7 Tips Membeli Parfum Online Agar Tidak Salah Pilih


  • 7 Tips Membeli Parfum Online Agar Tidak Salah Pilih
    Bagaimana cara membeli parfum online agar tidak salah memilih aroma yang sesuai? Kami punya tipsnya! (Foto: Cottonbro/Pexels.com)

    Parfum menjadi barang penting untuk dibawa ke manapun karena kemampuannya dalam menciptakan aroma dan susasa yang menyenangkan. Tak hanya untuk memanjakan hidung, aroma parfum juga dipercaya bisa membangkitkan mood dan membuat si pemakainya menjadi lebih percaya diri. Memilih parfum yang tepat juga bukan perkara mudah, karena tidak semua aroma sesuai dengan kepribadian seseorang.

    Di masa seperti ini, belanja online tentu menjadi pilihan utama bagi sebagian orang. Jika tak sangat penting, tentunya kita sedang menghindari aktivitas di luar rumah, termasuk berbelanja. Cara memilih parfum yang tepat memang biasanya memakan waktu dan ketelitian. Namun kamu jangan khawatir, tips membeli parfum online bisa menjadi acuan kamu sebelum memutuskan untuk memilih produk yang tepat.

    Agar kamu tidak salah, berikut ini adalah tips membeli parfum online saat kamu tidak bisa pergi ke gerai langsung.




    (Baca juga: 12 Cara Menggunakan Hair Mask Yang Benar Agar Rambut Sehat!)


    1. Pilih berdasarkan kandungan dan essential oils di dalamnya

    Mungkin tips ini terkesan simpel, namun ia merupakan jalan yang baik untuk memilih parfum secara online. Layaknya memilih sabun mandi, bath bomb, atau sampo favorit kamu, cara terbaik memilih parfum juga dengan mencari aroma yang kamu suka. Langkah ini menjadi pilar utama dalam memilih parfum secara online, namun jika kamu belum memiliki aroma favorit, silakan lanjutkan ke tips berikutnya.


    2. Pilih berdasarkan mood, memori, kejadian, atau emosi

    Aroma biasanya dikaitkan dengan memori. Itulah mengapa beberapa aroma rasanya seolah bisa membawa kamu kembali ke sebuah masa yang menyenangkan atau sebuah tempat yang penuh kenangan. 

    Jika kamu mencari sesuatu yang familier, coba ingat kembali aroma yang membuat kamu nyaman. Apakah aroma kayu manis membuat kamu menjadi ingat rumah? Semerbak keharuman rumput membuat kamu merasakan sedang menikmati jalan sore di pedesaan? Keharuman lavender membuat kamu merasa mengantuk? Jatuhkan pilihan kamu pada aroma yang membuatmu ingat akan kenangan, orang, atau tempat spesial.

    Apakah akan ada sebuah acara spesial yang akan kamu hadiri? Pikirkan tentang perasaan yang ingin kamu dapatkan saat menghadiri acara itu. Sebagai manusia, kita seringkali mengasosiasikan aroma dengan emosi. Entah kamu ingin merasa percaya diri saat wawancara pekerjaan atau ingin merasa romantis saat merayakan ulang tahun pernikahan, sebaiknya pilih aroma yang kamu asosiasikan dengan perasaan tersebut. Aroma parfum kamu bisa saja membantumu untuk merasakan emosi tersebut dengan lebih intens.


    3. Cara menghindari parfum yang "terlalu wangi"

    Menurut seorang perfumer ternama, Monange, sebuah parfum bisa dikatakan "terlalu wangi" atau overpowering ketika memiliki kombinasi dua aroma yang kuat. Aroma kuat yang dimaksud biasanya adalah amber, vanila, praline, semua aroma oriental, animalic notes, powder notes seperti coumarine, floral tuberose, atau woody notes seperti oud dan patchouli

    Artinya, jika tidak menginginkan parfum yang overpowering, sebaiknya kamu menghindari produk dengan kombinasi aroma di atas. Idealnya, aroma yang kuat dikombinasikan dengan keharuman yang lebih ringan seperti bergamot, green notes, ozonic notes, dan soft floral, sehingga parum kamu tidak terasa begitu menyengat bagi orang di sekitarmu.


    (Foto: Jessica Ticozzelli/Pexels.com)


    (Baca juga: Rekomendasi Sleeping Mask yang Bagus, Bikin Kulit Glowing!)


    4. Jika ingin aroma yang manis, sebaiknya pilih notes di bawah ini...

    Aroma manis yang paling ikonis dan disukai oleh banyak orang adalah vanila. Kayu manis juga menjadi pilihan yang baik untuk membawa kesan manis dan feminin ke dalam sebuah parfum. Begitu juga dengan varian gourmand notes seperti veltol atau ethyl maltol, yang umumnya tercium seperti burnt caramel. Varian tersebut adalah yang paling banyak digemari, semua orang menyukainya dan ia bisa memberi sensasi menyenangkan untuk mood kita.

    Ada juga yang disebut sebagai lactonic notes, yaitu aroma buah-buahan seperti peach, apricot, dan kelapa. Aroma ini biasanya akan membawa nuansa creamy yang manis, dan banyak digemari oleh pengguna parfum yang berusia lebih muda. Kemudian, synthetic notes seperti methyl anthranilate bisa menghadirkan kesan juicy namun tetap manis ke dalam wewangian kamu.


    5. Jika ingin aroma menyegarkan, ini yang harus kamu perhatikan...

    Bagi si penggemar keharuman menyegarkan, coba cari aroma seperti citrus seperti bergamot, lime, lemon, blood orange, dan grapefruit. Ginger atau aroma jahe juga bisa menjadi opsi yang baik untuk keharuman yang menyegarkan.

    Kandungan yang kaya akan green notes seperti fig dan lily of the valley juga menghadirkan kesegaran ekstra, begitu pula dengan ozone atau marine notesSynthetic notes seperti calone atau floralozone adalah pilihan yang sangat menyegarkan dan kuat, sehingga bisa membangkitkan nuansa segar dalam wewangian kamu.

    Terakhir, notes yang bisa menambahkan kesegaran adalah aldehyde. Molekul versi paling terkenalnya adalah C12 (MNA), yang banyak digunakan dalam parfum legendari Chanel No. 5. Aroma ini bernuansa dingin dan akan menciptakan harmonisasi yang baik dalam sebuah wewangian.


    (Foto: Marymarkevich/Freepik.com)


    6. Perhatikan botol wewangian yang akan kamu pilih!

    Petunjuk lain yang harus kamu perhatikan saat memilih wewangian secara online adalah botol atau kemasannya. Memang kemasan atau botol ini adalah bagian dari marketing sebuah brand wewangian, namun ia juga bisa memberi kamu petunjuk tentang karakteristik parfum tersebut.

    Tentu saja, nuansa botol atau kemasan berwarna biru biasanya mencirikan karakteristik parfum yang segar. Kemudian nuansa warna hijau untuk wewangain berkarakteristik alami atau natural. Jika botol atau kemasan parfum didesain dengan warna hitam dan emas, bisa jadi ia merepresentasikan aroma mewah yang intens.


    7. Cara cepat memilih aroma parfum yang tepat untuk kamu

    Di bawah ini adalah cheatsheet untuk memilih notes atau aroma parfum yang tepat untuk kamu.


    • - Citrus: Aroma ini sesuai untuk dikenakan di pagi dan siang hari, juga sangat sesuai untuk membangkitkan suasana musim panas yang penuh semangat. Namun biasanya, notes satu ini tidak tahan lama karena molekulnya mudah menguap.

    • - Floral: Nuansa floral bisa sesuai dengan berbagai musim dan kegiatan, karena ia memberikan kesan feminin serta elegan. Nuansa floral memiliki palet yang luas (powdery, green, fresh, lactonic, intense, animalic) sehingga cocok untuk digunakan sepanjang hari.

    • - Oriental: Aroma ini sangat cocok digunakan untuk sore atau malam hari, seperti saat menghadiri acara formal. Pada musim dingin, aroma oriental juga bisa menjadi andalan kamu. Namun aroma ini kurang sesuai untuk digunakan sehari-hari karena bisa menjadi terlalu overwhelming.

    • - Chypre: Struktur aroma ini bisa diharmonisasi dengan notes fresh, floral, atau fruity untuk aktivitas sehari-hari di musim panas. Ia juga bisa dicampur dengan oriental notes untuk acara malam hari.


    Begitulah tips dan cara membeli parfum online agar kamu menemukan aroma yang tepat sesuai kebutuhanmu. Selamat mencoba!



    (Baca juga: Tips Memilih Gaya Rambut Wanita Sesuai Bentuk Wajah)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below