Bisa Dilakukan Di Rumah: Cara Menghilangkan Bau Pada Sepatu


  • Bisa Dilakukan Di Rumah: Cara Menghilangkan Bau Pada Sepatu
    Meskipun harus tetap berada di rumah saja, namun ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. (Foto: Dok. Arthur Hidden on Freepik)

    Bau kaki yang tidak sedap pada sepatu tentu dapat menurunkan rasa percaya diri sekaligus dapat mengganggu orang di sekitar kita. Penyebab bau tidak sedap pada sepatu tidak hanya diakibatkan karena tidak menjaga kebersihan kaki atau sepatu saja, bau tidak sedap pada sepatu juga bisa disebabkan oleh jamur yang berkembang pada sepatu. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bau tidak sedap pada sepatu. Mau tahu apa saja? Simak artikel di bawah ini!


    1. Membersihkan waktu secara rutin




    Membersihkan sepatu secara rutin dapat membantu mencegah dan menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Sebelum mencuci sepatu, bacalah instruksi yang diberikan. Jika sepatu tidak bisa dicuci menggunakan mesin, rendam sepatu ke dalam air hangat yang sudah dicampurkan dengan sabun cuci kurang lebih sekitar lima menit. Kemudian bersihkan sisa sabun dengan kain basah, lalu jemur hingga kering. 


    2. Menggunakan kulit keruk kering 


    Letakkan kulit jeruk, atau kulit lemon yang sudah kering ke dalam sepatu dan biarkan selama kurang lebih satu malam. Cara ini akan membantu menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu dan menciptakan bau khas jeruk yang segar.


    3. Menggunakan teh celup


    Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, teh celup juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Caranya, keringkan teh celup bekas. Sebelum dimasukan ke dalam sepatu, beri alas di dalam sepatu dan letakkan teh celup yang sudah dikeringkan tadi pada ujung sepatu. Diamkan semalaman sampai bau tidak sedap pada sepatu terserap oleh teh celup kering. 


    4. Menggunakan koran bekas


    Cara ini bisa diterapkan jika sepatu dalam kondisi basah. Dengan menerapkan cara ini, kelembapan pada sepatu dan bau akibat jamur dapat diserap oleh koran. Caranya, simpan koran yang sudah dikepal-kepal ke dalam sepatu selama semalaman. Koran akan menyerap air dan lembap pada sepatu dan menghilangkan bau tidak sedap. 


    5. Menggunakan soda kue


    Cara ini sudah dikenal sejak lama untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Caranya, tuang seperempat atau setengah cangkir soda kue ke dalam sepatu dan diamkan semalaman. Soda kue akan menyerap bau yang disebabkan oleh jamur. 


    6. Menggunakan cuka 


    Cuka merupakan bahan efektif yang mampu menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Cuka adalah fungisida yang mampu membunuh jamur penyebab bau sepatu. Caranya, semprotkan cuka pada sepatu, kemudian keringkan dengan baik. Cara ini akan membantu menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Namun perlu diingat, cuka dapat menghancurkan sepatu kulit. Oleh karena itu, hindari cara ini pada sepatu berbahan kulit. 


    Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below