Kru Film Penyalin Cahaya Tercatat Kasus Pelecehan Seksual


  • Kru Film Penyalin Cahaya Tercatat Kasus Pelecehan Seksual
    Shenina Cinnamon dalam film Penyalin Cahaya. (Foto: imdb.com)

    Pada hari Senin tanggal 10 Januari 2022, akun Twitter Rekata Studio mengunggah sebuah foto dan memberikan pernyataannya terhadap kasus pelecehan seksual yang terjadi dalam produksi film berjudul Penyalin Cahaya. Rekata Studio bersama dengan Kaninga Pictures adalah rumah produksi yang telah memproduksi film Indonesia yang telah rilis pada tahun 2021 ini, tepatnya pada 8 Oktober. Penyalin cahaya adalah film yang bergenre drama thriller misteri.


    (Baca Juga: Bersama Penyalin Cahaya, 2 Film Ini Kuasai Nominasi FFI 2021)




    Dalam pernyataannya, Rekata Studio menjelaskan bahwa mereka menerima informasi dari suatu komunitas mengenai salah satu tim produksi atau kru dari film Penyalin Cahaya yang berinisial H sebagai terlapor atas dugaan perbuatan yang telah berlalu. Rekata Studio pun turut menjelaskan bahwa komunitas yang dimaksud adalah komunitas yang mengelola pelaporan terhadap peristiwa pelecehan seksual.


    Lebih lanjut mereka menjelaskan bahwa telah dilakukan tindakan atas informasi yang diterima tersebut. Pelaku tersebut tidak lagi menjadi bagian dari film Penyalin Cahaya dan juga Rekata Studio. Pihak Rekata Studi dan Kaninga Pictures memutuskan untuk menghapus nama pelaku dari kredit film Penyalin Cahaya dan di materi publikasi film lainnya sebagai bentuk tanggung jawab atas komitmern rumah produksi untuk menghormati pelaporan pelecehan seksual yang terjadi.


    Rekata Studio dan Kaninga Pictures juga menjelaskan akan adanya proses yang terjadi setelah pelaporan ini. Sebelumnya, syuting film Penyalin Cahaya telah berjalan dengan aman selama 20 hari di Januari 2021.

     

    penyalin cahaya

    (Film Penyalin Cahaya garapan sutradara Wregas Bhanuteja. Foto: Netflix.com)


    Banyak yang menyangkan karena faktanya film Penyalin Cahaya ini mempunyai garis besar cerita yang mengangkat mengenai kekerasan seksual yang terjadi pada wanita. Dengan adanya kasus pelecehan seksual ini yang dilakukan oleh salah satu tim produksi dari film Penyalin Cahaya adalah bisa dikatakan sebuah ironi. Bahkan, banyak yang merespon pernyataan sikap yang dikeluarkan oleh Rekata Studio tersebut dengan ketidak percayaan bahwa rekan penulis dari film itu sendiri yang melakukan pelecehan seksual tersebut.


    (Baca Juga: Keren! Deretan Film Indonesia Ini Berhasil Tayang di BIFF)


    Film karya sutradara Wregas Bhanuteja yang dibintangi oleh Shenina Cinnamon ini rilis perdana di Festival Film Internasional Busan dan akan rilis di Netflix pada 13 Januari mendatang. Penyalin Cahaya pun telah banyak meraih penghargaan Piala Citra.


    (Penullis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below