Cara Menerima Pasangan Yang Selingkuh


  • Cara Menerima Pasangan Yang Selingkuh
    Mungkinkah kita bisa menerima pasangan yang berselingkuh? (Foto: Dok. MART PRODUCTION/Pexels)

    Akibat dari perselingkuhan memang sangat fatal. Ada hati terluka yang mungkin sangat sulit untuk disembuhkan. Namun, sebenarnya tak semua hubungan yang rusak karena perselingkuhan haruslah berakhir.


    Mungkin sekarang kamu adalah korban yang diselingkuhi dan pasangan pun sudah meminta maaf serta menunjukkan perubahan nyata hingga kamu pun merasa hubungan ini sangat sayang untuk ditinggalkan. Begini cara menerima pasangan yang selingkuh.


    (Baca Juga: 14 Cara Mengetahui Pasanganmu Sedang Selingkuh)


    Hindari mengambil keputusan saat masih emosi

    Kenali dulu emosimu saat ini akibat perselingkuhan tersebut. Apakah kamu masih marah, sedih, kecewa, dan perasaan negatif lainnya? Ingat, semua perasaanmu itu valid, apalagi ketika kamu adalah korban yang dikecewakan oleh pasangan.

    Meski begitu, hindari untuk mengambil keputusan saat masih emosi karena keputusan itu belum tentu yang terbaik. Baik keputusan untuk putus atau tetap bersama. Carilah waktu saat pikiranmu sudah benar-benar tenang sebelum memutuskan.


    Hadapi trauma

    cara menerima pasangan yang selingkuh

    (Beranikan diri untuk menghadapi rasa trauma. Foto: Dok. Anastasia Shuraeva/Pexels)

    Sangat wajar jika perselingkuhan menimbulkan trauma yang mendalam. Inilah kenapa salah satu cara menerima pasangan yang selingkuh adalah dengan menghadapi traumamu. Kamu bisa pergi ke ahli untuk membantumu. 


    (Baca Juga: Motif Pria Selingkuh)


    Memendam trauma hanya akan menjadikannya bak bom waktu yang kapan saja bisa meledak.


    Jalani terapi

    Secara psikologi, ada 3 tahapan yang harus dilakukan untuk bisa menerima pasangan yang selingkuh. Pertama, fase permulaan dan pertanyaan di mana kamu sebagai korban harus menanyakan dengan detail alasan perselingkuhan pada pasangan.

    Kedua, disebut dengan fase memulai kembali, di mana semua pertanyaan dan kecurigaan sudah terjawab, hingga akhirnya kamu punya niat untuk memaafkan kesalahan pasangan. Fase ini memerlukan waktu yang cukup lama karena proses memaafkan perlu diulang berkali-kali.


    (Baca Juga: Apakah Pria Selingkuh Bisa Berubah, Kenali Karakternya)


    Pada tahap ketiga, kamu dan si dia mungkin sudah bisa kembali bersama. Meski begitu, tentu kejadian perselingkuhan tak bisa dilupakan begitu saja. Namun, itu sudah bukan jadi penghalang dari kebahagiaan kalian. Tak ada salahnya juga untuk membicarakan konsekuensi jika perselingkuhan kembali terjadi.


    Itulah beberapa cara menerima pasangan yang selingkuh. Ingat, ini semua membutuhkan proses. Tak mudah memang untuk memaafkan pasangan yang berselingkuh, apalagi untuk menerimanya kembali. Namun, apa pun yang hendak kamu lakukan, pastikan kamu melakukannya demi kebahagiaan dirimu sendiri, bukan paksaan dari orang lain.

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles