Sex & relationship

Waspada! Ini 14 Cara Mengetahui Pasanganmu Sedang Selingkuh

By : Rengganis Parahita - 2021-09-09 21:00:01 Waspada! Ini 14 Cara Mengetahui Pasanganmu Sedang Selingkuh

Saat kamu sedang sayang-sayangnya dengan kekasihmu, tentu hal paling menakutkan yang bisa saja terjadi adalah kehilangan dirinya akibat perselingkuhan! Hmmmm... Yup, perselingkuhan boleh dibilang sebagai situasi paling horor bagi semua orang yang sudah memiliki pasangan baik masih dalam tahap pacaran atau lebih mengerikannya lagi, saat sudah menikah.

Tentu, bukan hal yang baik untuk menuduh kekasihmu selingkuh hanya karena perasaan insecure atau negative thinking yang berlebihan. Namun ketika kamu telah melihat gelagat aneh pada dirinya atau bukti lain yang mengarah ke perselingkuhan, ada baiknya kamu membuktikan apakah kecurigaanmu benar adanya.

Nah, daripada kamu menerka-nerka sampai akhirnya pusing sendiri, lebih baik perhatikan detail-detail dari pasanganmu yang bisa membuktikan apakah perselingkuhan benar terjadi. Namun tetap ingat, jangan sampai lengah! Ketika sedang mencari tahu, kamu harus memperhatikannya dengan pergerakan yang super smooth sehingga kekasihmu tak merasa sedang dicurigai apalagi dimata-matai. Tetap bikin kekasihmu nyaman sembari kamu melakukan penilaian dan pengintaian. Jika waktunya tiba dan semua bukti sudah di tangan, baru kamu boleh lancarkan konfrontasi.

Sudah siap menguak 14 cara mengetahui pasanganmu selingkuh? Mari kita mulai!


1. Komunikasi tak selancar biasanya


(Tanda pasanganmu sedang selingkuh. Foto: Dok. FG Trade Latin/iStock)

Hal pertama ini paling mudah dirasakan dalam suatu hubungan, namun sayangnya masih sering diabaikan. Sebagai pasangannya, tentu hanya kamu yang tahu seberapa intens kamu biasa berkomunikasi dengannya. Bagaimana tanggapannya, seberapa excited-nya ia saat berbicara denganmu, dan lain sebagainya.

Nah, saat selingkuh, cara pasangan berkomunikasi denganmu sontak berubah. Ia tak lagi sering menanyakan kabarmu, tidak bisa berbincang selancar biasanya, dan tidak lagi terlalu excited mendengarmu bercerita tentang ini-itu. Lebih mencurigakannya lagi, ia hanya berbincang denganmu saat benar-benar diperlukan saja. Bisa jadi ada orang lain yang sedang jadi teman berbinang asyiknya yang jelas bukanlah kamu.


2. Perubahan dalam bersosial media

Jika pasanganmu bukan tipe orang yang senang update sesuatu di media sosial lalu tiba-tiba ia menjadi rajin mengunggah insta-story atau feed media sosialnya, hal ini patut kamu curigai. Bisa jadi, ini merupakan caranya untuk mencari perhatian dan cari bahan obrolan. Ia akan sangat senang update sosial medianya dilihat oleh si orang ketiga. Baginya, hal ini merupakan semacam kode yang bisa memancing obrolan hingga melebar ke topik seru lainnya. Hal ini memang pantas dipertanyakan.

Sebaliknya, ketika pasanganmu memang aktif bersosial media lalu mulai jarang update bahkan tidak pernah mengunggah foto bersamamu, hal ini juga perlu diwaspadai! Bisa jadi, dia menyembunyikanmu untuk melindungi hati si orang ketiga.


3. Tiba-tiba penampilan jadi hal paling utama

Ketiga, pasangan yang sedang selingkuh biasanya mendadak jadi necis! Sedikit-sedikit berbelanja baju terbaru dan bersolek lebih lama dari biasanya, apalagi saat tidak pergi denganmu. Kira-kira ia sedang ingin tampil menarik di depan siapa, ya?


4. Uangnya selalu habis tanpa bisa dijelaskan


(Tanda pasanganmu sedang selingkuh. Foto: Dok. Filmstax/iStock)

Belum lama gajian, uangnya sudah habis! Padahal sejauh yang kamu lihat, ia tidak membeli barang mahal atau sesuatu yang sekiranya memerlukan pengeluaran lebih. Tidak cuma itu, tagihan kartu kreditnya pun membengkak. Namun jika kamu tanya, biasanya ia tidak bisa menjelaskannya dengan lancar, cenderung berbelit-belit, bahkan tidak masuk akal. Nah, ada kemungkinan pasanganmu menggunakan uangnya untuk selingkuhannya, nih.


5. Intensitas bertemu jadi berkurang

Ketika ingin bertemu, biasanya pasangan yang sedang selingkuh punya berbagai alasan untuk menolaknya. Pertemuan kalian yang biasanya seminggu dua kali bisa berubah menjadi sebulan satu kali. Orang yang sedang selingkuh jelas lebih senang bertemu dengan selingkuhannya daripada denganmu.

Perbedaannya ketika sudah menikah, biasanya pasanganmu jadi lebih sering menjaga jarak. Saat kamu hampiri atau berada di dekatnya, ia akan pergi menjauh. Lalu saat kamu bertanya sesuatu, ia akan menjawab seperlunya atau justru malah marah. Tingkahnya sangat aneh dan ia pun seperti berubah menjadi orang yang berbeda.


6. Punya selera musik dan hobi baru

Saat kamu tahu ia suka Jazz dan benci Death Metal lalu tiba-tiba ia malah jadi sering mendengarkan lagu Death Metal, hal ini patut kamu curigai karena biasanya orang yang selingkuh senang memelajari aliran musik kesukaan pacar barunya. Tidak cuma itu,  tiba-tiba ia juga memiliki hobi baru atau membeli barang-barang yang dulu tidak pernah menarik perhatiannya. Misalnya ia tiba-tiba suka membaca buku yang dulu bahkan tak pernah disentuhnya atau jadi tertarik untuk nonton genre film yang sebelumnya ia benci. Pasti ada sesuatu!


(Baca Juga: 5 Resiko Menjadi Selingkuhan, Jangan Dicoba Ya!)


7. Tiba-tiba jadi super baik


(Tanda pasanganmu sedang selingkuh. Foto: Dok. David-Prado/iStock)

Lain dari ciri-ciri sebelumnya, kini pasanganmu tiba-tiba jadi super baik. Orang yang selingkuh biasanya takut ketahuan. Oleh sebab itu, mereka akan bertingkah royal secara mendadak. Super perhatian, sering memberimu hadiah, sampai memberikan kejutan-kejutan kecil yang biasanya tidak pernah ia lakukan. Ini ia lakukan untuk membuatmu senang, agar kamu tidak punya pikiran aneh dan membuktikan hanya kamulah seseorang di hatinya. Padahal, ia begini justru karena sedang menutupi sesuatu. Memang tak semua pasangan yang melakukan kebaikan berarti sedang selingkuh. Namun jika aksinya berubah drastis dan royalnya sampai tidak masuk di akal, nah, ini patut rasanya dipertanyakan.


8. Bicara tanpa henti

Selanjutnya, orang selingkuh paling menghindari perbincangan yang mengarah ke urusan perselingkuhan. Mereka sangat menghindari momen 'diam' yang tak membicarakan apa-apa karena hal itu bisa berujung pada situasi awkward, padahal hanya dirinyalah yang merasa demikian. Akhirnya, ia jadi sangat banyak bicara bahkan membincangkan topik yang tidak penting. Mereka tak sadar bahwa justru kebawelannya inilah yang membuatnya patut dicurigai. 


9. Sering bad mood atau marah saat ada di sekitarmu

Pasanganmu biasanya akan tiba-tiba mood swing, marah, atau bad mood tanpa alasan jika kamu sedang ada di dekatnya. Sepertinya apa pun yang kamu lakukan selalu salah di matanya sehingga ia selalu punya alasan untuk kesal. Hmmm, hati-hati kalau sudah begini. Biasanya kalau tak karena masalah pekerjaan yang memang sering bikin pusing, ia pasti sedang menyimpan sesuatu- atau seseorang- dalam pikirannya.


10. Agenda hariannya mendadak tak lagi sama

Biasanya kamu tahu kegiatannya setiap hari. Tapi kini, agendanya selalu berubah hingga kamu tak lagi bisa menebaknya. Ia jadi lebih sering meeting di luar kota, lembur sampai malam, atau bahkan pulang pagi. Tidak jarang ia dapat tugas bepergian saat weekdays. Ketika ditanya, ia akan menjawabnya berputar-putar sampai benar-benar berujung tidak masuk di akal. Kemungkinan ia selingkuh pun semakin besar.


11. HP tidak pernah lepas dari tangannya 


(Tanda pasanganmu sedang selingkuh. Foto: Dok. blackCAT/iStock)

Hal ini juga yang paling gampang untuk diidentifikasi. Lihat saja, jika handphone-nya tidak pernah sekalipun lepas dari tangan dan ia tampak selalu texting, maka kamu patut bertanya-tanya. Lalu, ia juga jadi sangat marah jika kamu iseng mencoba ngintip ke handphone-nya padahal biasanya bebas-bebas saja. Atau bahkan ia mengganti password yang sebelumnya kamu tahu, atau mengganti pelindung handphone dengan anti-spy. Jadi, yakin tidak ada yang disembunyikan? Sepertinya tidak mungkin.


12. Teman-temannya bersikap aneh

Dari semua kemungkinan, ini juga yang paling harus kamu perhatikan. Biasanya, teman tahu segalanya. Jika kamu sedang pergi dengannya lalu teman-temannya mulai bersikap tidak biasa bahkan awkward saat menyapamu, pasti ada sesuatu yang mereka ketahui. Orang selingkuh biasanya tidak bisa menyembunyikan cerita dari teman-teman dekatnya. Jadi, jika feeling kamu mengatakan teman-temannya bersikap aneh, maka memang benar ada hal aneh yang terjadi di belakangmu. Sayangnya mereka tahu apa yang kamu tidak tahu.


(Baca Juga: Cara Memutuskan Pacar Tanpa Drama)


13. Kerap bepergian ke tempat yang bahkan tidak bisa ia deskripsikan

Lalu, seketika ia tampak jadi sering bepergian. Melanglang buana entah ke mana, yang penting senang bepergian tanpa mengajakmu. Orang selingkuh yang lagi hangat-hangatnya tentu senang pergi berduaan ke berbagai tempat. Sedangkan ia malah menganggapmu sebagai pengganggu. Nah, jika ditanya, sudah bisa dipastikan jawabannya di luar nalar. Typical cheater.


14. Posesif


(Tanda pasanganmu sedang selingkuh. Foto: Dok. fizkes/iStock)

Terakhir, ia jadi amat sangat posesif. Padahal, ia begitu karena ialah yang sesungguhnya layak dicurigai. Ia akan selalu bertanya ke mana kamu pergi, dengan siapa, pulang jam berapa, kenapa terlihat sangat rapi, menanyakan punya selingkuhan atau tidak, segala macam pertanyaan yang seharusnya ditujukan pada dirinya sendiri. Tentu kamu akan kesal dengan pertanyaan tidak masuk akal tersebut yang membuatmu merasa bersalah dan tidak dipercaya. Padahal, itulah yang dia lakukan. Seringkali, orang selingkuh suka lupa diri. Dengan ia curiga pada kita, ia seperti sedang membuka rahasianya sendiri tanpa disadari. Betul begitu, kan


So, sebenarnya mengetahui pasangan sedang selingkuh atau tidak adalah hal yang sangat mudah. Kamu hanya perlu peka pada detail-detail penting, seperti perubahan dari perilakunya padamu, atau body language dan tatapan matanya yang berubah saat melihatmu. Pada akhirnya detail-detail kecil ini mampu membuka rahasia. Sebelum menuduh pasanganmu selingkuh, ada baiknya kamu datang dengan bukti yang jelas. Jika kamu sudah membuktikan kecurigaanmu, selanjutnya terserah kamu. Apakah kamu akan mengonfrontasinya, atau diam saja? What will you do?

Sex & relationship