Cara Membuat Donat Yunani Gluten Free Sederhana di Rumah


  • Cara Membuat Donat Yunani Gluten Free Sederhana di Rumah
    Loukoumades. (Foto: Dok. Instagram @theathensyachtclub)

    Loukoumades adalah donat-donat berbentuk bola asal Yunani yang turut meramaikan rangkaian makanan-makanan unik yang hadir selama pandemi. Kudapan manis khas Yunani ini bisa kamu temukan di sudut-sudut kota Athena, bola-bola yang digoreng dan dilumuri madu sehingga kerap dijuluki honey tokens karena makanan ini diberikan kepada para pemenang Olimpiade pada tahun 776 sebelum masehi.


    Umumnya, donat ini dilumuri dengan madu, bubuk kayu manis, dan kadang kacang wijen atau walnuts. Kini, makanan penutup tersebut hadir dengan berbagai rasa dan topping dan berhasil menjadi kudapan manis yang dinikmati hampir semua lidah. Namun sayangnya sedikit berisiko bagi kamu yang memiliki intoleransi gluten.




    Pada dasarnya, gluten merupakan kandungan protein yang dimiliki biji-bijian seperti gandum dan barley. Selain itu, beberapa jenis makanan olahan seperti pasta, roti, dan sereal juga memiliki kandungan gluten tersebut. Hal ini memiliki risiko cukup tinggi apabila kamu memiliki intoleransi terhadap gluten.


    Kondisi medis tersebut akan membuat sistem kekebalan tubuh bereaksi setelah mengonsumsi gluten. Reaksi tersebut dapat merusak lapisan usus halus dan menghambat penyerapan nutrisi yang kemudian dapat memicu berbagai penyakit seperti diare, anemia, dan osteoporosis. Untuk itu, menghindari makanan dengan kandungan gluten sangat penting.


    (Baca Juga: Cara Membuat Donat Di Rumah)


    Nah, jika kamu ingin menikmati donat satu ini tanpa mengorbankan kesehatanmu, kamu bisa membuatnya di rumah dengan cara-cara sederhana yang ada di bawah ini. Mari simak cara membuat loukoumades khas Yunani bebas gluten yang bisa kamu coba di rumah.

    1. Loukoumades bebas gluten dengan ragi

    cara membuat donat yunani bebas gluten

    (Membuat loukoumades dengan ragi. Foto: Dok. Instagram @lukumades_indonesia)

    Bahan:

    - 500gram tepung terigu bebas gluten

    - 10gram ragi kering

    - 400ml air hangat

    - 2 buah putih telur

    - Garam secukupnya

    - 1 sendok teh gula merah

    - Minyak zaitun atau minyak sayur untuk menggoreng


    Kamu dapat memulai prosesnya dengan menyiapkan mangkuk besar. Kemudian, masukkan tepung terigu, garam, dan putih telur. Pada wadah terpisah, larutkan ragi dan gula merah dengan air hangat, lalu dicampurkan ke mangkuk berisikan tepung terigu. Campurkan semua bahan dengan spatula atau sendok hingga mengental seperti bubur. Jika kamu merasa campurnya terlalu kental, kamu bisa menambahkan air.


    Kemudian diamkan minimal selama satu jam untuk membiarkan adonan tersebut mengembang. Selagi menunggu adonan mengembang, panaskan minyak di wajah berdiameter kecil. Setelah adonannya mengembang, kamu dapat menggunakan ice cream scoop atau dua buah sendok untuk membentuk donat-donat kecil yang kemudian digoreng ke minyak panas.


    Goreng hingga warna donat berubah menjadi kuning keemasan, kemudian angkat dari wajan dan tiriskan minyak menggunakan tisu dapur. Setelah minyak sudah terserap oleh tisu dapur, sajikan donat-donat khas Yunani dengan topping klasik, madu dan bubuk kayu manis. Namun, kamu bisa bereksperimen menggunakan selai kacang atau cokelat yang dilelehkan untuk menghiasi loukoumades kreasimu.

    (Baca Juga: Cara Membuat Kue Cubit)

    Namun, jika kamu tidak memiliki ragi kering di rumah dan tidak berniat membelinya, kamu tetap bisa membuat donat-donat mini ini tanpa ragi. Seperti apa cara membuatnya? Intip langkah-langkah di bawah ini ya!

    2. Loukoumades bebas gluten tanpa ragi

    cara membuat donat yunani bebas gluten

    (Loukoumades klasik dengan madu. Foto: Dok. Instagram @cafeserano)

    Bahan:

    - 120ml madu cair

    - Air perasan lemon dan parutan kulit lemon

    - 220g tepung bebas gluten

    - 2sdt soda kue

    - Garam secukupnya

    - 4sdm air panas mendidih

    - 4sdm susu murni (bisa digantikan dengan susu kedelai, susu almond, atau susu gandum)

    - Minyak secukupnya

    Pertama campurkan madu, sedikit parutan kulit dan air perasan lemon untuk membuat sirup. Pada saat yang sama, panaskan minyak di wajan secukupnya. Lalu, siapkan wadah dan campurkan tepung, garam serta soda kue. Kemudian, pindahkan sedikit adonan ke wadah yang lebih kecil untuk dicampur dengan air panas.

    Setelah adonan basahnya tercampur, gabungkan dengan adonan kering pada wadah besar. Kemudian campurkan kedua adonan hingga teksturnya lebih padat. Setelah itu, kamu dapat mengeluarkannya dari wadah dan mulai memijat adonan tersebut. Jika kamu merasa adonannya kering, cukup tambahkan sedikit susu.

    Pastikan minyak sudah panas (kamu bisa memasukkan ujung sumpit kayu untuk melihat gelembung-gelembung sebagai tanda minyak sudah siap untuk menggoreng) kemudian bentuk adonan menjadi lingkaran kecil dan masukkan ke dalam minyak panas. Goreng hingga kuning keemasan, kemudian angkat dari wajan dan tiriskan. Kemudian, sajikan dengan sirup madu dan lemon yang sudah dibuat pada langkah awal atau topping sesuai seleramu.

    (Baca Juga: 12 Rekomendasi Jus Kekinian Untuk Jaga Imunitas Tubuh)

    Inilah beberapa cara sederhana membuat donat Yunani gluten free yang bisa kamu coba di rumah. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk menikmati donat satu ini, tanpa membahayakan kondisi kesehatanmu.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Resep Mudah Membuat Brownies Bebas Gluten

Resep Mudah Membuat Brownies Bebas Gluten

oleh Andhini Puteri Lestari

Cara Membuat Donat Di Rumah

Cara Membuat Donat Di Rumah

oleh Her World Indonesia

Cara Membuat Salad Khas Yunani

Cara Membuat Salad Khas Yunani

oleh Yolanda Deayu

Advertisement - Continue Reading Below