Wajah Bebas Jerawat, Kenali Manfaat Kunyit Untuk Kulit


  • Wajah Bebas Jerawat, Kenali Manfaat Kunyit Untuk Kulit
    Kunyit memiliki manfaat untuk kulit. (Foto: Dok. Karolina Grabowksa/Pexels)

    Kunyit, salah satu bahan alami yang banyak digunakan dalam sebuah masakan untuk hadirkan warna kuning cerah ketika disajikan. Namun, rupanya tak hanya masakan yang dibuat lebih cerah dengan rempah satu ini, kunyit menyimpan khasiat yang bisa mencerahkan wajah (sekaligus mengatasi berbagai masalah kulit lainnya).


    Berkat kandungan antioksidan dan anti-inflamasi di dalamnya, banyak manfaat kunyit untuk kulit yang perlu kamu kenali. Siapa tahu kunyit adalah solusi untuk berbagai permasalahan kulti yang sedang kamu alami. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak di bawah ini.




    (Baca Juga: Ini 4 Penyebab Pori-Pori Besar Dan Cara Ampuh Mengecilkannya)


    1. Menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata


    Lingkaran hitam di bawah mata alias mata panda menjadi salah satu hal yang berusaha dihilangkan sebagian orang agar tampilan wajah terlihat segar. Mungkin disebabkan oleh kelelahan atau bisa juga genetik, mata panda ini menjadi salah satu masalah kulit yang bisa diatasi dengan kunyit.


    Menyimpan khasiat untuk mencerahkan kulit, kunyit memberi manfaat untuk cerahkan kulit wajah, termasuk area di bawah mata yang kerap gelap. Selain itu, kunyit juga bisa merangsang peredaran darah di area mata sehingga tak bengkak.


    Kamu cukup campurkan dua sendok teh bubuk kunyit, satu sendok makan curd, dan beberapa tetes air lemon yang diaplikasikan ke area yang ingin kamu beri perawatan, diamkan hingga 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.


    manfaat kunyit untuk kulit

    (Masker kunyit yang bisa kamu buat di rumah. Foto: Dok. Mirzamlk/iStock)


    2. Melawan jerawat


    Masalah kulit yang paling umum, tetapi memerlukan perhatian khusus untuk menghilangkannya. Mulai dari obat penghilang jerawat hingga ragam produk yang gunakan kandungan aktif untuk membantumu atasi masalah kulit ini, mungkin langkah paling aman yang bisa kamu ambil untuk mengatasi jerawat adalah memanfaatkan bahan alami.


    Kunyit adalah salah satu bahan ajaib dalam mengatasi jerawat dengan kandungan antiseptik dan anti inflamasi di dalamnya. Rempah ini bisa mengurangi penyebaran bakteri di area kulit sekaligus mengurangi kemerahan pada wajah. Dengan mencampurkan kunyit dengan cuka apel, kamu bisa lakukan spot treatment pada jerawat menggunakan campuran tersebut.


    (Baca Juga: Ini 5 Makanan Yang Menghilangkan Jerawat Untuk Kamu Coba)


    3. Memudarkan bekas jerawat


    Manfaat kunyit untuk kulit tak hanya mengatasi masalah jerawatnya saja, tetapi juga membersihkan bekas yang ditinggalkan. Bekas jerawat menjadi salah satu hal yang justru memakan waktu lebih lama untuk pudar dan kerap mengganggu penampilan seseorang.

    Namun kunyit, berkat kandungan curcumin di dalamnya yang kaya akan antioksidan, bisa membantu kurangi produksi melanin berlebihan sehingga bekas-bekas jerawat dapat memudar dan warna kulitmu akan semakin merata.


    4. Memudarkan tanda-tanda penuaan dini


    Jika wajahmu mulai tunjukkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan halus, kamu mungkin sudah mencari cara untuk memudarkannya. Sebenarnya, kamu tak perlu susah-susah mencari, cukup membuka lemari bumbu dan temukan bubuk kunyit. Rempah ini juga bisa membantumu pudrkan tanda-tanda penuaan dini.


    Kunyit bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari yang juga sebabkan tanda penuaan dini. Curcumin memberikan kekayaan antioksidan bagi kunyit untuk melindungi kulit, terutama wajah, dari radikal bebas yang juga menjaga kualitas sel kulit jauh dari kerusakan.


    Kamu bisa membuat masker wajah sendiri dengan memanfaatkan tiga bahan. Cukup campurkan bubuk kunyit, susu, dan madu dengan takaran satu sendok teh untuk setiap bahannya. Setelah tercampur, aplikasikan pasta ke kulit yang sudah bersih dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.


    manfaat kunyit untuk kulit

    (Masker kunyit, Foto: Dok. Puhhha/iStock)


    5. Memudarkan stretch marks


    Jika masalahmu terletak pada kemunculan stretch marks di area-area tertentu, biasanya dialami oleh para wanita yang mengandung, kunyit pun bisa jadi solusi alam untuk atasi masalah tersebut. Kembali pada kandungan antioksidan di dalamnya, kunyit akan meningkatkan kerja membran sel kulit sehingga membantu stretch marks semakin pudar.


    Dengan bahan alami pun kamu juga bisa menghemat biaya perawatan dengan membuat masker sendiri. Untuk memudarkan stretch marks, kamu cukup campurkan satu sendok makan minyak zaitun, satu sendok teh bubuk kunyit, dan air lemon. Setelah tercampur, aplikasi di area stretch marks dua kali dalam satu hari.


    (Baca Juga: Penyebab Flek Hitam Di Wajah Dan Solusinya)


    Inilah beberapa manfaat kunyit untuk kulit yang bisa jadi solusimu dalam mengatasi masalah kulit yang kamu alami.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below