Penyebab Flek Hitam Di Wajah Dan Solusinya


  • Penyebab Flek Hitam Di Wajah Dan Solusinya
    Munculnya flek hitam pada dua warna kulit berbeda. (Foto: Dok.Angela Roma/Pexels)

    Masalah pada kulit wajah memang beragam. Sudah bukan rahasia lagi bahwa hal itu sangat mengganggu penampilan kita. Hal tersebut bahkan bisa membuat kita menjadi tidak percaya diri, bahkan mungkin enggan untuk menampilkan wajah kita sendiri. Masalah seperti jerawat, kering, garis halus, dan berminyak adalah sebagian dari masalah yang umum diderita oleh wanita maupun pria.


    Selain beberapa masalah tersebut, flek hitam pada wajah juga adalah salah satu yang sangat mengangggu. Beberapa orang yang memiliki skin tone yang lebih light dapat merasa ketidak nyamanan yang lebih karena akan tertampak dengan jelas. Yuk, bahas penyebab flek hitam di wajah dan solusinya.




    (Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Penyebab Flek Hitam pada Wajah)


    Sebelum itu, kita akan cari tahu apa yang disebut flek hitam itu sendiri. Flek hitam pada wajah adalah bintik, bercak, dan dapat dibilang noda hitam di mana sel kulit memproduksi pigmentasi yang berlebihan. Pada umumnya, flek hitam dapat dengan mudah dideteksi dengan mata telanjang. Flek hitam juga dapat muncul di semua bagian wajah kita. Tempat yang paling sering ditemukan di antaranya adalah pada pipi dan hidung.


    Terdapat dua penyebab yang sangat umum jika berkaitan dengan munculnya flek hitam pada wajah. Meski begitu, salah satu dari dua penyebab ini dapat kita hindari.


    1. Sinar matahari

    penyebab flek hitam di wajah dan solusinya

    (Penyebab flek hitam di wajah dan solusinya. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


    Penyebab utama terjadinya flek hitam pada kebanyakan orang adalah paparan sinar matahari. Memang benar bahwa sinar matahari memiliki kelebihan, yaitu memberikan vitamin D alami yang bagus untuk hati. Namun, terlalu lama di bawah paparan sinar matahari tentu tidak baik untuk kulit kita. Sinar matahari atau ultraviolet akan membuat terjadinya peningkatan produksi melanin, dimana melanin sendiri adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit. Oleh karena itu, bintik hitam pun muncul akibat proses tersebut.


    2. Faktor genetik

    Ini adalah penyebab yang tidak bisa kita hindari. Jika kita memiliki orang tua atau pendahulu yang mempunyai riwayat flek hitam pada wajah, besar kemungkinan kita pun dapat mewarisi hal itu. Karena fakor genetik adalah faktor keturunan yang pada kebanyakan kasus kesehatan, sulit bahkan tidak mungkin untuk dihindari.


    (Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah yang Membandel)


    Meski kondisi flek hitam pada wajah hal yang sangat umum terjadi, ini tidak dinilai sebagai kondisi yang membahayakan. Bahkan, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk menyamarkan ataupun sekedar mencerahkan flek hitam tersebut. 


    1. Memakai sunblock

    penyebab flek hitam di wajah dan solusinya

    (Penyebab flek hitam di wajah dan solusinya menggunakan sunblock. Foto: Dok. MSKIN Pro/Pexels)


    Hal ini adalah wajib bagi kita yang ingin bepergian keluar di bawah sinar matahari. Kulit manusia sebisa mungkin tidak terpapar langsung oleh sinar ultraviolet, untuk itu kita harus melindunginya dengan menggunakan sunblock. Pada umumnya, sunblock memiliki tekstur cream. Namun apapun teksturnya, alangkah baiknya jika menggunakan sunblock yang memiliki SPF 30 atau lebih.


    2. Memakai krim pemutih

    penyebab flek hitam di wajah dan solusinya

    (Penyebab flek hitam di wajah dan solusinya menggunakan krim pemutih. Foto: Dok. Linda Prebreza/Pexels)


    Kondisi flek hitam pada wajah memang lebih sering terjadi pada orang yang memiliki warna kulit lebih light, seperti pada kulit putih. Namun, bukan berarti skin tone yang lebih gelap tidak akan mengalami kondisi ini. Seperti telah dijelaskan di atas bahwa flek hitam terjadi karna adanya produksi melanin.

    Untuk itu, penggunaan krim pemutih untuk mencerahkan area kulit yang gelap dapat kamu coba. Hal ini dikarenakan krim pemutih umumnya mengandung Alpha Hydroxy Acids atau AHA yang dapat berfungsi untuk menghambat produksi melanin. Namun, jika belum terbiasa menggunakan krim pemutih dengan kandungan ini, sebaiknya mulai gunakan dengan kandungan kadar yang rendah.


    3. Terapi laser


    (Penyebab flek hitam di wajah dan solusinya menggunakan terapi laser. Foto: Dok. Anna Shvets/Pexels)


    Terapi laser adalah cara yang bisa kita tempuh juga dalam proses menghilangkan flek hitam pada wajah. Terapi laser akan bekerja dengan memancarkan sinar atau cahaya untuk menghilangkan lapisan hitam yang ada. Sinar tersebut akan mendeteksi lapisan hitam itu sekaligus memberikan energi agar lapisan hitam tersebut dapat berkurang.

    Tidak hanya berkurang, tampilan flek hitam tersebut juga dapat cerah kembali dengan terapi laser ini. Namun, perlu diperhatikan efek dari terapi laser ini sebelum memutuskan untuk melakukannya. Lakukanlah pencarian atas efek apa yang normal terjadi dan tidak. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below