Anti Gagal, Ini 5 Cara Resolusi Tahun Baru Berjalan Mulus


  • Anti Gagal, Ini 5 Cara Resolusi Tahun Baru Berjalan Mulus
    Resolusi Tahun Barumu bisa berjalan mulus tanpa gagal, ini caranya! (Foto: Dok. Jonas Von Werne/Pexels)

    Bulan Desember tersisa kurang dari dua minggu dan biasanya, menjelang tahun baru, ada niat-niat yang dibentuk dalam diri tiap-tiap orang. Kalau kamu sering dengar istilah resolusi atau bahkan salah satu orang yang menyusun daftar resolusi setiap sambut Tahun Baru, kira-kira kamu berhasil menerapkannya selama satu tahun atau gagal di pertengahan Februari?


    Jika kamu berhasil menerapkan niatan tersebut hingga tahun berikutnya, good for you! Namun, buat kamu yang merasa terkekang pada resolusi sendiri dan akhirnya gagal di pertengahan tahun atau awal tahun, mungkin beberapa cara ini bisa kamu lakukan agar resolusi Tahun Barumu berjalan mulus. Penasaran apa saja?




    1. Beri alasan

    Mungkin tahun 2022 menjadi tahunmu untuk berkomitmen jalani gaya hidup sehat. Namun, apa alasanmu membuat resolusi tersebut? Apakah benar-benar ingin hidup lebih sehat? Apakah ingin membentuk otot atau menurunkan berat badan? Apapun alasannya, pastikan hal yang melatarbelakangi resolusi bukan hanya keinginan instanmu, tetapi tujuan jangka panjangnya.

    Jadi, kamu tidak hanya sekadar menyusun resolusi untuk hidup lebih sehat, tetapi juga tujuan utama sehingga resolusi yang kamu jalani di Tahun Baru tak akan sia-sia. Kamu pun akan memiliki pola pikir yang lebih konsisten.


    resolusi tahun baru
    (Tuliskan resolusimu. Foto: Dok. Creative Family/iStock)

    2. Tuliskan resolusi atau tujuanmu

    Bukan “ditulis” di notes handphone, tetapi benar-benar menggunakan pensil atau pena. Menuliskan berbagai hal, termasuk resolusi maupun tujuan, akan terasa lebih riil ketika dituliskan pada kertas. Seolah-olah, tak hanya resolusi, tetapi juga manifestasi yang kamu buat terkait hal yang ingin kamu capai di tahun yang baru.

    Selain itu, menuliskannya di buku catatan juga bisa membantumu untuk mengingatnya kembali. Sebab, jika menuliskannya di komputer atau handphone, ada kemungkinan untuk terhapus atau hilang (ketika mengganti ponsel maupun komputer baru). Jadi, bisa jadi pengingatmu ketika mulai merasa goyah dalam prosesnya.


    3. Tentukan targetmu setiap bulan dan evaluasi

    Cara agar resolusi Tahun Barumu berjalan mulus hingga bulan Desember berikutnya adalah memulainya dalam langkah-langkah kecil. Daripada, kamu hanya membuat resolusi untuk satu tahun ke depan, lebih baik membuat target-target kecil setiap bulan dari resolusi tersebut.

    Jika resolusimu adalah hidup lebih sehat di tahun 2022, maka pecah lagi resolusi tersebut dalam target-target kecil setiap bulan. Mulai dari rutin berolahraga tiga kali seminggu pada bulan Januari, lalu ditambahkan dengan mengurangi kebiasaan nyemil pada bulan Februari, hingga menambahkan frekuensi olahraga menjadi empat kali seminggu, dan seterusnya.

    Target-target yang lebih sederhana tersebut membuat resolusimu terasa lebih ringan dan konkrit untuk dijalani.




    4. Ucapkan mantra setiap hari


    Beri semangat pada diri sendiri dalam menjalaninya. Ketika kamu menargetkan tahun depan untuk menabung, daripada berusaha menguatkan diri dengan “hidup hemat” yang disebutkan setiap hari. Coba ucapkan “beli apa yang kamu butuhkan”, jadikan itu sebagai mantra untuk menjalani hari.

    Mantra atau kata-kata tersebut akan mendorongmu untuk berkomitmen akan resolusi yang kamu buat tanpa harus mengekang diri. Sebuah mantra akan terasa lebih positif bagi diri dan otak akan lebih mudah untuk menangkap intensi baik yang berusaha kamu tanamkan.

    Entah nantinya berhasil atau gagal di tengah jalan, setidaknya kamu mengakhirinya tanpa rasa kesal yang berpotensi membuatmu menghukum diri sendiri.


    (Mantra untuk beri semangat jalani resolusimu. Foto: Dok. Marekuliasz/iStock)

    5. Jalani dengan komitmen, langkah demi langkah


    Tidak ada perubahan yang terjadi dalam satu malam, sama halnya dengan resolusi yang kamu buat untuk Tahun Baru ini. Ada proses yang dijalani dan komitmen yang harus kamu miliki agar resolusimu benar-benar bertahan dan menjadi sebuah kebiasaan nyata. Kamu cukup berkomitmen pada diri untuk menjalani resolusi tersebut, hari demi hari.

    Lalu, dengan menikmati prosesnya, kamu pun juga bisa mewujudkan resolusi dan niatmu dengan cara yang lebih sehat dan lebih membahagiakan diri. Ketika lebih bahagia, maka kamu pun lebih mudah untuk berkomitmen menjalani kebiasaan tersebut.




    Pastinya anti-gagal, inilah beberapa cara yang bisa dilakukan agar resolusimu di Tahun Baru berjalan mulus hingga bulan Desember berikutnya. Selamat mencoba!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below