Pertolongan Pertama Atasi Maag Saat Kambuh


  • Pertolongan Pertama Atasi Maag Saat Kambuh
    Penting bagimu untuk bisa mengendalikan produksi asam lambung tetap stabil agar gejala maag tidak gampang kambuh. (Foto:Dok.Pexels)

    Gejala sakit maag bisa datang kapan saja dan dimana saja sehingga dapat membuat kondisi tubuh merasa jadi tidak nyaman. Terkadang penyebab maag juga bisa dipicu oleh hal-hal yang tidak disadari sebelumnya, seperti makanan yang dikonsumsi atau kebiasaan yang ternyata dapat memicu rasa sakit yang perlahan datang dan terasa. Sayangnya masih banyak orang menganggap hal ini enteng, padahal jika kamu kerap mengalami sakit maag yang terlalu sering, disertai dengan gangguan pencernaan nyatanya dapat berisiko menimbulkan berbagai komplikasi berbahaya. Itulah mengapa sangat penting bagimu untuk bisa mengendalikan produksi asam lambung tetap stabil agar gejala maag tidak gampang kambuh. Namun ketika kamu mulai merasakan gejala maag, segeralah lakukan pertolongan pertama atasi maag saat kambuh berikut ini.

    (baca juga : Cara Menjaga Sistem Pencernaan Agar Terhindar Dari Maag)

    1. Mengatur Pola Makan



    Pilihlah makanan seperti buah dan sayuran dan tetap jaga tempo makanmu. (Foto:Dok.Pexels)

    Untuk mengatasi maag, kamu sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil lebih sering. Biasakan juga untuk tidak langsung berbaring setelah makan, setidaknya menunggu sekitar 2–3 jam sebelum berbaring. Gejala maag dapat mudah terpicu oleh beberapa jenis makanan dan minuman tertentu. Beberapa jenis makanan dan minuman yang umum dapat memicu maag yang sepatutnya kamu hindari antara lain: makanan pedas, berminyak dan berlemak, Minuman bersoda atau mengandung kafein, minuman beralkohol, hingga makanan cepat saji.

    2. Segera berdiri tegak dan longgarkan pakaian

    Posisi tubuh tertentu terkadang bisa memicu asam lambung naik. Posisi yang tidak pas atau kurang nyaman dapat memberikan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah. Pertolongan pertama saat asam lambung meningkat yang bisa kamu lakukan adalah memposisikan tubuh yang lebih tegak untuk mengurangi tekanan. Apabila posisi penderita saat asam lambung kumat sudah berdiri, coba tegakkan postur tubuh untuk berdiri lebih tegak. Bukan hanya berdiri tegak saja, saat maag mulai kambuh segera longgarkan ikat pinggang, kait celana, baju, atau apa pun yang membuat penderita makin merasa sesak.

    (baca juga : Ini Kiat Jitu Jalani Puasa untuk Penderita Maag)

    3. Mengunyah permen karet

    Kunyahlah 1-2 permen karet untuk redakan maag saat kambuh. (Foto:Dok.Pexels)

    Penelitian sudah membuktikan, bahwa dengan mengunyah permen karet dapat membantu mengatasi asam lambung yang sedang meningkat. Mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur dan menelan. Cara alami ini dapat meredakan gejala asam lambung naik dengan jalan mengencerkan dan membersihkan asam lambung dari kerongkongan.

    4. Mengelola stress

    Dengan kamu berusaha mengelola stress karena pekerjaan bisa perlahan mengurangi rasa sakit yang kamu rasakan. (Foto:Dok.Pexels)

    Salah satu dampak dari stres adalah terganggunya saluran atau sistem pencernaan Anda, termasuk ketika Anda mengalami maag. Jenis stres seperti kekhawatiran dan depresi mungkin menjadi penyebab maag yang Anda alami. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk belajar mengontrol stres. Contoh dari metode yang dapat Anda lakukan seperti mengikuti terapi, melakukan meditasi, atau latihan pernapasan.

    (baca juga : Atasi Berbagai Penyakit dengan Daun Salam)

    Itulah beberapa pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan saat maag mulai kambuh. Meski maag termasuk masalah pencernaan yang cukup umum, bukan berarti kamu meremehkannya. Gejala-gejala yang muncul sebenarnya adalah cara tubuh untuk mengatakan bahwa ada masalah dengan kesehatanmu. Ingat, selalu lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?


    (Penulis : Kandela Cikal)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below