Atasi Bibir Menghitam Dengan 7 Bahan Alami Ini


  • Atasi Bibir Menghitam Dengan 7 Bahan Alami Ini
    Atasi bibir menghitam dengan bahan alami. (Foto: Dok. Engin Akyurt/Unsplash)

    Pada dasarnya, warna bibir berada dalam range merah muda hingga cokelat. Namun, ketika bibirmu cenderung menghitam, kemungkinan terjadi akibat hiperpigmentasi. Mulai dari paparan sinar matahari, terlalu banyak mengonsumsi kafein, hingga kebiasaan menggigit bibir adalah beberapa penyebab bibir menghitam.


    Namun, bibir menghitam adalah sesuatu yang bisa kamu atasi. Mungkin melakukan perawatan seperti laser treatments maupun penggunaan bahan kimia seperti hidrokuinon dan kojic acid yang kerap dimanfaatkan untuk mengatasi hiperpigmentasi pada bibir. Namun, bagi kamu yang menginginkan perawatan yang lebih alami, jangan khawatir.



    (Baca Juga: Warna Bibir Tampak Gelap? Ini Penyebabnya!)

    List di bawah ini adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk atasi bibir yang menghitam. Apa saja bahan-bahannya?

    1. Buah stroberi

    atasi bibir menghitam dengan bahan alami

    (Stroberi. Foto: Dok. Suzy Hazelwood/Pexels)

    Kandungan antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam buah stroberi sangat bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati, melembutkan sekaligus mencerahkan bibir. Untuk mengatasi bibir yang menghitam dengan buah stroberi, kamu bisa menghancurkan lima stroberi dengan dua sendok teh soda kue.

    Pasta stroberi diaplikasikan ke bibir sebelum tidur, kemudian kamu bilas dengan air dingin keesokan paginya.


    2. Minyak kelapa

    atasi bibir menghitam dengan bahan alami

    (Minyak kelapa. Foto: Dok. JComp/Freepik)

    Gunakan ujung jari untuk mengambil sedikit minyak kelapa dan mengaplikasikan secara perlahan ke seluruh area bibirmu. Kandungan antimikroba dalam minyak kelapa memiliki manfaat untuk lembapkan bibir dan melindungi dari kuman penyebab infeksi. Kamu bisa mengaplikasikan minyak kelapa ke bibir beberapa kali sepanjang hari dan sebelum tidur.


    3. Kunyit

    atasi bibir menghitam dengan bahan alami

    (Kunyit. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)

    Bahan alami yang dapat digunakan untuk cegah bibir menghitam adalah kunyit. Kunyit menyimpan kandungan utama yaitu curcumin yang dapat meningkatkan warna bibir alamimu, jadi otomatis mengatasi warna hitam pada area bibir. Kamu cukup mencampurkan satu sendok makan susu dengan bubuk kunyit secukupnya untuk membuat pasta.

    Setelah mendapatkan tekstur yang diinginkan, basahi ujung jarimu dan aplikasikan pasta kunyit ke bibirmu. Diamkan selama kurang lebih lima menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Setelah bibirmu kering, aplikasikan pelembap favoritmu.

    4. Jus timun

    atasi bibir menghitam dengan bahan alami

    (Jus timun. Foto: Dok. JComp/Freepik)

    Timun memiliki efek mendinginkan dan dapat membantu kembalikan warna alami bibirmu yang menghitam. Kamu bisa menghancurkan setengah bagian timun di blender, kemudian simpan di kulkas selama beberapa saat. Ketika sudah dingin, celupkan kapas ke jus timun tersebut dan aplikasikan perlahan ke bibirmu.

    Setelah mengaplikasikan, diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin.


    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Merk Lip Balm Terbaik Atasi Bibir Kering)

    5. Gula pasir

    atasi bibir menghitam dengan bahan alami

    (Gula pasir. Foto: Dok. Mathilde Langevin/Unsplash)

    Tekstur gula pasir yang cenderung kasar mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada area bibir. Untuk mengatasi bibir yang menghitam, kamu dapat mencampurkan tiga sendok teh gula pasir dan dua sendok teh mentega. Setelah itu, gunakan campuran tersebut untuk memijat bibirmu antara tiga sampai empat menit. Kamu juga bisa menggantikan mentega dengan minyak zaitun.

    6. Lemon

    atasi bibir menghitam dengan bahan alami

    (Lemon. Foto: Dok. Dominika Roseclay/Unsplash)

    Kandungan antioksidan yang tinggi, ekstrak buah lemon dapat membuat bibirmu tetap merona dan terhindar dari radikal bebas yang dapat merusak kolagen pada bibirmu. Hal yang perlu kamu lakukan adalah memotong lemon dan menggosokkan ke bibirmu perlahan.


    Lakukan itu sebelum tidur dan bilas bibirmu dengan air dingin keesokan paginya. Jadikan perawatan ini kebiasaan yang dilakukan setiap malam untuk melihat hasilnya. Mungkin kamu membutuhkan waktu 30 hari untuk melihat perubahan pada bibirmu.

    7. Almond oil

    atasi bibir menghitam dengan bahan alami

    (Almond oil. Foto: Dok. Mariana Medvedeva)

    Almond oil dapat membuat bibir tampak lebih cerah dengan mengangkat sel-sel kulit mati, mencegah bibir pecah-pecah, serta menjaga kelembapannya. Kandungan vitamin E pada minyak kacang almon ini juga melindungi bibirmu dari paparan sinar matahari, salah satu faktor yang sebabkan bibir menghitam. Kamu cukup memijatkan bibir dengan almond oil setiap malam sebelum tidur.

    (Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah Dengan Bahan Alami)


    Nah, ini beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi area bibir yang menghitam. Selamat mencoba dan lakukan secara rutin untuk rasakan hasil yang maksimal.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below