3 Makanan Tinggi Kalori Yang Bisa Kamu Konsumsi


  • 3 Makanan Tinggi Kalori Yang Bisa Kamu Konsumsi
    Makanan tinggi kalori. (Foto: Dok. Daria Shevtsova/Pexels)

    Makanan adalah sumber energi yang dibutuhkan setiap hari oleh manusia. Dengan memiliki energi, manusia dapat melakukan aktivitas. Jika tidak memiliki energi, badan akan terasa lemas dan bahkan mungkin tidak merasa kuat dalam berkegiatan. Untuk itu, kita dapat memilih sumber energi seperti apa yang dapat kita manfaatkan untuk tubuh kita. Sumber energi yang tentunya juga dikonsumsi dengan porsi yang sesuai.


    Selain sumber energi, di dalam makanan juga terdapat kandungan gizi yang lainnya seperti lemak, protein, zat besi, vitamin, karbohidrat, serat, kalori, dan yang lainnya. Jika kita membeli produk makanan atau minuman, kandungan gizi yang biasanya dikategorikan ke dalam informasi nilai gizi atau biasa disebut dengan nutrition facts ini biasanya terdapat di kemasan belakang produk tersebut. Kali ini, Her World Indonesia akan membahas salah satu kandungan gizi tersebut, yaitu kalori, dan makanan tinggi kalori apa saja yang bisa jadi rekomendasi untuk kita konsumsi.




    Kalori sendiri adalah kandungan yang terdapat dalam hampir semua makanan. Kalori adalah satuan energi, yang mana digunakan untuk melakukan aktivitas, khususnya aktivitas fisik dalam sehari-harinya seperti yang telah dijelaskan di atas. Tubuh manusia berbeda-beda. Untuk itu, asupan kalori yang dibutuhkan per orang pun juga berbeda. Perbedaan kebutuhan kalori tergantung pada banyak hal, di antaranya umur, metabolisme, dan kegiatan fisik yang dilakukan. Namun, pada umumnya kalori yang dibutuhkan untuk wanita adalah 2000 dan 2.400 untuk pria. Semuanya tergantung pada tubuh individu itu sendiri, dan dapat mengonsumsi sekurang-kurangnya 1600-3000 kalori per harinya.


    (Baca Juga: Selain Telur, Ini 8 Makanan yang Mengandung Protein)


    Simak beberapa makanan tinggi kalori berikut ini.


    1. Daging merah

    Jika kita ingin menambah berat badan, kita bisa mengonsumsi makanan tinggi kalori seperti daging merah. Daging pada dasarnya menyediakan protein, dan biasanya jika orang sedang membutuhkan asupan protein, orang akan mengonsumsi daging. Namun perlu diingat bahwa daging merah khususnya memiliki kandungan kalori yang tinggi juga.

    Daging yang tergolong daging merah di antaranya adalah daging sapi, kambing, ataupun babi. Di beberapa negara, daging hewan bison pun juga dikonsumsi sebagai pilihan daging merah. Kalori yang terdapat pada daging merah biasanya cukup tinggi. 300 kalori setidaknya terdapat dalam satu porsi penyajian atau sekitar seratus gram daging merah. Jadi, daging merah bisa menjadi salah satu pilihan kita jika ingin atau sedang membutuhkan makanan dengan asupan kalori tinggi.


    2. Beras putih

    makanan tinggi kalori

    (Salah satu makanan tinggi kalori adalah beras atau nasi putih. Foto: Dok. Rama Tria Wijaya/Pexels)


    Beras biasanya dikenal sebagai penyuplai karbohidrat. Terdapat berbagai macam beras yang bisa dikonsumsi, namun beras yang paling umum adalah beras putih yang tentunya berasal dari padi dan dikonsumsi sebagai nasi. Sebagai orang Indonesia, nasi putih sudah menjadi salah satu item makanan yang selalu ada dalam piring. Walaupun terdapat sebagian orang yang memiliki alergi terhadap nasi, kebanyakan masyarakat Indonesia selalu menyertakan nasi untuk dikonsumsi.

    Dalam sajian seratus gram beras atau nasi putih, terdapat setidaknya kandungan 130 kalori. Jika tidak menghitung berapa kalori yang terdapat dalam nasi putih, biasanya orang akan menakar atau menaruh nasi dalam mangkok regular. Kalori nasi dalam satu mangkok bahkan bisa menjadi 200 kalori. Jika kita sedang mencoba menurunkan berat badan, maka beras atau nasi putih bisa menjadi salah satu item yang dihilangkan dalam sajian kita.


    3. Susu

    Susu adalah salah satu yang dibutuhkan untuk seorang anak. Hal ini dikarenakan susu dinilai bagus untuk masa pertumbuhan anak karena bisa berguna untuk kekuatan tulang. Susu pada umumnya dikonsumsi pada pagi hari sebelum sekolah dimulai. Ini bisa menjadi kebiasaan yang baik mengingat susu pun juga mengandung kalori yang bisa memberikan energi.


    (Baca Juga: Manfaat Baik Daging Kambing Untuk Tubuhmu)


    Selain kalori, susu juga mengandung banyak vitamin dan kalsium. Susu tentu saja tidak memiliki kalori sebanyak daging merah ataupun beras putih. Dalam seratus gram susu, terdapat 42 kalori di dalamnya. Terdapat juga 5 gram karbohidrat dalam 100 gram susu. Namun, jika ingin kalori yang lebih banyak dari susu, kita bisa mengonsumsi sebanyak 200 ml yang bisa memberikan 150 kalori.


    Nah, jika kita ingin mencari beberapa makanan tinggi kalori, daging merah, beras atau nasi putih, dan susu bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below