Life & health

Ngeri-Ngeri Sedap Wakilkan Indonesia di Piala Oscar 2023

By : Her World Indonesia - 2022-09-14 16:00:01 Ngeri-Ngeri Sedap Wakilkan Indonesia di Piala Oscar 2023

Siapa yang masih ingat film Ngeri-Ngeri Sedap yang sempat viral di media sosial bulan Juni lalu? Yup, film populer tentang kehidupan keluarga Suku Batak ini baru saja menerima kabar baik yang tak disang-sangka, loh. Tepatnya hari ini (14/09/2022), akun Instagram resmi Ngeri-Ngeri Sedap membagikan kepada para pengikut bahwa filmnya akan mewakili Indonesia di Piala Oscar 2023. Pada post Instagram, Ngeri-Ngeri sedap memperlihatkan judul filmnya yang terdaftar dalam “List of submissions to the 95th Academy Awards for Best International Feature Film”.



Sejak tahun 1956, Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) telah mengundang berbagai negara untuk mengajukan film hasil karyanya pada kategori "Academy Award for Best International Feature Film". Tiap tahunnya, pihak Akademi akan memberikan penghargaan kepada pemenang kategori ini yang secara khusus memproduksi filmnya di luar Amerika Serikat dan berisi dialog berbahasa non-Inggris. Sebelumnya, kategori ini dijuluki dengan "Best Foreign Language Film" yang kemudian diganti dengan "Best International Feature Film" di tahun 2019.


(Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Terbaru Indonesia di Bioskop, Penasaran?)


Kali ini, untuk Academy Awards ke-95 film yang diajukan harus sudah dirilis di negara masing-masing mulai 1 Januari hingga 30 November 2022. Batas waktu pengiriman kategori film ini adalah 3 Oktober 2022. Tahun lalu, pemenang kategori "Best International Feature Film" diraih oleh negara Jepang dengan film Drive My Car yang disutradarai oleh Ryusuke Hamaguchi. Sedangkan di tahun 2020, pemenangnya tak lain adalah film viral Parasite karya Bong Joon Ho dari Korea Selatan.


(Sutradara dan pemeran film Ngeri-Ngeri Sedap di Gala Premiere. Foto: Dok. bene_dion/Instagram)

(Baca Juga: 5 Fakta Sri Asih, Film Superhero Wanita Pertama Indonesia)

Berita baik yang dibagikan oleh film Ngeri-Ngeri Sedap ini langsung trending di berbagai media sosial. Selain membanggakan, hal ini juga menjadi prestasi baru mengingat Ngeri-Ngeri Sedap merupakan film berlatar Suku batak pertama yang akan berlaga di ajang ini. Ngeri-Ngeri Sedap sendiri ditulis dan disutradarai oleh Bene Dion Rajagukguk, dengan menampilkan pemain watak Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir Manullang, Gita Bhebhita Butar-butar, Lolox, serta Indra Jegel.


Sebelum masuk seleksi untuk Academy Awards ke-95, film Ngeri-Ngeri Sedap memang sudah banyak menuai pujian berkat alur ceritanya yang mengharukan. Banyak penonton mengatakan mereka bisa relate dengan kisah kekeluargaan yang ditampilkan pada film ini, terutama bagi mereka yang berasal dari Suku Batak. Setelah tayang di bioskop, hingga saat ini film Ngeri-Ngeri Sedap telah berhasil meraup sebanyak lebih dari 3 juta penonton.


Berkat kepopuleran Ngeri-Ngeri Sedap, tidak mengejutkan bahwa film satu ini berhasil lolos seleksi untuk mewakili Indonesia di Piala Oscar 2023. Apakah kamu sempat menontonnya di bioskop?


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)

Life & health