6 Cara Menghilangkan Panu Yang Mengganggu Penampilan


  • 6 Cara Menghilangkan Panu Yang Mengganggu Penampilan
    6 Cara Menghilangkan Panu Yang Mengganggu Penampilan. (Foto: Dok. HengDao/iStock)

    Panu salah satu infeksi jamur yang paling menyebalkan, apalagi jika letaknya berada di bagian tubuh yang gampang terlihat seperti wajah, leher atau tangan. Hal ini dapat mengganggu penampilan karena bercak putih atau gelap dari panu bisa membuatmu tidak percaya diri. Oleh karena itu, mencari tahu cara menghilangkan panu sangatlah wajib.


    (Baca juga: 6 Penyebab Selangkangan Gatal Yang Wajib Diperhatikan)




    Apalagi panu juga dapat menyebabkan rasa gatal yang menjadikan aktivitas sehari-hari semakin tidak nyaman. Ada beberapa macam cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan panu, dan yang akan dibahas kali ini adalah tentang yang alami. Berikut yang harus kamu simak!

    1. Menggunakan Bahan Kunyit

    Cara menghilangkan panu

    (Kiri adalah dry paprika dan kanan adalah kunyit. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)

    Sifat anti inflamasi yang terkandung dalam kunyit dapat mengatasi terjadinya peradangan yang disebabkan dari adanya infeksi jamur. Itulah kenapa bahan satu ini bisa kamu jadikan alternatif untuk menghilangkan panu.

    Selain itu, antioksidan curcumin yang ada dalam kunyit juga bantu atasi radikal bebas yang disebabkan karena infeksi kulit. Untuk membuatnya cukup dengan memarut kunyit tersebut kemudian meletakkannya pada bagian yang terkena panu. Diamkan sebentar 15 menit lalu segera bilas.


    2. Menggunakan Yoghurt

    Bahan alami lainnya yang juga mudah didapatkan tak lain adalah yoghurt. Di mana bahan satu ini mempunyai banyak kandungan probiotik yang sangat baik. Probiotik sendiri dipercaya dapat membunuh jamur yang tumbuh dan menjadi sebab dari infeksi panu yang diderita.

    Dalam cara pengaplikasiannya, kamu cukup memerlukan yoghurt tanpa rasa alias yang original kemudian oleskan ke bagian yang terkena panu. Setelah didiamkan sampai kering barulah kamu bisa membilasnya hingga bersih.


    3. Menggunakan Cuka Apel

    Cara menghilangkan panu

    (Cuka apel. Foto: Dok. New look casting/iStock)

    Cuka apel bisa ditemukan di mana-mana, jadi kamu bisa dengan mudah melalui cara menghilangkan panu dengan bantuan bahan ini. Cuka apel mempunyai kandungan yang bisa membunuh jamur atau bakteri yang menjadi penyebab terjadinya panu dengan sangat cepat.

    Cara pengaplikasian bahan ini juga sama dengan lainnya, yakni tinggal mengoleskan saja ke bagian kulit. Kemudian bilas jika sudah kering atau setelah didiamkan beberapa menit.


    (Baca Juga: Tips Mencukur Bulu Di Area Kelamin Agar Tidak Gatal)


    4. Menggunakan Minyak Zaitun Plus Madu

    Perpaduan dari dua bahan ini sangat ampuh mengobati infeksi panu, karena di dalamnya terkandung senyawa anti bakteri dan anti jamur yang membuat pertumbuhan jamurnya menjadi terhambat. Apalagi minyak zaitun dan madu juga termasuk bahan yang tak terlalu susah di cari di pasaran.

    Kamu hanya harus mencampur dua bahan tersebut lalu mengoleskannya ke kulit yang terkena infeksi panu. Mengoleskannya secara rutin sangat dibutuhkan, yakni sekitar 3 kali sehari dan kamu bisa lihat hasilnya beberapa minggu kemudian.


    5. Menggunakan Bawang Putih

    Cara menghilangkan panu

    (Bawang putih. Foto: Dok. Artem Beliaikin/Pexels)

    Bawang putih memang mengandung aroma yang tidak begitu menyenangkan, tapi nyatanya bumbu dapur yang satu ini bisa dipakai sebagai alternatif menghilangkan panu. Tak heran jika bawang putih ini dipilih karena mengandung banyak senyawa penting sebagai anti bakteri, anti kanker, anti jamur dan sebagainya.

    Memakainya juga sangat mudah, tinggal potong saja bawang putih jadi dua lalu usapkan bagian potongan tersebut ke kulit yang terkena panu. Barulah setelah kering tinggal dibilas saja dan pakai rutin selama beberapa minggu agar terlihat hasilnya.


    6. Menggunakan Minyak Pohon Teh

    Minyak pohon teh alias tea tree oil juga dipercaya mempunyai kandungan anti jamur. Di mana kandungan tersebut bisa mencegah adanya pertumbuhan jamur di kulit dan bisa juga meredakan gatal yang dirasakan penderitanya. Bahkan banyak masyarakat khususnya orang Australia mempercayai tea tree oil sebagai obat untuk infeksi kulit yang mereka alami.

    Cukup langsung oleskan saja ke kulit, atau bisa juga dengan bantuan minyak pelarut ke bagian yang ada infeksi panunya. Biarkan hingga mengering baru setelahnya dibilas sampai bersih.

    Mengobati panu dengan bahan alami memang butuh waktu, sehingga kamu harus sedikit bersabar. Namun, jangan sembarang menggunakan bahan sekalipun itu yang alami. Karena takutnya kulitmu sensitif terhadap kandungan senyawa tertentu.


    (Baca Juga: 10 Cara Yang Berhasil Mengecilkan Pori-Pori Wajah)


    Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu apa yang harus dilakukan untuk cara menghilangkan panu supaya cepat sembuh. Dan pastinya tidak lagi mengganggu penampilan.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below