14 Cara Mengetahui Pasanganmu Sedang Selingkuh


  • 14 Cara Mengetahui Pasanganmu Sedang Selingkuh
    Curiga pasanganmu selingkuh? Perhatikan 14 hal di bawah ini sebelum menuduhnya (Foto: Dok. Pexels/Rodnae Production)

    Saat kamu sedang sayang-sayangnya dengan si ehem, tentu hal paling menakutkan yang bisa saja terjadi adalah kehilangan dirinya akibat perselingkuhan! Hmmmm... Yup, pasangan selingkuh boleh dibilang merupakan situasi paling horor bagi semua orang yang sudah memiliki pasangan baik masih dalam tahap pacaran atau bahkan sudah menikah.


    Jika kamu ingin berjaga-jaga, tentu ada cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengidentifikasi apakah kecurigaanmu benar adanya. Apalagi jika si dia sudah mulai menunjukkan gelagat aneh yang tak biasa. Kecurigaan pasti makin dahsyat, kan!


    Nah, daripada menerka-nerka sendiri sampai akhirnya pusing sendiri, lebih baik perhatikan detail-detail berikut. Jangan sampai lengah! Kamu harus memerhatikannya dengan pergerakan yang super smooth sehingga pasanganmu tak merasa sedang dicurigai apalagi dimata-matai.


    Tetap bikin mereka nyaman sembari kamu melakukan penilaian dan pengintaian. Jika waktunya tiba dan semua bukti sudah di tangan, baru kamu boleh lancarkan konfrontasi. Sudah siap? Mari kita mulai!


    1. Komunikasi tak selancar biasanya

    Hal pertama ini adalah yang paling mudah dirasakan. Sebagai pasangannya, tentu hanya kamu yang tahu seberapa intens kamu biasa berkomunikasi dengannya. Bagaimana tanggapannya, seberapa excited-nya ia saat ngobrol denganmu, dan lain sebagainya.

    Nah, saat selingkuh, cara pasangan berkomunikasi denganmu sontak berubah. Ia tak lagi sering menanyakan kabarmu, tak bisa ngobrol selancar biasanya, dan tak lagi terlalu excited mendengarmu bercerita tentang ini itu. Lebih mencurigakannya lagi, ia hanya ngobrol denganmu saat benar-benar diperlukan saja. Bisa jadi ada orang lain yang sedang jadi teman ngobrol asyiknya saat ini di mana jelas bukanlah kamu.


    2. Lebih sering mengunggah aktivitasnya di media sosial


    (Kalau sudah sering update Instasory padahal biasanya tidak, Hmmm... Hati-hati nih! Foto: Dok. Pexels/Lisa)


    Jika pasanganmu bukan tipe orang yang senang meng-update sesuatu di media sosial, tiba-tiba ia sekarang jadi sangat rajin mengunggah insta-story atau bahkan foto-foto di dalam feed media sosialnya. Untuk apa? Jelas untuk cari perhatian dan cari bahan obrolan. Ia akan sangat senang saat IGS nya dilihat seseorang (baca: selingkuhannya). Semacam kode yang bisa memancing obrolan via reply DM Instagram yang mampu melebar jadi obrolan seru lainnya. Hal ini memang pantas dipertanyakan.

    Kecuali dari sebelum bersamamu, ia sudah merupakan orang yang senang megunggah sesuatu di laman pribadinya. Lalu yang lebih harus diwaspadai adalah, ketika ia tak lagi sering mengunggah fotonya bersamamu. Wah, tapi tahan untuk tak marah dulu, ya. Sebab nanti main detektif-detektifannya jadi gagal di tengah jalan sebelum sampai pada kesimpulan dari analisis kumpulan bukti. Sabar, sabar, sabar!


    3. Tiba-tiba penampilan jadi hal paling utama

    Ketiga, pasangan yang sedang selingkuh biasanya mendadak jadi necis! Sedikit-sedikit dandan, sedikit-sedikit beli baju baru, kalau mau pergi bersoleknya lebih lama dari biasanya, apalagi saat tidak pergi denganmu. Ia tampak sangat cantik atau ganteng! Hmmmmm, kira-kira ia sedang ingin tampak menarik di depan siapa, ya? Bisa tebak?


    4. Uangnya selalu habis tanpa bisa dijelaskan

    Belum lama gajian, uangnya sudah habis! padahal sejauh yang kamu lihat, ia tak membeli barang mahal atau sesuatu yang kiranya memerlukan pengeluaran lebih. Tak cuma itu, tagihan kartu kreditnya pun membengkak. Namun jika kamu tanya, biasanya ia tak bisa menjelaskannya dengan lancar, cenderung berbelit-belit, bahkan tidak masuk akal. Nah, ada kemungkinan pasanganmu selingkuh, nih.


    5. Intensitas bertemu jadi berkurang

    Lalu, jika kamu ingin bertemu, biasanya pasangan yang sedang selingkuh punya berbagai alasan untuk menolaknya. Bahkan kalau bisa bertemu kamu sebulan sekali saja, pasti akan dilakukannya. Orang yang sedang selingkuh jelas lebih senang bertemu selingkuhannya secara lebih sering. Bahkan kalau kamu tak mengajaknya, dapat dipastikan ia takkan mengajakmu bertemu.

    Namun jika sudah menikah, maka biasanya pasanganmu jadi lebih sering menjaga jarak. Saat kamu hampiri atau berada di dekatnya, ia akan pergi menjauh. Lalu saat kamu bertanya sesuatu, ia akan menjawab seperlunya atau justru malah marah. Tingkahnya sangat aneh dan ia pun seperti berubah menjadi orang yang berbeda.


    6. Punya selera musik dan hobi baru

    Saat kamu tahu ia suka Jazz dan benci Death Metal, tiba-tiba ia malah jadi sering dengar Metal. Atau kalau ia benci Reggae, sekarang ia malah memasukkannya dalam list Spotify. Sungguh ini adalah hal yang patut kamu curigai karena biasanya orang yang selingkuh senang memelajari aliran musik kesukaan pacar barunya.

    Tak cuma itu, ia jadi punya hobi baru atau melihat barang-barang yang dulu tak pernah menarik perhatiannya. Misalnya ia tiba-tiba jadi suka baca buku yang dulu bahkan tak pernah disentuhnya atau jadi tertarik untuk nonton genre film yang sebelumnya ia benci. Pasti ada sesuatu!


    (Baca Juga: 5 Resiko Menjadi Selingkuhan, Jangan Dicoba Ya!)


    7. Tiba-tiba jadi super baik


    (Tiba-tiba ia jadi super sayang sama kamu? Hmmmm... Aneh gak, sih? Foto: Dok. Pexels/Cottonbro)


    Lain dari ciri-ciri sebelumnya, kini pasanganmu tiba-tiba jadi super baik. Orang yang selingkuh biasanya takut ketahuan. Oleh sebab itu, mereka akan royal secara mendadak. Super perhatian, sering memberimu hadiah, sampai memberikan kejutan-kejutan kecil yang biasanya tak pernah ia lakukan.

    Ia begini supaya kamu senang. Supaya kamu tak punya pikiran macam-macam dan menganggap hanya kamulah seseorang di hatinya. Padahal, ia begini justru karena sedang menutupi sesuatu. Memang tak semua pasangan yang melakukan kebaikan berarti sedang selingkuh. Namun jika sangat tiba-tiba dan royalnya sampai tak masuk di akal, nah, patut rasanya dipertanyakan.


    8. Bicara tanpa henti

    Next, orang selingkuh paling menghindari perbincangan yang mengarah ke urusan perselingkuhan. Mereka sangat menghindari momen 'diam' yang tak membicarakan apa-apa karena hal itu bisa berujung pada situasi awkward. Padahal hanya dirinyalah yang merasa demikian. Akhirnya, ia jadi sangat banyak bicara bahkan membincangkan topik yang tidak-tidak. Mereka tak sadar bahwa justru kebawelannya inilah yang membuatnya patut dicurigai. 


    9. Sering bad mood atau marah saat ada di sekitarmu

    Pasanganmu biasanya akan tiba-tiba mood swing, marah, atau misuh tanpa alasan jika kamu sedang ada di dekatnya. Sepertinya apa pun yang kamu atau dia lakukan selalu salah sehingga ia selalu punya alasan untuk kesal. Hmmm, hati-hati kalau sudah begini. Biasanya kalau tak karena masalah pekerjaan yang memang sering bikin pusing, ia pasti sedang menyimpan sesuatu dalam pikirannya sehingga otaknya jadi ruwet. 


    10. Agenda hariannya mendadak tak lagi sama


    (Agendanya berubah-ubah karena akan selalu cari waktu untuk pergi dengan pacar barunya. Foto: Dok. Pexels/Karolina Grabowska)


    Biasanya kamu tahu kegiatannya setiap hari. Tapi kini, agendanya selalu berubah hingga kamu tak lagi bisa menebaknya. Ia jadi lebih sering meeting di luar kota, lembur sampai malam, atau bahkan pulang pagi. Tak jarang ia dapat tugas bepergian saat weekdays. Kalau ditanya, ia akan menjawabnya berputar-putar sampai benar-benar berujung tak masuk di akal. Kemungkinan ia selingkuh pun semakin besar.


    11. HP tak pernah lepas dari tangannya 

    Ini juga yang paling gampang untuk diidentifikasi. Lihat saja, jika handphone nya tak pernah sekalipun lepas dari tangan dan ia tampak selalu texting, maka kamu patut bertanya-tanya. Lalu, ia juga jadi sangat marah jika kamu iseng mencoba ngintip ke hp nya. Padahal biasanya bebas-bebas saja. Jadi, yakin tak ada yang disembunyikan? Sepertinya tak mungkin.


    12. Teman-temannya bersikap aneh

    Dari semua kemungkinan, ini juga yang paling harus kamu perhatikan. Biasanya, teman tahu segalanya. Jika kamu sedang pergi dengannya lalu teman-temannya seperti bersikap tak biasa bahkan agak awkward saat menyapamu, pasti ada sesuatu yang mereka ketahui.

    Orang selingkuh biasanya tetap tak bisa menyembunyikan cerita dari teman-teman dekatnya. Apalagi wanita. Jadi, jika feeling kamu mengatakan teman-temannya aneh, maka memang benar ada hal aneh yang terjadi di belakangmu. Sayangnya mereka tahu tapi kamu tidak.


    (Baca Juga: Cara Memutuskan Pacar Tanpa Drama)


    13. Kerap bepergian ke tempat yang bahkan tak bisa ia deskripsikan

    Lalu, seketika ia tampak jadi sering bepergian. Melanglang buana entah ke mana. Pokoknya senang bepergian tanpa mengajakmu. Orang selingkuh yang lagi hangat-hangatnya tentu senang pergi berduaan ke berbagai tempat. Kamu? Siapa kamu? Ia malah menganggapmu sebagai pengganggu. Nah, jika ditanya, sudah bisa dipastikan jawabannya di luar nalar. Sungguh tipikal sekali.


    14. Posesif

    Terakhir, ia jadi amat sangat posesif. Padahal, ia begitu karena ialah yang sesungguhnya layak dicurigai. Ia akan selalu bertanya ke mana kamu pergi, dengan siapa, pulang jam berapa, kenapa terlihat sangat rapi, menanyakan punya selingkuhan atau tidak, pokoknya pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya harus ditujukan pada dirinya sendiri.

    Tentu kamu akan kesal diberondong pertanyaan tak masuk akal yang membuatmu merasa tak dipercaya. Padahal, itulah dia. Kadang, orang selingkuh itu suka lupa diri. Dengan ia curiga pada kita, ia seperti sedang membuka rahasianya sendiri tanpa disadari. Betul begitu, kan


    So, sebenarnya mengetahui pasangan sedang selingkuh atau tidak adalah hal yang sangat mudah. Kamu hanya perlu peka pada detail-detail penting yang pada akhirnya mampu membuka sebuah rahasia. Jika sudah begitu, selanjutnya terserah kamu. 

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles