Setelah Mabuk, Kamu Bisa Coba 6 Menu Ini Untuk Mengatasinya


  • Setelah Mabuk, Kamu Bisa Coba 6 Menu Ini Untuk Mengatasinya
    Makanan atasi mabuk. (Foto: Dok.Cotton Bro/Pexels)

    Meski bulan Januari sudah memasuki akhir, suasana perayaan tahun tak harus ikut berakhir. Mungkin sebagian dari kamu masih merayakan dengan menghadiri berbagai pesta dan menikmati banyak (kadang terlalu banyak) minuman sehingga kamu bangun dengan hangover yang luar biasa pada keesokan harinya.


    Mungkin sahabatmu adalah parasetamol yang bisa redakan rasa pusing di kepala, tetapi kamu bisa kok mengganti pereda sakit kepalamu tanpa harus merasakan pahitnya tablet. Setelah mabuk, kamu bisa coba beberapa menu di bawah ini untuk mengatasi hangover. Penasaran apa saja?




    (Baca Juga: Oops! Ternyata, 7 Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Bau Badan)


    1. Haejangguk – Korea Selatan

    makanan untuk atasi mabuk

    (Haejangguk. Foto: Dok. Secret Retreats)


    Warga Korea Selatan menjadi salah satu masyarakat yang dikenal dengan kebiasaan minumnya, apalagi liquor populer yang datang dari Negeri Ginseng itu, soju juga menjadi minuman yang umum di masyarakat. Rasanya yang manis tak jarang membuat banyak orang terbuai untuk menikmatinya sampai mabuk.

    Nah, untuk mengatasi sisa sakit kepala keesokan paginya, Korea Selatan membuat sup hangover atau dikenal dengan haejangguk. Menu yang dipastikan jadi penolongmu sebelum bekerja atau bertemu dengan orang setelah mabuk semalam sebelumnya. Sup ini berisikan kol kering, sayur-sayuran, dan daging yang direbus dengan kaldu sapi panas.

    Kamu bisa merebus tulang sapi untuk membuat kaldu dan ditambahkan doenjang (pasta kedelai yang beri rasa gurih dan asin). Menu yang tak hanya menenangkan kepala pusing akibat mabuk, tetapi juga menghangatkan perut.


    2. Loco Moco – Hawaii


    (Loco Moco. Foto: Dok. Bhofack2/iStock)


    Hangover sekaligus perut yang lapar di pagi hari? Tak ada yang lebih nikmat selain menyantap nasi hangat. Masyarakat Hawaii meracik menu staple sarapan bernama loco moco. Nasi putih hangat disajikan dengan daging burger, telur goreng, dan gravy daging yang bisa kamu nikmati setelah hangover, tetapi juga bisa menu makan siangmu juga. Sudah pasti, kepalamu akan kembali fokus untuk berpikir dan perutmu kembali kenyang.


    3. Bubur – Cina

    makanan untuk atasi mabuk

    (Bubur. Foto: Dok. iStock)


    Setelah mabuk, menu yang bisa kamu coba untuk mengatasinya adalah bubur. Makanan satu ini populer untuk menjadi menu yang disantap saat merasa kurang enak badan, mungkin kamu salah satu orang yang merindukan kehangatan semangkuk bubur ketika sakit.

    Namun, di Cina, bubur menjadi salah satu hangover cures populer di masyarakat. Kamu bisa jadikan bubur sebagai pilihan untuk atasi rasa sakit kepala setelah mabuk berat, karena selain mengenyangkan, makanan ini juga memberi asupan cairan pada tubuh. Lebih nikmatnya lagi, bubur sudah tersebar di seluruh Asia, termasuk Indonesia, mungkin dekat dengan rumahmu. Jadi, menu ini tak hanya enak tetapi juga mudah didapatkan dengan harga ramah kantung.


    (Baca Juga: 3 Makanan Tinggi Kalori Yang Bisa Kamu Konsumsi)


    4. Shijimi Miso Soup – Jepang

    makanan untuk atasi mabuk

    (Shijimi Miso Soup. Foto: Dok. Secret Retreat)


    Menu yang bisa kamu coba setelah mabuk sebagai hangover cures juga datang dari Asia, lagi-lagi dalam bentuk sup. Kali ini, masyarakat Jepang memiliki staple untuk atasi rasa-rasa tak nyaman yang muncul setelah mabuk, yaitu miso soup. Mungkin kamu sering menikmati atau menemukan sup satu ini disertakan dalam menu-menu restoran Jepang.

    Shijimi miso soup khas Jepang ini memadukan miso dengan shijimi (sejenis kerang) untuk membantu redakan rasa tak nyaman setelah mabuk. Makanan ini cukup ringan untuk menghidrasi tubuhmu dan juga menenangkan perut.


    5. Air Kelapa – India

    makanan untuk atasi mabuk

    (Air kelapa. Foto: Dok. Secret Retreat)


    Bukan lagi rahasia ketika bahas tentang khasiat kelapa, termasuk air di dalamnya. Kunci untuk mengatasi hangover adalah hidrasi sehingga air kelapa bisa jadi pilihan yang tepat dan cepat. Selain kandungan isotonik untuk menambah cairan tubuh, meminum air kelapa bisa jadi cairan yang kamu butuhkan untuk kembali maksimal kerja tubuh.

    Tanpa harus mencampurkan dengan bahan-bahan lain, kamu bisa merasakan tubuh segar dengan efek yang lebih terasa dibandingkan air putih, jika kamu ingin segera segar sebelum berangkat kerja.


    6. Khao Tom – Thailand


    (Khao Tom. Foto: Dok. Secret Retreat)


    Berada di kawasan Asia Tenggara, mencicipi berbagai menu makanan jadi petualangan tersendiri, termasuk saat kamu berwisata ke Thailand. Mulai dari siang hingga larut malam, selalu ada makanan yang ditawarkan masyarakat Thailand, termasuk “obat” untuk menurunkan rasa mabuk.

    Khao Tom atau nasi kuah khas Thailand ini adalah salah satu menu populer yang dijadikan hangover cures. Bisa kamu nikmati saat sarapan, menu ini menyajikan nasi kuah gurih dengan pilihan daging dan sayur-sayuran serta beberapa bumbu seperti kecap ikan, cuka, dan cabai.


    (Baca Juga: Ini 5 Makanan Yang Menghilangkan Jerawat Untuk Kamu Coba)


    Inilah beberapa menu yang wajib kamu coba setelah mabuk untuk menghilangkan rasa pusing-pusing keesokan paginya. Kira-kira menu mana yang menarik untuk kamu jadikan hangover cures?




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below