Intip 7 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami


  • Intip 7 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami
    Cara menurunkan berat badan secara alami. (Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)

    Tak lagi menjadi rahasia, sebagian orang menginginkan berat badan yang ideal dan beragam cara pun dilakukan. Mungkin kamu salah satu orang yang berusaha menurunkan berat badan, entah mengandalkan konsistensi dalam berolahraga atau diet ketat setiap hari. Namun, rupanya, ada cara menurunkan berat badan secara alami yang bisa kamu lakukan.


    Tanpa perlu jalani diet ketat dan membatasi apa yang dimakan, kamu bisa mencoba beberapa cara menurunkan berat badan secara alami dan tak melulu tentang pola makan. Penasaran apa saja? Simak deretannya di bawah ini.




    (Baca Juga: Daftar Menu Diet Sehat Seminggu Yang Bisa Jadi Pilihanmu)


    1. Sarapan itu wajib

    Mungkin kamu adalah salah satu orang yang menyambut pagi dengan kopi tanpa dilanjutkan dengan sarapan. Jika kamu mengira dengan melewatkan sarapan akan membantumu turunkan berat badan, itu adalah pola pikir yang harus kamu ubah. Kalau kamu ingin menurunkan berat badan, sarapan itu hal yang wajib.

    Orang-orang yang melewatkan sarapan justru, tanpa sadar, mengonsumsi lebih banyak sepanjang hari. Padahal, apa yang kamu konsumsi di pagi hari akan lebih mudah terbakar menjadi energi, dibandingkan siang maupun malam hari. Lalu, dengan sarapan, kamu bisa memberikan performa lebih baik dalam kegiatanmu sepanjang hari.


    cara menurunkan berat badan secara alami

    (Perbanyak serat dan biji-bijian untuk menu sarapan. Foto: Dok. Daria Shevtsova/Pexels)


    2. Konsumsi air yang cukup

    Banyak manfaat yang didapatkan jika kamu meminum air cukup sepanjang hari. Mulai dari saat kamu bangun tidur, air putih menjadi hal pertama yang kamu minum. Sebab, tubuh akan merasa dehidrasi setelah tertidur selama delapan jam dan sering mengira sebagai rasa lapar.

    Ketika dibiarkan, kamu justru akan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Sebaliknya, ketika kamu minum air putih di pagi hari, tubuh akan lebih mudah untuk mengontrol apa yang dimakan sepanjang hari. Selain itu, meminum setengah liter air akan meningkatkan pembakaran hampir 30% selama satu jam berikutnya.


    3. Tingkatkan konsumsi protein

    Cara menurunkan berat badan secara alami bisa kamu lakukan dengan mengandalkan protein. Kategori makanan ini menyimpan nutrisi dan bisa jadi andalanmu untuk menurunkan berat badan. Ketika mencerna protein, tubuhmu justru membakar kalori di dalamnya sehingga mengonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi bisa meningkatkan metabolisme hingga 100 kalori setiap harinya.

    Dengan mengonsumsi makanan tinggi protein, kamu akan merasa lebih kenyang dan otomatis, mengurangi nafsu makanmu. Lalu, kamu tak memerlukan porsi makanan yang besar untuk merasakan dampak protein dalam pola hidupmu.


    (Baca Juga: Simak 7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Mudah dan Aman)


    4. Telur adalah kawan untuk turunkan berat badan

    Sumber protein yang tinggi bisa kamu temukan dengan mudah, misalnya telur. Bahan makanan sederhana yang bisa mengelevasi berbagai menu ini justru telah menjadi kawan banyak orang dalam menurunkan berat badan. Tak hanya menyimpan kandungan protein yang tinggi, tetapi juga kaya akan berbagai nutrisi.

    Ketika mengonsumsi telur setiap pagi saat sarapan, kamu bisa melihat angka timbangan berangsur menurun selama delapan minggu. Telur juga akan membuatmu konsumsi makanan lebih sedikit sepanjang hari, karena kandungan proteinnya akan membuatmu merasa lebih kenyang.


    5. Gunakan piring yang lebih kecil

    Kamu bisa perlahan menurunkan berat badanmu dengan mengurangi porsi. Cara paling sederhana? Ganti piring atau wadah yang sering kamu gunakan dengan ukuran yang lebih kecil. Dengan begitu, otakmu akan terlatih untuk mengetahui porsi makanan yang cukup untukmu. Ketika menggunakan piring yang lebih kecil, perlahan kamu akan mengurangi kuantitas dan di saat yang sama, membuatmu merasa sudah makan dengan porsi yang cukup.


    cara menurunkan berat badan secara alami

    (Istirahat yang cukup bisa bantumu turunkan berat badan. Foto: Dok. Cotton Bro/Pexels)


    6. Istirahat yang cukup

    Orang dewasa disarankan untuk tidur antara 6-8 jam setiap harinya. Kebiasaan ini tak hanya berpengaruh pada performa harianmu, tetapi juga jadi salah satu cara agar kamu bisa turunkan berat badanmu. Ketika kamu tidur kurang dari enam jam, tubuh kamu akan membutuhkan energi lebih besar untuk menjaga performamu tetap optimal di keesokan harinya.

    Energi yang banyak dikeluarkan berarti tubuh membutuhkan asupan lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Proses metabolisme yang tak optimal, akibat kurang tidur, bisa membuatmu ingin makan lebih banyak dan berdampak pada kemungkinan obesitas.


    7. Temukan cara lain untuk redakan stres

    Seberapa stresnya kamu bisa jadi penentu akan pola makanmu. Sebab, stres bisa mendorong peningkatan hormon seperti kortisol yang mendorong nafsu makan ikut meningkat. Itulah salah satu alasan ketika kamu merasa stres, makanan jadi salah satu hal yang kamu manfaatkan untuk membuat level stres reda.

    Mungkin saatnya kamu temukan cara lain untuk meredakan stres. Mulai dari latihan pernapasan, yoga, atau melakukan hobimu, apapun yang bisa mengalihkan pikiranmu dari sumber stres tersebut dan juga makanan (sampai waktu makan tiba).


    (Baca Juga: Bikin Kurus, Ini 4 Program Home Workout Gratis Untukmu)


    Tanpa perlu diet ketat, inilah cara menurunkan berat badan secara alami yang bisa kamu lakukan untuk dapatkan berat dan bentuk tubuh ideal versimu. Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below