Bersama Penyalin Cahaya, 2 Film Ini Kuasai Nominasi FFI 2021


  • Bersama Penyalin Cahaya, 2 Film Ini Kuasai Nominasi FFI 2021
    Bersama Penyalin Cahaya, 2 Film Ini Kuasai Nominasi FFI 2021. (Foto: Dok. Festival Film Indonesia)

    Nominasi Festival Film Indonesia 2021 telah diumumkan, tepatnya pada Minggu, 10 Oktober 2021. Acara tersebut dipandu oleh keempat duta FFI 2021 yakni Angga Yunanda, Jefri Nichol, Tissa Biani dan juga Prilly Latuconsina. Acara tersebut disiarkan secara langsung melalui aplikasi VIDIO dan bisa disaksikan secara online melalui kanal YouTube Festival Film Indonesia.


    Bersama Penyalin Cahaya, 2 Film Ini Kuasai Nominasi FFI 2021



    (Kiri ke kanan: Angga Yunanda, Tissa Biani, Prilly Latuconsina, dan Jefri Nichol, Duta FFI 2021. Foto: Dok. Festival Film Indonesia)

    Daftar film yang masuk nominasi cukup banyak, dan semua sudah diputuskan melalui berbagai macam pertimbangan pasti oleh dewan juri. Nominasi yang diputuskan melalui seleksi yang ketat dan dilakukan oleh kurang lebih 54 orang Juri Nominasi.


    Tentu saja, juri yang melakukannya ini adalah perwakilan dari berbagai asosiasi perfilman Indonesia yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya. Ada dari 54 juri ini terbagi menjadi dua, di mana 45 lainnya merupakan Juri Nominasi untuk kategori Film Cerita Panjang, sementara sembilan lainnya untuk kategori Film Non Cerita Panjang.


    Dari sekian banyaknya kategori, ada setidaknya 3 film yang menguasai perolehan jumlah nominasi. Di antaranya yakni Penyalin Cahaya, YUNI dan juga Ali & Ratu Ratu Queens. Jika dihitung dengan seksama, Penyalin Cahaya kurang lebih mendapatkan 17 nominasi. Di mana ini merupakan yang paling banyak di antara lainnya.


    Lalu, untuk Ali & Ratu Ratu Queens ada kurang lebih 16 nominasi dan YUNI memiliki setidaknya 14 nominasi. Tentunya ini merupakan hal yang cukup hebat, apalagi proses penjurian dilakukan dalam beberapa lapisan yang benar-benar tidak mudah.


    Bersama Penyalin Cahaya, 2 Film Ini Kuasai Nominasi FFI 2021

    (Ketua Bidang Penjurian FFI 2021, Garin Nugroho. Foto: Dok. Festival Film Indonesia)

    Garin Nugroho, selaku Ketua Bidang Penjurian FFI 2021 mengungkapkan bahwa ada banyak sekali tema, genre, visual sampai nama baru yang muncul dalam dunia perfilman akhir-akhir ini. Hal ini, menandakan bahwa geliat pelaku dalam dunia film masih tetap tumbuh meskipun di era pandemi yang membuat segalanya jadi semakin susah.


    Bisa dibilang, Festival Film Indonesia menjadi suatu ajang tertinggi dalam dunia perfilman di Indonesia. Acara ini telah diselenggarakan sejak lama dari mulai tahun 1955. Hilmar Farid selaku Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikburistek) juga telah mengucapkan kata selamat bagi mereka yang telah lolos dari seleksi FFI 2021.


    Ia mengungkapkan harapan bahwa dengan adanya Festival Film Indonesia ini maka karya-karya anak bangsa bisa dipromosikan dan diperkenalkan di seluruh dunia. Menurutnya, ini juga salah satu langkah terbaik dalam hal memajukan kebudayaan Indonesia melalui berbagai film yang dihadirkan.


    Setelah acara pembacaan nominasi, nantinya acara malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia akan segera dilaksanakan pada tanggal 10 November 2021. Acara tersebut juga akan disiarkan secara langsung dari kanal YouTube Festival Film Indonesia, Kemendikburistek RI serta Budaya Saya.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below