Daftar Menu Diet Sehat Seminggu Yang Bisa Jadi Pilihanmu


  • Daftar Menu Diet Sehat Seminggu Yang Bisa Jadi Pilihanmu
    Daftar Menu Diet Sehat Seminggu Yang Bisa Jadi Pilihanmu. (Foto: Dok. Ella Olsson/Pexels)

    Berat badan yang berlebihan selain membuat tidak nyaman juga membuat tubuh jadi tidak sehat. Ada berbagai macam penyakit yang sudah siap mengintai jika tidak menjaga pola hidup sehat salah satunya dengan diet. Kamu bisa membuat daftar menu diet sehat seminggu agar lebih gampang melakukan program ini.




    (Baca Juga: Menu Makanan Diet yang Cocok Untuk Pemula)


    Diet bisa dilakukan secara alami, tidak melulu mengandalkan obat-obatan atau minuman instan untuk menurunkan berat badan. Tapi diet alami memang prosesnya cukup lama, tapi setidaknya tubuhmu bisa jadi lebih sehat dengan pola makan yang terjaga.


    Adapun jika ingin membuat daftar menu diet sehat seminggu, kamu bisa mencoba beberapa alternatif makanan di bawah ini!

    1. Hari Pertama

    daftar menu diet sehat seminggu

    (Mengonsumsi roti gandum untuk hari pertama diet. Foto: Dok. Cup of Couple/Pexels)

    Di hari pertama melakukan diet, kamu bisa mengonsumsi makanan seperti oat, roti gandum dan juga tomat. Sebab, roti gandum dapat membuat perutmu kenyang lebih lama dan bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Selain itu ia juga kaya akan serat dan gizi yang baik untuk tubuh.

    Sementara itu tomat juga salah satu buah yang mengandung banyak vitamin seperti vitamin K, vitamin A, zat besi, kalsium dan lain-lain. Oat juga mempunyai kandungan gizi yang tak kalah baik seperti mineral, karbohidrat dan juga serat.


    2. Hari Kedua

    (Buah pisang memiliki protein yang bagus untuk tubuh. Foto: Dok. Any Lane/Pexels)

    Untuk di hari kedua, kamu bisa coba menu daging rendah lemak dengan sayuran buncis dan juga wortel serta buah pisang. Daging tanpa lemak sangat bagus untuk program diet, karena di dalamnya juga ada kandungan protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

    Kemudian untuk buncis dan juga wortel sendiri mengandung banyak vitamin juga mineral, khususnya wortel yang sangat baik untuk kesehatan mata. Pisang pun tak kalah bagusnya, karena buah ini mampu membuat kita kenyang lebih lama karena kandungan serat, mineral juga vitaminnya.


    (Baca Juga: Inilah 5 Menu Sarapan untuk Diet)


    3. Hari Ketiga

    daftar menu diet sehat seminggu

    (Jambu juga bisa dijadikan jus untuk menu diet. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)

    Pada hari ketiga ini, kamu bisa konsumsi beras merah dengan sayuran dan juga buahnya jambu. Sayurannya bisa apa saja yang kamu sukai seperti mungkin kacang panjang, wortel atau kangkung. Ketika menumis jangan menggunakan minyak berlebihan agar proses diet tidak terganggu.

    Sedangkan untuk buahnya yakni jambu yang mengandung serat dan vitamin yang mampu memelihara fungsi dari peredaran darah. Kamu bisa menjadikan buah ini sebagai jus agar lebih mudah dikonsumsi.


    4. Hari Keempat

    Di hari keempat kamu bisa coba konsumsi menu seperti kentang, jus alpukat dan salad untuk memenuhi kebutuhan sayurannya. Kentang sendiri juga jadi salah satu makanan yang dapat dijadikan sebagai pengganti nasi, dan dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Penyajiannya bisa dikukus atau direbus demi menghindari penggunaan minyak secara berlebihan.

    Kemudian jus alpukat juga salah satu buah yang bisa dimakan pada hari keempat ini, caranya dengan dibuat jus. Karena alpukat mempunyai banyak kandungan gizi seperti protein, vitamin C, vitamin K, vitamin B6 dan vitamin E. Selain itu buah ini juga mengandung lemak baik yang bagus untuk tubuh saat sedang proses diet.


    5. Hari Kelima

    Hari kelima, kamu bisa coba buat menu dadar gulung dengan isian buah. Resepnya pun sangat mudah dibuat dan dicari di internet. Saat sedang diet, kebutuhan akan sayur dan buah harus lebih banyak agar penurunan berat badan bisa terjadi dengan cepat.

    Untuk sumber karbohidrat, kamu bisa mencoba menu ubi jalar sebagai pengganti nasi. Ubi jalar bisa dikukus supaya lebih sehat, asal tidak digoreng dengan minyak berlebihan.


    6. Hari Keenam

    Pada hari keenam, kamu bisa coba sumber karbohidrat dari singkong. Sama seperti halnya dengan roti gandum dan ubi jalar, singkong juga jadi salah satu makanan alternatif untuk pengganti nasi. Apalagi makanan ini bisa diolah menjadi apa saja. Kemudian jangan lupa untuk meminum susu yang rendah lemak sebagai pelengkapnya.

    Buahnya sendiri kamu bisa mencoba melon, di mana kaya akan kandungan serat, juga mengandung kalium dan juga vitamin K.


    7. Hari Ketujuh

    daftar menu diet sehat seminggu

    (Jagung yang dikukus. Foto: Dok. Cats Coming/Pexels)

    Di hari ketujuh, pilihan menu yang dapat kamu ambil tak lain adalah yoghurt, jagung dan untuk buahnya bisa memakai jeruk saja. Jagung sendiri sangat enak dimakan dengan tambahan susu kental manis dan parutan keju setelah dikukus. Rasa manisnya membuatmu mungkin merasa ketagihan.

    Sementara yoghurt juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan, berikut jeruk yang bagus karena tinggi dengan kandungan vitamin C di dalamnya.


    (Baca Juga: Ide Camilan Sehat Untuk Diet yang Mudah Dibuat)


    Itulah beberapa daftar menu diet sehat seminggu yang dapat kamu pilih. Kamu juga bisa cari alternatif lain jika bosan dengan daftar menu di atas. Hindari makan yang berlemak terlebih dahulu agar program diet semakin lancar.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below