Ini 4 Alasan Wajib Tonton Film Penyalin Cahaya di Netflix


  • Ini 4 Alasan Wajib Tonton Film Penyalin Cahaya di Netflix
    Adegan dalam film Penyalin Cahaya. (Foto: Dok. Penyalin Cahaya/Instagram)

    Apa rasanya ketika kamu pertama kali duduk di bangku kuliah sebagai mahasiswa baru? Mungkin masuk kuliah dengan mengantongi beasiswa yang harus dijaga dengan prestasi, mungkin juga memasuk gedung universitas dengan bergabung dalam sebuah klub mahasiswa. Namun, apa rasanya saat kamu baru jalani fase perdana kuliah, hidup berubah karena sesuatu yang kamu pun tak ingat?


    Inilah yang dirasakan Suryani atau Sur (Shenina Cinnamon), seorang mahasiswa yang harus kehilangan beasiswa dan juga dukungan keluarganya, setelah foto unggahan dirinya sedang mabuk dalam acara perayaan kemenangan teater mahasiswa, Mata Hari. Masalahnya, Sur sama sekali tak mengingat apapun yang terjadi pada pesta tersebut dan percaya bahwa ia telah menjadi korban bullying oleh anggota senior dari klub Mata Hari.




    Kisah Sur, yang dibantu oleh sahabat kecilnya Amin (Chicco Kurniawan), mengungkapkan kebenaran tentang foto dan malam di pesta tersebut adalah kisah yang dihadirkan dalam film bergenre drama thriller misteri bertajuk Penyalin Cahaya atau Photocopier. Film panjang perdana dari sutradara Wregas Bhanuteja ini sudah tayang di Netflix sejak 13 Januari 2022 silam.


    (Baca Juga: Bersama Penyalin Cahaya, 2 Film Ini Kuasai Nominasi FFI 2021)


    Sudah banyak decak kagum yang bertebaran di media sosial, Piala Citra yang berhasil mereka raih tetapi kamu masih ragu untuk menontonnya. Simak alasan kamu wajib menonton film Penyalin Cahaya di Netflix. Penasaran apa saja?


    1. Hadirkan genre berbeda dalam industri film Indonesia


    Mungkin kamu tak asing melihat film bergenre romansa atau drama keluarga menghiasi sudut bioskop ketika para sineas film Indonesia merilis karya mereka. Bukan berarti mereka tak ingin eksplorasi, tetapi nuansa yang dihadirkan dalam kehidupan percintaan atau keluarga seseorang jadi hal yang menarik bagi sebagian masyarakat Indonesia.


    Dengan premis Sur berusaha mengungkapkan kebenaran yang terjadi saat malam pesta itu dan kisah di balik selfie yang menghancurkan kehidupannya, dibantu dengan sahabatnya Amin seorang tukang fotokopi, film ini membalut kisah drama dalam nuansa misteri. Premis sederhana ini sudah mengundang rasa penasaranmu?


    penyalin cahaya

    (Wregas Bhanuteja & Shenina Cinnamon. Foto: Dok. Shenina Cinnamon/Instagram)


    2. Wregas Bhanuteja


    Jika kamu pencinta film dan mengulik banyak hal tentang dunia perfilman Indonesia, mungkin nama Wregas Bhanuteja yang tertulis di samping kata ‘Sutradara’ sudah cukup membuat tertarik untuk menonton Penyalin Cahaya di Netflix. Namun, buat kamu yang asing dengan sosoknya, Wregas adalah salah satu sutradara ternama Tanah Air.

    Ia banyak menghasilkan karya-karya berupa film pendek seperti Senyawa (2012), Lemantun (2014), dan Prenjak (2016).

    Selama berkiprah dalam berbagai film pendek, ia berhasil menuai prestasi atas karya baik dalam skala nasional maupun internasional. Mulai dari Piala Maya 2015 yang diraihnya melalui film Lemantun sebagai Film Cerita Pendek Terpilih hingga Cannes Film Festival 2016 melalui film Prenjak dalam kategori Discovery Award.

    Film Penyalin Cahaya merupakan film panjang pertama yang dibuat oleh Wregas Bhanuteja. Ia pun juga menjadi penulis skenario dalam film yang diperankan oleh Shenina Cinnamon dan Chicco Kurniawan ini.


    (Baca Juga: Kru Film Penyalin Cahaya Tercatat Kasus Pelecehan Seksual)


    3. Mengisahkan isu kekerasan seksual di lingkungan pendidikan


    Alasan kamu harus menyaksikan film Penyalin Cahaya di Netflix juga tentang isu yang mereka hadirkan melalui film ini. Isu kekerasan seksual di lingkungan pendidikan tengah menjadi permasalahan besar di Tanah Air, mulai dari sekolah hingga perguruan tinggi.


    Dengan semakin banyaknya korban yang berani mengungkapkan pelecehan seksual, baik yang dialami sendiri maupun rekannya, di lingkungan pendidikan, this conversation is very close to home. Ketika kamu menonton film ini, ada rasa yang dekat dengan realita yang terjadi saat ini.



    (Shenina Cinnamon dan Chicco Kurniawan berperan sebagai Sur & Amin. Foto: Dok. Chicco Kurniawan/Instagram)


    4. Menempati posisi tiga teratas di Top 10 Netflix di Indonesia


    Film Penyalin Cahaya resmi tayang di Netflix pada 13 Januari 2022, berarti sudah satu minggu berada dalam timeline setiap kali kamu mengakses platform streaming ini. Selama satu minggu penayangan, Penyalin Cahaya atau Photocopier berhasil menempati posisi tiga teratas dalam jajaran Top 10 Today in Indonesia dalam platform Netflix.


    Jadi, selama beberapa hari atau bahkan minggu ke depan, kamu akan melihat poster film ini dalam lama Netflixmu. Rasanya sayang kalau kamu lewatkan.


    (Baca Juga: Wajib Tonton! Ini Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Terbaru)



    Beberapa alasan kamu wajib tonton film Penyalin Cahaya di Netflix di atas ini sudah cukup menyakinkanmu? Jika kamu ingin menontonnya, kamu cukup mengakses akun Netflix-mu dan menikmatinya.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below