Ini Cara Membuat Brownies Kukus, Bisa Untuk Mahasiswa


  • Ini Cara Membuat Brownies Kukus, Bisa Untuk Mahasiswa
    Brownies, kue lezat penuh cokelat. (Foto: Dok. Suzy Hazelwood/Pexels)

    Membuat kue bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Selain hasil akhir berupa kue itu sendiri yang bisa dimakan, kita juga dapat menuangkan ide kita dan berkreasi dengan kue. Kegunaannya pun beragam, kue dapat menjadi hadiah yang dinikmati bersama-sama atau sendiri, camilan atau comfort food yang spesifik, atau untuk perayaan seperti ulang tahun yang sudah identik. Kue dapat dibuat dengan cara dipanggang ataupun dikukus.


    Salah satu kue yang dapat dibuat dengan dipanggang atau dikukus adalah brownies. Brownies merupakan salah satu kue yang paling populer di dunia. Kue yang dikabarkan mulai ada pada akhir abad ke-19 ini bisa dibuat dengan bentuk entah lembap dan memiliki rasa coklat yang kaya serta mempunyai tekstur yang padat, atau bentuk menggembung dan kering namun lembap di dalam. Namun, kita bisa juga membuatnya dengan cara mengkukus dan di bawah ini bisa kamu ketahui cara membuat brownies kukus.




    Pertama, siapkan bahan dan alat yang digunakan.


    Untuk membuat brownies, beberapa bahan bisa dikreasikan atau ditambahkan, seperti keju atau meses. Namun, bahan-bahan utama yang kita siapkan adalah tepung terigu, cokelat batang, baking soda, gula pasir, susu kental manis, air, telur, mentega, margarin, minyak goreng, dan vanili. Setelah siap semuanya, kita bisa kesampingkan dulu bahan ini untuk lanjut kepada alatnya.


    (Baca Juga: Cara Membuat Brownies Zucchini)


    Selanjutnya, untuk membuat brownies kukus tentunya memerlukan alat. Alat-alat tersebut di antaranya adalah mangkok, pengocok telur atau bisa juga dengan sendok, panci kukus atau sering dikenal dengan dandang, serbet bersih, alas dandang atau bisa juga loyang, kertas roti, dan spatula. Ini adalah sejumlah alat yang bisa kita siapkan.


    Membuat brownies kukus bisa dilakukan dengan beberapa cara apalagi jika kamu ingin berkreasi dengan brownies itu. Namun, cara umum untuk membuat brownies kukus adalah sebagai berikut.


    Untuk kita yang menggunakan loyang, bisa mengoleskannya terlebih dahulu dengan margarin. Setelah itu, alasi dengan kertas roti dan oles lagi dengan margarin. Jika menggunakan panci kukus atau dandang biasa, bisa melewati bagian ini untuk langsung memanaskan kukusan itu dengan air yang dialasi dengan serbet hingga beruap.


    cara membuat brownies kukus

    (Brownies merupakan kue yang disukai oleh hampir semua orang. Foto: Dok. Kshkt Kttk/Pexels)


    Selagi menunggu kukusan panas, kita bisa mulai mencampurkan bahan yang ada. Bisa dimulai dengan lelehkan cokelat batang dengan campuran mentega. Lalu, di dalam mangkok atau wadah, campurkan gula pasir dan telur. Kocok kedua bahan tersebut dengan pengocok telur atau sendok sampai halus dan mengembang. Selanjutnya, tuangkan tepung, lelehan coklat, susu kental manis, baking soda, minyak goreng serta vanili ke dalam campuran bahan pertama. Aduk hingga tercampur merata. Untuk mengaduk adonan ini, kita bisa menggunakan spatula.


    Sebagai pengganti loyang, kita bisa menggantinya dengan cetakan. Setelah adonan tercampur tuangkan pada cetakan lalu kukus di atas alas dandang selama 20-45 menit dengan api kecil sampai sedang. Perlu diperhatikan untuk tidak membuka panci kukus selama 20 menit pertama.


    Itulah cara umum untuk membuat brownies kukus. Namun, terkadang kita ingin melakukan yang simpel dalam membuat kue karena tidak mempunyai beberapa alat yang dibutuhkan karena jauh dari rumah, seperti seorang mahasiswa contohnya. Kita pun bisa mencoba membuat brownies kukus dengan peralatan seadanya. Cara membuat brownies kukus itu pun tidak jauh berbeda dengan cara umumnya.


    (Baca Juga: Cara Membuat Brownies Cheesecake)


    Kita pertama perlu mencampurkan tepung terigu dan baking soda, namun kali ini tambahkan dengan baking powder. Lalu, campuran kedua adalah adanya tambahan tepung susu yang diseduh terlebih dahulu dengan air dan gula pasir, lalu setelahnya ditambahkan mentega cair. Setelah selesai, campurkan campuran bahan pertama ke dalam campuran kedua.


    Tidak perlu untuk mempunyai panci kukus, kali ini kita bisa gunakan rice cooker saja. Setelah semua bahan tercampur bisa diletakkan ke dalam gelas, selanjutnya kukus selama kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit berlalu jika adonan masih setengah jadi, kita bisa mengukusnya kembali sampai adonan tersebut jadi.


    cara membuat brownies kukus

    (Brownies dapat ditemukan di banyak toko kue. Foto: Dok. Igor Ovsyannykov/Pexels)


    Jika kita memilih untuk tidak membuatnya, brownies kukus pun mudah dijumpai di pasaran atau toko kue. Namun jika penasaran, silakan coba cara membuat brownies kukus ini. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Cara Membuat Kue Brownies Kukus

Cara Membuat Kue Brownies Kukus

oleh Yolanda Deayu

Cara Membuat Brownies Zucchini

Cara Membuat Brownies Zucchini

oleh Yolanda Deayu

Resep Mudah Membuat Brownies Bebas Gluten

Resep Mudah Membuat Brownies Bebas Gluten

oleh Andhini Puteri Lestari

Advertisement - Continue Reading Below