10 Cara Yang Berhasil Mengecilkan Pori-Pori Wajah


  • 10 Cara Yang Berhasil Mengecilkan Pori-Pori Wajah
    cara mengecilkan pori-pori wajah. (Foto: Dok. Angela Roma/Pexels)

    Ada berbagai alasan memiliki pori-pori wajah yang besar menjadi sebuah masalah tersendiri. Selain dapat membuat wajahmu lebih mudah terlihat kusam dan terlihat lebih tua dari usiamu, pori-pori wajah yang besar berpotensi menyebabkan berbagai masalah kulit seperti komedo dan jerawat, khususnya bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak.


    Mulai dari faktor genetik, jenis kulit, paparan sinar matahari, dan usia menjadi beberapa faktor yang memengaruhi ukuran pori-pori pada wajah. Jika kamu ingin menghilangkan pori-pori besar pada wajahmu, ingat bahwa pori-pori ini memiliki fungsi penting yaitu sebagai ruang napas bagi kulit. Meski kamu tidak dapat menghilangkannya, kamu dapat menjaga kebersihan pori-pori dan juga mengecilkannya.



    (Baca Juga: 6 Rekomendasi Toner Untuk Kulit Berminyak)


    Kamu dapat samarkan tampilan pori-pori wajah yang besar dengan beberapa cara yang berhasil mengecilkan pori-pori wajah di bawah ini.

    1. Jaga jarakmu dengan cermin


    Percayalah, tidak ada orang yang melihat pori-porimu lebih teliti, ditambah dengan tatapan tajam pada setiap lubangnya, selain dirimu sendiri. Di depan cermin, mungkin tanpa sadar kamu menghubungkan tiap-tiap lubang di wajah yang harus kamu hentikan.


    Ketika kamu mulai menerima kondisi wajahmu dengan pori-pori yang besar, kamu akan lebih sabar dan menikmati proses mengecilkan pori-pori besar pada wajah yang memakan waktu yang tidak sebentar.

    2. Rutin membersihkan wajah

    Membersihkan wajah adalah rutinitas sederhana dan langkah pertama dalam proses perawatan. Meski sederhana, kamu memastikan pori-pori tetap bersih. Kamu dapat mencuci wajah dua kali sehari, pagi dan malam. Namun, jika kamu membersihkan wajah satu hari sehari, lakukan di malam hari karena kulitmu menyimpan banyak kotoran dan debu yang wajib kamu bersihkan sebelum tidur.


    Untuk mengangkat debu dan kotoran yang sebabkan pori-pori tersumbat secara lebih maksimal, kamu dapat mengawali prosesnya dengan menepuk-nepukkan wajah dengan handuk yang sudah dibilas dengan air hangat.

    cara mengecilkan pori-pori wajah

    (Membersihkan wajah untuk kecilkan pori-pori. Foto: Dok. Shiny Diamonds/Pexels)

    3. Lakukan proses eksfoliasi setiap minggu

    Sesuatu yang juga perlu kamu lakukan secara rutin adalah eksfoliasi. Gunakan face scrub yang halus untuk melakukan proses eksfoliasi sehingga sel-sel kulit mati dapat terangkat serta wajah terlihat lebih halus dan segar.


    Lakukan ini setiap minggunya karena eksfoliasi yang dilakukan terlalu sering juga dapat sebabkan iritasi kulit (dan bisa sebabkan pori-pori terlihat lebih besar), hal ini juga dapat terjadi bila kamu menggunakan produk eksfoliasi yang kasar sehingga disarankan untuk memakai gentle exfoliator.

    4. Jangan sering-sering memegang wajah

    Selain mencuci atau melakukan rangkaian perawatannya, jauhkan tanganmu dari wajah. Bakteri yang tersimpan di jari-jarimu dapat berpindah ke wajah sehingga masuk ke pori-pori sehingga lebih baik kurangi kebiasaan memegang wajahmu, apalagi menekan pori-pori yang tersumbat.


    Meski pori-pori yang tersumbat sangat menggoda, perlu diingat hal ini dapat sebabkan wajah kemerahan dan bahkan luka.

    5. Aplikasikan primer dengan kandungan SPF

    Cara yang berhasil untuk mengecilkan pori-pori bisa kamu lakukan ketika mengaplikasikan makeup sehari-hari. Paparan sinar matahari menjadi salah satu faktor penyebab pori-pori wajah membesar sehingga perlindungan dari sinar UV tersebut perlu dilakukan.


    Jika menggunakan sebagian besar tabir surya dapat membuat pori-pori tampak lebih besar, kamu bisa mengaplikasikan primer yang memiliki kandungan SPF sehingga pori-pori wajahmu akan tersamarkan sekaligus melindungimu dari paparan sinar matahari.

    (Baca Juga: 7 Rekomendasi Tinted Moisturizer Terbaik)

    6. Gunakan clay mask untuk membuka pori-pori yang tersumbat

    Masker clay menjadi salah satu jenis masker yang ampuh untuk kecilkan pori-pori. Dengan cepat, clay mask akan membuka pori-pori yang tersumbat dengan mengangkat minyak pada wajah. Pada dasarnya, minyak yang tersumbat di pori-pori dapat membuatnya terlihat lima kali lebih besar dari ukuran aslinya.

    7. Coba lakukan chemical peel

    Solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan pori-pori adalah chemical peel. Sebuah perawatan di pusat kecantikan yang bisa meningkatkan tampilan pori-porimu dari waktu ke waktu. Proses peeling saat ini bekerja di bawah permukaan kulit dan memberikan kilau wajah yang cepat tanpa memperburuk kondisi kulit.

    cara mengecilkan pori-pori wajah

    8. Gunakan produk dengan kandungan asam glikolat 

    Asam glikolat mampu melarutkan sel-sel kulit mati dan menyerap minyak sehingga produk dengan kandungan asam tersebut bisa jadi pilihanmu untuk mengecilkan pori-pori. Namun jika kamu masih pemula dan belum berani menggunakan kandungan asam glikolat, coba gunakan produk dengan kandungan asam laktat yang lebih ringan tetap berikan efek serupa dengan asam glikolat.

    9. Hindari penggunaan krim oil-based

    Dalam rangkaian perawatan wajah, hindari menggunakan krim oil-based dan minyak alami seperti kelapa maupun zaitun karena dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, walaupun kamu memiliki jenis kulit kering. Minyak-minyak tersebut dapat tercampur dengan sel kulit mati yang ada di dalam pori-pori wajah.

    10. Namun, jangan takut gunakan oil-based cleansers

    Pembersih wajah dengan kandungan minyak di dalam justru bisa kamu gunakan. Minyak wajah akan lebih mudah larut dengan minyak dibandingkan air jadi untuk jenis kulit berminyak atau kombinasi, gunakan cleansing milk. Sedangkan, untuk jenis kulit kering bisa menggunakan produk balm sehingga dapat berikan kelembapan selagi membersihkan pori-pori wajah.

    (Baca Juga: 5 Foundation Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat)

    Inilah beberapa cara yang berhasil mengecilkan pori-pori wajah seiring berjalannya waktu. Pastikan kamu memilih produk-produk yang cocok dengan jenis kulitmu meski pori-pori menjadi fokus utamamu. Selamat mencoba!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below