Ini 6 Cara Mengatasi Kantuk Yang Bisa Kamu Coba


  • Ini 6 Cara Mengatasi Kantuk Yang Bisa Kamu Coba
    Cara Mengatasi Kantuk (Foto: Dok. Karolina/ Pexels)

    Rasa kantuk berlebihan bisa menghilangkan fokus saat sedang beraktivitas, seperti belajar ataupun bekerja. Fokus yang hilang menjadikan kita kehilangan kemampuan untuk menyerap informasi sebanyak mungkin dan memperlambat proses pekerjaan. Berikut cara mengatasi kantuk selain mengkonsumsi kopi agar fokusmu dapat kembali.

    1. Melakukan Peregangan

    Cara Mengatasi Kantuk

    (Cara Mengatasi Kantuk. Peregangan. Foto: Dok. Kampus Production/ Pexels)




    Duduk terlalu lama dalam posisi yang sama dapat membuat seseorang mengantuk, ketika dirimu merasakan ini, cobalah melakukan peregangan dengan menggerakkan badan, kepala, ataupun tangan. Gerakan peregangan yang dapat membantumu mengusir rasa katuk di tempat kerja seperti seated twist, chair eagle, dan gerakan peregangan samping.


    Gerakan chair eagle adalah gerakan duduk di kursi dengan menyilangkan paha kanan di atas paha kiri. Sedangkan lengan kiri di atas lengan kanan, tepat di tumpuan siku dalam. Angkat kedua siku sambil menurunkan bahu jauh dari telinga. Tahan selama 3-5 kali hitungan napas. Tukar posisi lengan dan kaki, dan ulangi hitungan. Pose ini bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah ke setiap persendian tubuh, memperlancar sistem pencernaan, dan menguatkan lengan, kaki, lutut, dan pergelangan.


    2. Mengonsumsi Air Putih

    Cara Mengatasi Kantuk
    (Cara Mengatasi Kantuk. Mengonsumsi Air Putih. Foto: Dok. Karolina/ Pexels)


    Dehidrasi juga dapat menjadi penyebab dari masalah kantukmu. Kurangnya asupan mineral dalam tubuh, khususnya air putih dapat menyebabkan dehidrasi simana tubuh akan merasa lelah dan mudah mengantuk. Cairan tubuh yang tercukupi sangat penting dalam memastikan semua organ dalam tubuh bekerja dengan baik, serta memaksimalkan energi saat beraktivitas. Setiap harinya setiap orang dianjurkan untuk setidaknya minimal mengonsumsi 230ml atau dua liter air putih setiap harinya.


    (Baca Juga: Lakukan 10 Olahraga Ini Sebelum Tidur, Baik untuk Tubuh!)


    3. Mendengarkan Musik


    (Cara Mengatasi Kantuk. Mendengarkan Musik. Foto: Dok. Tirachad/ Pexels)


    Mendengarkan playlist musikmu dapat saja menjadi salah satu cara mengatasi kantuk ketika dirimu dilanda bosan akibat pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan terus menerus dalam waktu yang lama. Menghibur diri dalam lantunan melodi yang mengembalikan semangatmu selain dapat menghibur tentunya dapat mengembalikan fokus. Dengarkan musik yang ceria dan memiliki tempo yang cepat karena dapat membangunkan otakmu. Pilihan lagu dengan tempo tersebut dapat kamu temui pada koleksi lagu Beyonce, Dua Lupa, hingga Ariana Grande.

    4. Makan Siang Secukupnya

    Cara Mengatasi Kantuk
    (Cara Mengatasi Kantuk. Foto: Dok. Fauxels/ Pexels)


    Saat jadwal makan siang datang, cobalah untuk makan siang secukupnya daripada mengkonsumsiny secara berlebihan, apalagi jika konsumsi karbohidrat dari nasi. Tingginya kandungan karbohidrat dan kalori yang terdapat pada nasi putih dapat memicu peningkatan gula darah dalam tubuh. kadar hormon serotonin dan hormon melatonin seiring peningkatan kadar insulin akibat peningkatan gula darah, kedua hormon tersebut berkaitan erat dengan munculnya rasa mengantuk. Serotonin membuat Anda merasa tenang dan nyaman. Sedangkan melatonin sendiri yaitu hormon yang akan diproduksi agar tubuh bisa beristirahat.


    (Baca Juga: Sering Merasa Lelah? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!)


    5. Rileks

    Cara Mengatasi Kantuk
    (Cara Mengatasi Kantuk. Rileks. Foto: Dok. Karolina/ Pexels)


    Badan yang sering mengantuk dan mudah lelah dalam jangka waktu yang panjang dapat menjadi tanda dirimu mengalami gangguan kecemasan atau depresi. Orang yang mengalami depresi juga dapat merasa kurang berenergi, kehilangan minat dan ketertarikan dalam menjalani aktivitas yang sebelumnya digemari, hilangnya semangat hidup, dan merasa cemas. Biasakan tidur lebih awal dan bangun lebih awal dan melakukan olahraga kecil sebagai bentuk peregangan. Menjalani hidup sehat dengan memperhatikan nutrisi makanan, pola tidur, dan olahraga dapat membantu dirimu mengurangi gejala depresi, seperti mudah lelah dan mengantuk.


    6. Penerangan Ruangan yang Cukup

    Cara Mengatasi Kantuk
    (Cara Mengatasi Kantuk. Penerangan yang cukup. Foto: Dok. Andrew/ Pexels)


    Tingkat penerangan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah membuat kamu terpaksa membungkuk dan mencoba memfokuskan penglihatan. Hal ini dapat menimbulkan masalah pada punggung dan mata dalam jangka panjang dan dapat memperlambat pekerjaan hingga kehilangan fokus dan mengantuk. Penerangan yang baik merupakan suatu kondisi dimana seseorang dapat melihat apa yang dia kerjakan dengan jelas, cepat tanpa upaya yang tidak perlu. Penerangan yan baik dan sesuai standar menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman.


    Berikut beberapa cara mengatasi kantuk saat berada di kantor maupun belajar yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba!


    (Penulis : Fathya Jeehan)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below