6 Penyebab Selangkangan Gatal Yang Wajib Diperhatikan


  • 6 Penyebab Selangkangan Gatal Yang Wajib Diperhatikan
    6 Penyebab Selangkangan Gatal yang Wajib Diperhatikan. (Foto: Dok. Wayhomestudio/Freepik)

    Daerah lipatan memang sering kali rawan mengalami gatal, termasuk salah satunya adalah selangkangan. Penyebab selangkangan gatal ini juga tak melulu karena herpes atau infeksi seksual menular lainnya, tapi ada juga penyebab umum yang sering terjadi.




    Tentunya keadaan ini membuat siapapun tidak nyaman, apalagi jika sedang di tempat umum. Karena akan malu rasanya apabila terlihat orang lain sedang menyentuh daerah tersebut. Oleh karena itu, kamu harus cari tahu dulu apa penyebab selangkangan gatal agar bisa mendapatkan obat yang tepat.


    (Baca Juga: 5 Penyebab Keputihan Yang Tidak Sehat Pada Wanita)


    selangkangan gatal

    (Mengatasi selangkangan gatal. Foto: Dok. Jcomp/Freepik)

    Nah, jika kamu sering terjebak dengan kondisi yang demikian, maka inilah beberapa penyebab selangkangan bisa mengalami gatal yang harus kamu perhatikan.


    1. Infeksi Jamur Vagina

    Penyebab paling umum yang sering kali terjadi adalah infeksi jamur vagina ini, di mana memang bisa kamu alami apabila daerah kewanitaan tidak bersih, sedang berpakaian ketat atau karena lembab. Tentunya ada sejumlah pengobatan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah yang satu ini.

    Namun, ada baiknya jika kamu tidak memilih obat sembarangan saja karena dikhawatirkan terjadi hal tak diinginkan. Akan lebih baik apabila kamu berkonsultasi dengan ginekolog terlebih dahulu untuk mendapatkan jawaban mengenai obat yang cocok.


    2. Terjadinya Iritasi

    Saat kamu berjalan atau berlari, akan terjadi gesekan antara kulit paha dan juga selangkangan. Hal ini bisa membuat kulit paha menjadi lebih sensitif bahkan hingga meradang. Jika semakin digaruk atau digosok, maka peradangan akan semakin parah dan akhirnya membuat kulit jadi kemerahan, ruam, gatal, bahkan bisa juga sampai bersisik.

    Hal tersebut akan membuatmu sama sekali tidak nyaman ketika mengenakan pakaian. Terlebih lagi ketika cuaca sedang panas-panasnya maka akan rentan berkeringat dan bila tidak diobati dengan benar, akan membuat luka lecetnya semakin parah.


    (Baca Juga: Vagina Terasa Gatal? Ini Penyebabnya!)


    3. Karena Dermatitis Kontak

    Dermatitis kontak ini bisa terjadi kepada siapapun dan di manapun, termasuk di antaranya area kewanitaan khususnya selangkangan. Dermatitis kontak bahkan dibagi menjadi dua jenis, yakni berdasarkan alergi atau iritasi, keduanya juga memiliki perbedaan pengertian.

    Kalau dermatitis kontak alergi bisa muncul pada orang tertentu, alergi ini pun dapat muncul akibat dari suatu zat yang bisa dibilang tidak berbahaya. Contohnya saja pada sabun, shampoo, sampai ke deterjen yang memang paling umum terjadi.

    Sedangkan untuk dermatitis kontak yang berhubungan dengan iritasi ialah contohnya ketika kamu mengalami iritasi oleh suatu zat tertentu. Meskipun sebenarnya kamu tidak memiliki alergi terhadap zat tersebut. Iritasi ini penyebabnya juga bervariasi, mulai dari karena kotoran, urin, celana ketat, kosmetik dan lain sebagainya.


    4. Karena Intertrigo

    Intertrigo ini juga merupakan penyebab umum yang sering menjadi pemicu gatal pada selangkangan. Biasanya memang terjadi pada area lipatan seperti selangkangan, bawah payudara, bokong, leher, perut, area genital dan lipatan lainnya. Umumnya juga dikarenakan jamur atau bakteri yang menghinggapi area tersebut.

    Nantinya daerah yang terkena Intertrigo ini akan berubah warna menjadi kecokelatan dengan ruam lebar yang dipisahkan dengan adanya garis putih. Nantinya kulit pun akan terasa makin gatal, kering serta berkerak sehingga akan mengganggu aktivitas. Bahkan bisa juga memicu timbulnya bau tidak sedap.


    5. Kurang Menjaga Kebersihan Area Intim

    Menjaga kebersihan di area intim adalah hal yang sangat wajib dilakukan setiap hari. Apalagi daerah intim seperti selangkangan yang setiap harinya berada di area tertutup dan sering tergesek dengan pakaian.

    Kurangnya memperhatikan kesehatan area intim dapat membuatnya berkeringat dan lembab. Terutama karena di area tersebut juga ada rambut kemaluan yang kuman, bakteri dan sejenisnya rentan untuk berkembang biak.


    6. Terkena Herpes Genital

    Selain karena hal-hal yang sudah disebut di atas, gatal di selangkangan ini juga bisa disebabkan karena Herpes Genital, di mana ini bisa menjadi suatu awal dari adanya penyakit kelamin menular.

    Sebabnya tentu saja karena virus herpes, dan jika tidak ditangani dengan baik akan membuatmu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Pasalnya, virus herpes ini bisa membuat area kelamin terasa nyeri, panas, bengkak, hingga berwarna kemerahan.

    Nantinya juga akan muncul lecet atau lenting yang di dalamnya berisi cairan. Apabila pecah bisa menimbulkan luka yang cukup perih. Herpes ini bisa menyebabkan gejala yang berulang, sehingga kamu harus berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

    Kamu perlu memahami bahwa herpes bisa juga terjadi karena hubungan seksual. Jadi, alangkah baiknya untuk selalu berhati-hati.


    Itu dia beberapa hal yang menjadi penyebab selangkangan gatal. Jangan terlalu sering menggaruk area yang gatal jika tak ingin bertambah parah. Lakukan penanganan dengan cepat dan benar agar gejalanya bisa sembuh.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below