Kenali 5 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambutmu


  • Kenali 5 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambutmu
    Minyak kemiri dipercaya mampu mengatasi banyak permasalahan rambut termasuk uban! (Foto: Dok. Freepik)

    Minyak kemiri bisa dibilang adalah salah satu bahan alami "go-to" di seluruh dunia untuk menghadirkan kulit yang lebih sehat dan tampak lebih muda serta mengobati berbagai masalah kulit. Namun, tahukah kamu bahwa minyak kemiri juga mampu menciptakan tampilan rambut yang lebih indah? Ya, minyak kemiri memang memiliki banyak kandungan baik yang bermanfaat untuk rambut sehingga bahan alami ini telah menjadi minyak yang populer untuk menghadirkan rambut yang lebih sehat dan sudah banyak produk perawatan rambut yang menggunakan kemiri sebagai satu di antara bahan utamanya.

    manfaat minyak kemiri untuk rambut

    (Kemiri. Foto: Dok. Lighten Up/Pexels)



    Semua ini berkat kandungan nutrisinya, yang mencakup vitamin, antioksidan, gliserida, mineral, asam linoleat, protein, dan berbagai lemak sehat untuk menciptakan kesehatan rambut. Penasaran apa saja manfaat lainnya? Simak lima manfaat minyak kemiri untuk kecantikan rambut!


    (Baca Juga: Ketahui 5 Jenis Oil yang Memiliki Manfaat Untuk Rambut)


    1. Mencegah timbulnya uban

    Seiring bertambahnya usia, permasalahan rambut yang biasa ditemukan adalah munculnya uban. Helaian rambut yang berubah warna menjadi keabuan atau bahkan putih ini merupakan salah satu tanda-tanda penuaan dini yang harus kamu tanggapi dengan sigap. Namun, permasalahan tersebut dapat kamu cegah dengan menggunakan minyak kemiri. Kandungan vitamin E sebagai antioksidan yang terdapat dalam minyak kemiri ini dipercaya berfungsi untuk mencegah uban.


    Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu perlu melakukan perawatan rambut secara rutin dengan menggunakan minyak kemiri mulai dari ujung hingga akar rambut. Selain itu, kandungan asam gamma-linolenic dari minyak kemiri mampu mengembalikan kelembapan rambut sehingga rambut akan tampak berkilau hitam tanpa perlu mewarnainya.


    2. Menutrisi rambut dan kulit kepala

    Kesehatan rambut kamu akan terjaga dengan menggunakan minyak kemiri sebab kandungan protein dan mineral yang terdapat di dalamnya. Selain itu, kandungan vitamin C dan D juga hadir untuk menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan. Manfaat nutrisi dari minyak kemiri menjadikan bahan alami ini sangat baik untuk merawat rambut kering, rusak dan frizzy hair. Terlebih lagi, kandungan asam amino dan asam lemak esensial yang terdapat dalam minyak kemiri dipercaya mampu melembapkan hingga menembus ke dalam lapisan kulit kepala. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika memiliki kulit kepala yang cenderung sensitif karena minyak kemiri ini dipercaya aman bagi kulit.


    (Baca Juga: 6 Manfaat Baik Minyak Zaitun Untuk Rambut Sehat nan Indah)


    3. Mengatasi ketombe

    Untuk kamu yang memiliki permasalahan rambut seperti ketombe, minyak kemiri bisa kamu jadikan opsi baik untuk mengatasinya secara efektif. Fungsi anti inflamasi pada minyak kemiri yang didapatkan dari asam linoleat ini mampu mencegah timbulnya ketombe pada rambut serta mengurangi peradangan pada kulit kepala akibat ketombe. Pengaplikasiannya mudah saja, cukup dengan mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala atau seluruh bagian kulit kepala kamu. Lalu, berikan pijatan selama kurang lebih 10 menit agar meresap dengan baik pada kulit kepala sebelum kamu membilasnya dengan bersih. 


    4. Menumbuhkan rambut 

    Jika kamu memiliki rambut yang tipis atau permasalahan rambut rontok, minyak kemiri juga dapat membantu kamu menumbuhkan rambut, lho. Aplikasikan minyak kemiri secara rutin pada rambut untuk merangsang pertumbuhan rambut baru agar rambut kamu bisa tumbuh lebih tebal. Selain itu, penyebab rambut mudah rontok juga cenderung diakibatkan akar rambut yang mudah rapuh. Nah, minyak kemiri ini juga mampu menguatkan rambut dari akar hingga ujung rambut sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi untuk menghadapi rambut rontok.


    5. Melindungi rambut dari kerusakan

    Sering berada di paparan sinar matahari ternyata dapat merusak rambut kamu, lho. Maka dari itu, gunakan minyak kemiri karena khasiat di dalamnya mampu melindungi rambut kamu dari hal-hal yang mampu merusak rambut termasuk paparan sinar matahari. Kandungan vitamin E di dalam minyak kemiri diketahui dapat menjaga kerusakan kulit kepala akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama serta sebagai antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan rambut.


    (Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Alpukat Untuk Rambut Lebih Sehat Dan Indah)


    Inilah lima manfaat minyak kemiri yang bisa kamu jadikan alternatif alami untuk menyehatkan kondisi rambutmu. Selamat mencoba!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below