dan hasil yang lebih aman, kamu dapat menyemprotkan parfum kesisir terlebih dahulu, baru menggunakannya kerambut. Saat menggunakan ini pastikan rambut dalam keadaan bersih atau baru saja keramas, hal ini dikarenakan minyak pada rambut dapat mempengaruhi wangi dari parfum itu sendiri.


6. Aplikasikan parfum pada pakaian

(Pakaian dapat menyimpan wangi parfum lebih lama: Dok. katemangostar/ freepik )


Fakta menarik lainnya, ternyata kain dapat menahan wangi parfum lebih lama dibandingkan dengan kulit kamu. Menyemprotkan parfum kepada pakaian dapat menjadi opsi yang sangat baik bila kamu akan melakukan aktivitas yang panjang dan lama. Tetap harus diperhatikan, untuk berhati-hati saat ingin menyemprotkan parfum kepakaian. Jangan semprotkan parfum kepakaian yang sangat berpotensi meninggalkan noda, seperti sutra.


(Baca Juga: 6 Parfum Wanita Yang Wanginya Lembut Untuk Kamu!)


7. Pilih base notes yang tepat

(Base notes memiliki ketahanan yang paling lama: Dok. rawpixel.com / freepik )


Seperti yang diketahui parfum memiliki tingkatan notes masing masing dari tingkatan tesebut base notes memiliki ketahanan yang paling lama. Cobalah untuk menggunakan parfum dengan base notes seperti vanila, sandalwood, dan cedarwood. Wangi tersebut memiliki daya tahan yang lebih lama bila dibandingkan dengan wangi bunga dan buah-buahan.


Berikut itu yang telah berhasil Her World rangkumkan beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan parfum yang lebih lama. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Hair & beauty