Apakah Pria Selingkuh Bisa Berubah, Kenali Karakternya


  • Apakah Pria Selingkuh Bisa Berubah, Kenali Karakternya
    Pria berselingkuh bisa berubah tergantung sikap pasangannya. (Foto: Dok. Odonata/Pexels)

    Perselingkuhan merupakan salah satu penyebab utama berakhirnya sebuah hubungan percintaan. Sekali saja salah satu pasangan selingkuh atau diselingkuhi, maka sulit untuk membangun kembali kepercayaan dalam hubungan itu. 


    Berbagai kasus perselingkuhan disebabkan oleh ulah sang pria yang memilih wanita lain untuk menjadi pasangannya. Namun, di satu sisi perselingkuhan itu dapat terjadi akibat perlakuan yang dilakukan oleh sang wanita. Tak jarang yang menanyakan apakah pria selingkuh bisa berubah?


    Perkataan “once a cheater, always a cheater” adalah konsep yang salah karena semua orang memiliki kesempatan untuk berubah. Berdasarkan penelitian marriage counselors di Amerika Serikat, setiap kasus perselingkuhan memiliki alasan yang berbeda, tergantung karakter atau sifat pasangan tersebut. Di samping itu, setiap pasangan juga memiliki kesempatan yang berbeda untuk rujuk kembali, ada yang berhasil, ada pula yang tidak berhasil. 


    Her World telah merangkum empat jenis karakter pria berselingkuh berdasarkan kemungkinan-kemungkinan yang akan dialaminya. Semoga dapat memberi jawaban, ya


    (Baca Juga: 7 Ciri Pria Yang Bertanggung Jawab


    1. Pria selingkuh yang menyalahkan pasangannya mungkin tak akan berubah

    Pria yang menyalahkan pasangannya atas perselingkuhannya masih berpikir bahwa dalam situasi tersebut dia adalah korban, bukan penyebabnya. Jika pria tersebut tidak bertanggung jawab atas kesalahannya, kemungkinan besar ia tidak akan berhenti selingkuh. Jika diibaratkan, pria tersebut akan mengatakan, "Ini semua karena kamu!". Hal tersebut dilakukan untuk menunjukkan rasa kecewa pria kepada pasangannya atas perilaku yang dilakukan olehnya. 



    2. Pria yang meminta pasangannya untuk move on kemungkinan akan mengulangi lagi

    Seringkali pria-pria yang tidak ingin mempertanggungjawabkan perbuatannya akan menyuruh pasangannya untuk cepat melupakannya. Ia enggan memedulikan perasaan yang dirasakan oleh pasangannya akibat perilaku prianya. Jika pria tersebut melakukan hal seperti itu, kemungkinan besar ia akan mengulangi perselingkuhan itu kembali.


    Di satu sisi, mungkin pria tersebut berasumsi bahwa dengan melupakan dirinya, ia dapat kembali "mengeksplor" target selanjutnya. Padahal, seharusnya si pria merasa kasihan terhadap pasangannya atas apa yang telah ia perbuat dan perjuangkan untuk mendapatkan kepercayaan pasangannya kembali.



    3. Pria yang melihat pasangannya hancur kemungkinan akan berubah

    Di satu sisi, pria berselingkuh juga memiliki peluang untuk berubah atau tidak akan mengulangi perselingkuhan itu kembali. Hal tersebut didorong oleh rasa “guilty conscience” yang terdapat dalam diri pria tersebut. Rasa bersalah itu akan timbul setelah melihat kondisi pasangannya yang sangat terpuruk atau hancur akibat ulah sang pria. 



    (Baca Juga: Begini Cara Buat Pria Mau Berkomitmen yang Paling Mudah)



    4. Pria akan berubah jika pasangannya memaafkan dan terbuka

    Selain karena melihat pasangannya hancur, pria berselingkuh akan berubah asalkan pasangannya mau memaafkan dan kembali terbuka dengan dirinya. Sebisa mungkin si pasangan hindari perkataan “once a cheater, always a cheater” yang dapat merusak kesempatannya untuk rujuk kembali dengan sang pria.


    Namun, sulit bagi wanita untuk menghindari pikiran tersebut. Hal itu sudah tertanam di pikiran wanita tersebut sehingga sulit untuk menerima kembali pria tersebut. Di satu sisi, jika pria mendengar perkataan tersebut, itu akan menimbulkan perasaan tak percaya diri dan merasa dirinya tidak berharga lagi. 


    Itulah beberapa tanda yang bisa menjawab apakah pria selingkuh bisa berubah. Tapi, perlu diingat, semua tergantung karakter masing-masing pasangan, tidak semua yang dilakukan oleh pasangan lain juga dilakukan oleh pasanganmu. 


    (Penulis: Nathasya Elvira)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!