Pasti Tidur Nyenyak, 5 Aroma Esensial Ini Wajib Ada Di Kamar


  • Pasti Tidur Nyenyak, 5 Aroma Esensial Ini Wajib Ada Di Kamar
    Aroma esensial yang membuatmu tidur nyenyak. (Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)

    Tidur jadi salah satu hal yang sulit untuk dijalani sebagian orang. Sesuatu yang esensial, karena tanpa tidur, kamu akan kesulitan untuk tampilkan performa terbaik dalam kegiatan sehari-hari. Namun, tak sedikit tidur yang nyenyak adalah hal yang mahal, apalagi di tengah hiruk pikuk ibukota yang seolah-olah menuntut kamu untuk terus bangun. Padahal, kamu sudah tahu, tubuhmu perlu istirahat.


    Mulai dari mematikan semua gadget beberapa jam sebelum hingga mengalihkan pikiranmu dari kesibukan kerja, banyak cara yang bisa dan mungkin sudah kamu lakukan untuk pastikan tidur malammu nyenyak. Jika kamu sudah kehabisan cara untuk mengistirahatkan diri, tetapi tidur nyenyak pun masih susah, mungkin ada satu yang kurang.




    (Baca Juga: Lakukan 10 Olahraga Ini Sebelum Tidur, Baik untuk Tubuh!)


    Tak hanya mata yang perlu direlaksasi, tetapi juga indra lain seperti hidung. Rupanya, aroma bisa jadi solusi untuk tingkatkan kualitas tidur. Makanya, supaya kamu bisa tidur nyenyak, beberapa aroma esensial ini wajib ada di kamarmu.


    1. Ylang-ylang

    Rempah satu ini adalah salah satu aroma esensial wajib di dalam kamarmu. Ylang-ylang merupakan minyak esensial yang diambil dari bunga kenanga. Dengan berkembangnya tren essential oil di kalangan masyarakat, manfaat ekstrak bunga kenanga ini pun dikenal semakin luas, termasuk untuk beberapa orang yang kesulitan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

    Ylang-ylang memiliki khasiat untuk memberikan perasaan tenang dan perlahan membantumu terhindar dari stres. Selain itu, aroma esensial satu ini juga bisa meredakan tekanan darah serta detak jantung sehingga mempersiapkan tubuhmu untuk beristirahat. Aromanya yang cenderung fruity pun memberikan nuansa positif bagi otak sebelum beristirahat.


    aroma esensial untuk tidur nyenyak

    (Peppermint. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

    2. Peppermint

    Bukan sebuah rahasia ketika membicarakan peppermint dan manfaat yang diberikan bagi tubuh. Tak hanya menyehatkan dari dalam, ketika kamu menikmatinya dalam cangkir teh, tetapi peppermint yang juga bebas kafein bisa membantumu dapatkan kualitas tidur yang nyenyak.

    Jika kamu bukan penggemar teh atau minuman herbal, peppermint bisa tetap kamu nikmati melalui indra lain. Kamu cukup menghirup dan menikmati aroma peppermint yang menenangkan sekaligus merilekskan pikiran. Selain itu, peppermint bisa membantu otot untuk relaksasi serta melepaskan stres yang bisa membuat tidurmu lebih nyenyak.


    3. Sandalwood

    Aroma esensial yang bisa membantumu tidur nyenyak adalah sandalwood. Rempah yang banyak tumbuh di kawasan Asia Selatan, seperti India dan Nepal, ini menghadirkan aroma earthy dan woody. Namun, sejak dulu, sandalwood sudah dikenal masyarakat setempat untuk digunakan sebagai bahan untuk relaksasi dan melepaskan kekhawatiran.

    Sandalwood bisa membantumu untuk tidur nyenyak juga karena khasiatnya dalam menyeimbangkan mood-mu. Jadi, kamu tak hanya tidur dalam keadaan tubuh yang lebih rileks, tetapi juga pikiran dan hati yang lebih senang.


    (Baca Juga: Ketahui 5 Cara Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari)


    4. Clary Sage

    Tanaman herbal satu ini juga dimanfaatkan sebagai minyak esensial untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk kualitas tidur yang berkurang. Clary sage menjadi salah satu tanaman herbal yang berfungsi sebagai obat tidur alami dengan memberikan efek menenangkan sehingga membantumu terlelap lebih cepat dan durasi tidur yang lebih panjang.

    Efek dari aroma clary sage ini bisa mengurangi level hormon penyebab stres yaitu kortisol. Dengan mengurangi kadar hormon kortisol, tubuhmu akan lebih mudah untuk rileks dan perlahan-lahan tertidur. Selain itu, clary sage juga bisa mengurangi kekhawatiran yang ada dalam benakmu sehingga kamu pun bisa tidur dalam keadaan rileks, tubuh maupun pikiran.


    aroma esensial untuk tidur nyenyak

    (Aroma esensial yang bisa bantumu tidur. Foto: Dok. Karina Zhukovskaya/Pexels)

    5. Frankincense

    Jika berbicara tentang minyak esensial, aroma frankincense jadi salah satu yang populer. Diekstrak dari batang pohon Boswellia, frankincense dimanfaatkan banyak orang untuk membunuh bakteri dan jamur pada kulit maupun dijadikan aromaterapi. Mulai dari penuaan kulit, pengobatan luka, dan berbagai kondisi lainnya, frankincense jadi salah satu yang dicari.

    Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, aroma esensial dari frankincense bisa jadi pilihanmu. Aroma yang ditawarkannya bisa membuatmu lepas stres dan menjadi lebih rileks. Kamu juga bisa dapatkan ketenangan selama tidur setelah menghirup aroma esensial ini.


    (Baca Juga: Gangguan Tidur: Jenis, Penyebab Dan Cara Mengatasinya)


    Untuk bisa tidur nyenyak, inilah beberapa aroma esensial yang wajib ada di kamarmu. Rupanya, tak hanya lavender yang bisa bikin kamu tidur nyenyak, ya.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below