Hair & beauty

Warna Bibir Tampak Gelap? Ini Penyebabnya!

By : Fariza Rahmadinna - 2021-01-07 11:00:01 Warna Bibir Tampak Gelap? Ini Penyebabnya!

Seperti halnya warna kulit, warna bibir juga dapat berbeda setiap orang. Namun pada umumnya, bibir berwarna pink merona. Memiliki bibir pink merona dan sehat tentu akan membuat penampilan semakin menarik dan membuat warna lipstik semakin keluar. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang mengalami perubahan warna bibir menjadi tampak gelap. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor medis dan gaya hidup. Baca terus untuk mengetahui penyebab bibir hitam dan beberapa cara sederhana untuk mengembalikan warna bibir. 


Bibir yang menggelap bisa jadi diakibatkan karena hiperpigmentasi, yakni suatu kondisi yang biasanya tidak berbahaya, yang disebabkan oleh kelebihan melanin. Hiperpigmentasi bibir dapat disebabkan oleh:


1. Paparan sinar matahari

Tidak hanya dapat merusak kulit wajah saja, paparan sinar matahari juga bisa menjadi salah satu penyebab bibir hitam yang paling umum. Kulit, termasuk bibir, yang terkena sinar matahari dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin. Akibatnya kulit dan bibir bisa berubah tampak gelap. Oleh karena itu, selalu gunakan lip balm yang mengandung SPF agar bibir tetap terlindungi.


(Baca Juga: Dampak Buruk Tidak Membersihkan Alat Makeup Secara Rutin)


2. Kebiasaan merokok

Kandungan nikotin dan benzopyrene dalam asap tembakau dapat mendorong tubuh memproduksi melanin, yang kemudian dapat menyebabkan bibir menjadi tampak gelap. Perubahan ini terjadi secara bertahap seiring waktu dan intensitas kebiasaan merokok. 


3. Adanya masalah kesehatan

Dikutip dari laman Medical News Today, beberapa masalah medis tertentu dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Salah satu yang paling terkenal adalah penyakit Addison. Kondisi ini terjadi karena adanya kerusakan pada kelenjar adrenal, sehingga tidak mampu memproduksi hormon penting yang diperlukan tubuh. Akibatnya, timbul bercak hitam pada kulit, bibir gelap, atau gusi menggelap. Gejala lainnya termasuk kurang berenergi, lemah, dan memiliki suasana hati yang buruk.


4. Kurang asupan cairan

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, kulit tubuh, wajah, dan bibir bisa menjadi kering. Saat bibir kering, kulit bibir akan menjadi pecah-pecah dan tampak gelap. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh dengan minum minimal 8 gelas air putih per hari. 


(Baca Juga: Cara Mencukur Alis Yang Tebal)


5. Tidak melakukan eksfoliasi bibir

Tak hanya pada kulit wajah saja, penumpukan sel kulit mati pada bibir juga dapat membuat bibir tampak menghitam. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mendapatkan kembali bibir pink merona dan sehat dengan rutin melakukan eksfoliasi bibir. Kamu bisa menggunakan scrub bibir yang dijual di pasaran atau membuat scrub bibir sendiri. Campurkan gula, lemon, madu lalu gosokkan secara perlahan pada bibir. 


6. Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Mengonsumsi kafein seperti kopi di pagi memang dapat memberikan efek yang menyegarkan dan memberi semangat. Namun sayangnya, minum kopi dapat menimbulkan efek diuretik yang membuat kamu lebih sering buang air kecil, dan bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Saat tubuh mengalami dehidrasi, bibir menjadi pecah-pecah, kering dan tampak menghitam.


Hair & beauty