Fashion

Sepatu Putih Sudah Mulai Menguning? Ini Cara Membersihkannya

By : Her World Indonesia - 2022-10-03 16:00:02 Sepatu Putih Sudah Mulai Menguning? Ini Cara Membersihkannya

Sepatu putih sepertinya sudah menjadi salah satu fashion item yang pasti dimiliki oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Bukan hanya karena desainnya yang klasik dan timeless, sepatu warna putih juga sangat udah untuk dipadupadankan dengan berbagai style dan gaya kamu. Walaupun sangat digemari oleh hampir semua kalangan, sepatu putih terkadang memiliki perlakuan khusus untuk merawatnya. Hal ini dikarenakan noda yang sangat mudah terlihat dan sangat tidak enak untuk dipandang. Bukan hanya itu, bila sudah lama tidak dirawat, sepatu putih juga akan mulai terlihat menguning.


Sepatu putih yang sudah mulai menguning tentunya dapat sangat mengganggu penampilan dan kebersihan. Berikut ini Her World rangkumkan cara yang bisa kamu praktekan untuk membersihkan sepatu putih kamu yang sudah ulai menguning. Let’s check this out!


1. Baking Soda dan Cuka

(baking soda dan cuka dapat digunakan untuk membersihkan sepatu putih yang menguning. Foto: Dok.freepik)


Penggunaan baking soda dan cuka dapat kamu jadikan salah satu penolong utama bila sepatu kamu sudah mulai berubah warna menjadi kekuningan.Kedua bahan ini juga dapat dengan mudah ditemukan di dapur kamu. Berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu lakukan

- Mencapur satu sendok cuka dan satu sendok baking powder kedalam wadah kosong

- Campur kedua bahan tersebut hingga memilki tekstur pasta.

- Gosokan pasta ke permukaan sepatu dengan menggunakan sikat gigi dengan arah gerakan melingkar.

- Diamkan selama beberapa jam hingga mengering

- Setelah kering sikat kembali permukaan sepatu juga untuk membersihkan sisa pasta yang mengering


(Baca Juga: Rekomendasi 6 Sepatu Putih Wanita Kekinian)


2. Menggunakan pemutih

(Pemutih bisa bersihkan permukaan dan sole sepatu. Foto: Dok. azerbaijan_stockers/freepik)


Pemutih sepertinya menjadi salah satu bahan yang sangat ampuh untuk mengatasi sepatu menguning. Bukan hanya untuk permukaan sepatu, kamu juga dapat menggunakannya untuk bagian sol sepatu. Meskipun demikian, kamu tetap harus berhati hati saat menggunakan pemutih. Hal ini dikarenakan, terlalu banyak penggunaan pemutih malah dapat melemahkan polimer sintetis pada sepatu yang malah memunculkan noda kuning. Melihat hal ini, sangat disarankan untuk menggunakan sikat gigi untuk mengaplikasikan pemutih kepada sepatu.


3. Kulit pisang

(Kulit pisang dapat memutihkan sole sepatu yang menguning Foto: Dok. azerbaijan_stockers/freepik)


Bagian kulit pada pisang sering sekali langsung dibuang ketika kamu selesai memakan pisang. Padahal kulit pisang sendiri sangat berguna untuk membantu mengatasi noda kuning yang muncul pada sol sepatu putih kamu. Kamu bisa langsung menggosokan bagian dalam kulit pisang kebagian sole sepatu sampai mendapatkan tingkat kebersihan yang kamu inginkan.


(Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Noda Di Sepatu Putih Paling Ampuh)


4. Garam

(Larutan garam untuk bantu memutihkan sepatu yang menguning Foto: Dok. 8photo/freepik)

Siapa yang menyangka, bumbu dapur yang satu ini ternyata sangat dapat berfungsi untuk memutihkan sepatu yang mulai menguning. Berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu lakukan:

- Siapkan 240 ml air panas, pastikan air benar-benar panas tetapi tidak mendidih

- Larutkan satu sendok atau 17 gram garam

- Setelah garam sudah larut sempurna, ambil air gara dengan sikat gigi

- Gosokan sikat gigi secara berulang sampai noda kuning pada sepatu mulai memudar. Jangan lupa untuk menyelupkan sikat gigi kedala air garam secara berulang.


5. Pasta gigi

(Pasta gigi dapat bantu menghilangkan noda kuning Foto: Dok. Drazen Zigic/freepik)


Pasta gigi merupakan cara lain untuk memutihkan sepatu yang menguning. Pasta gigi dapat digunakan karena mengandung garam fluoride yang memunculkan reaksi terhadap noda kuning. Disarankan menggunakan bahan ini hanya dalam keadaan mendesak saja, dan pastikan menggunakan pasta gigi yang tidak menggandung pewarna serta gel. Langkah yang dapat kamu lakukan ialah dengan menggosokan langsung pasta gigi ke permukaan sepatu yang mulai menguning.


(Baca Juga: Bisa Dilakukan Di Rumah: Cara Menghilangkan Bau Pada Sepatu)


Berikut itu telah Her World rangkumkan bahan dan cara membersihkan sepatu putih yang sudah mulai menguning yang bisa langsung kamu praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Fashion