4 Cara Memperbaiki Skin Barrier Yang Rusak Dengan Mudah


  • 4 Cara Memperbaiki Skin Barrier Yang Rusak Dengan Mudah
    Cara memperbaiki skin barrier. (Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)

    Skin barrier merupakan lapisan kulit yang berfungsi sebagai pelindung paling luar pada kulit agar terjaga dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi yang menempel sehingga menjadi tumpukan kotoran. Bisa rusak dengan ciri-ciri kulit jadi bersisik dan mengalami kekeringan ekstrim, salah satu cara memperbaiki skin barrier yang rusak adalah dengan menerapkan basic skincare dalam keseharianmu.


    (Baca Juga: Hindari 7 Kandungan Skincare Ini Untuk Kulit Berjerawat)




    Pada dasarnya, pemakaian skincare yang terlalu berlebihan juga akan merusak skin barrier (pelindung alami kulit). Maka dari itu, cara memperbaiki skin barrier yang sederhana bisa dilakukan hanya dengan menggunakan cleanser, moisturizer dan sunscreen sebagai tahapan skincare.


    Supaya kembali sehat seperti semula, simak cara memperbaiki skin barrier yang rusak dengan mudah selain menerapkan basic skincare. Apa saja, ya?


    1. Hidrasi kulit dengan baik

    Cara memperbaiki skin barrier

    (Cara memperbaiki skin barrier dengan minum air putih dan mengaplikasikan moisturizer. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


    Cara memperbaiki skin barrier paling mudah dan sederhana bisa dilakukan dengan rutin minum air putih. Sebab, rutin minum air putih dapat membuat kulit wajah terhidrasi dengan baik dan hal tersebut akan memperbaiki skin barrier perlahan-lahan.

    Selain rutin minum air putih, iringi juga dengan mengaplikasikan moisturizer pada kulit wajah setiap hari supaya tingkat kelembapan tetap terjaga. Menghindari kekeringan kulit ekstrim, rutin minum air putih dan mengaplikasikan moisturizer dapat mengembalikan kesegaran pada wajah.


    Cara memperbaiki skin barrier

    (Salah satu rekomendasi moisturizer untuk kulit kombinasi yang bagus untuk memperbaiki skin barrier. Foto: Dok. The Body Shop Indonesia Official Website)


    Untuk penggunaan moisturizer, pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit. Moisturizer bahan dasar air untuk jenis kulit berjerawat, bahan dasar minyak alami untuk kulit kering dan kombinasi. Jangan sampai salah pilih ya!


    2. Aplikasikan skincare dengan efek soothing & calming

    Cara memperbaiki skin barrier

    (Cara memperbaiki skin barrier dengan mengaplikasikan skincare dengan efek soothing & calming. Foto: Dok. KoolShooters/Pexels)


    Biasanya dalam beberapa kasus, efek dari skin barrier yang rusak dapat mengakibatkan kulit mengelupas, kulit kering ekstrim, dan timbulnya jerawat meradang. Meningkatnya efek sensitif dari skin barrier yang rusak dapat diperbaiki dengan mengaplikasikan skincare berbahan dasar tea tree oil, centella aciatica, dan hyaluronic acid, supaya bisa memberikan rasa tenang dan sejuk pada kulit.



    Cara memperbaiki skin barrier

    (Salah satu produk skincare serum dari Sensatia Botanicals untuk memperbaiki skin barrier. Foto: Dok. Sensatia Botanicals Official Website)


    Berfungsi untuk mengurangi efek dari rusaknya skin barrier, produk skincare dengan kandungan tersebut bisa ditemukan dalam serum Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum, Natur Miracle Calming Face Serum, dan Innisfree Green Tea Seed Serum. Cocok diaplikasikan pada kulit sensitif, pemakaian serum wajib dilakukan setiap malam hari sebelum tidur agar bekerja lebih maksimal saat mengistirahatkan tubuh.


    (Baca Juga: Kiehl's Super Serum: Memperkuat Hidrasi Kulit)


    3. Hindari eksfoliasi

    Cara memperbaiki skin barrier

    (Cara memperbaiki skin barrier dengan menghindari eksfoliasi untuk sementara. Foto: Dok. Ekaterina Bolovtsova/Pexels)


    Tahapan mengusir sel kulit mati di wajah dengan eksfoliasi memang paling bagus untuk menghindari masalah kulit jerawat dan komedo. Tetapi jika eksfoliasi dilakukan terlalu sering, maka akan menyebabkan skin barrier jadi rusak.

    Bila tidak ingin semakin memperparah keadaan kulit, alangkah baiknya menghindari eksfoliasi terlebih dahulu untuk memperbaiki skin barrier yang rusak. Tunggu sampai kulit wajah sudah benar-benar tenang, barulah kamu boleh melakukan eksfoliasi kembali.

    Asalkan ekfoliasi dilakukan satu bulan sekali, menggunakan produk yang tepat, dan tidak terlalu kasar menyentuh kulit wajah, maka skin barrier akan tetap terjaga kesehatannya.


    Cara memperbaiki skin barrier

    (Rekomendasi produk eksfoliasi terbaik dari Avoskin setelah skin barrier yang rusak sudah sembuh. Foto: Dok. Avoskin)


    4. Diet riasan wajah

    Cara memperbaiki skin barrier

    (Cara memperbaiki skin barrier dengan diet riasan wajah. Foto: Dok. Anastasiya Gepp/Pexels)


    Tidak hanya skincare diet saja yang wajib dilakukan kala skin barrier tengah rusak, diet riasan wajah dengan menghindari make up yang tebal juga salah satu cara memperbaiki skin barrier paling terbaik. Bukan tanpa alasan, hal ini wajib diterapkan demi menghindari penyumbatan pori-pori pada wajah.

    Jika pori-pori tersumbat, maka skin barrier makin terhalang memperbaiki dirinya sendiri. Aplikasikan saja sunscreen, moisturizer, dan bedak padat yang sudah memiliki kandungan foundation tipis-tipis supaya kulit wajah juga tidak terlalu tampak kusam.

    Setelah pulang beraktivitas dari luar, jangan lupa membersihkan sisa-sisa make up dan kotoran yang menempel menggunakan cleansing milk sebelum membasuh wajah dengan sabun muka.


    (Baca Juga: 10 Moisturizer untuk Kulit Berminyak yang Patut Dicoba)


    Inilah dia deretan cara memperbaiki skin barrier yang dianggap ampuh mengembalikan kesehatan pelindung kulit bagian luar seperti semula.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below