Cara Membuat Kue Cubit


  • Cara Membuat Kue Cubit
    Inilah reset kue cubit yang bisa kamu coba di rumah (Foto:Dok.dedek_umi_syasul/Instagram)

    Kue cubit adalah jajanan tradisional yang bisa dibilang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Kue yang satu ini biasanya dijual oleh para pedagang kaki lima dipinggir jalan, di pasar atau di depan sekolah.


    Alasan disebut kue cubit adalah karena ukuran kue ini yang kecil dan ketika memakannya, harus dicubit dengan sejumput jari dan selesai dalam dua gigitan. Kue cubit ini biasanya disantap sebagai kudapan bagi orang-orang yang gemar cita rasa manis. Kue cubit dapat disajikan ke dalam 3 varian, yaitu matang, setengah matang dan bisa juga disajikan mirip sarang laba-laba. Cara membuat kue cubit pun jadi salah satu resep paling dicari.




    Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat banyak kreasi baru kue cubit di Indonesia. Selain kue vanilla polos, kini hadir dalam berbagai rasa warna-warni termasuk green tea, ubi, red velvet, talas, cokelat, dan lainnya agar terlihat lebih kekinian. Topping-nya pun beragam. Kamu bisa sesuaikan dengan selera kamu. Ada meses, keju, oreo, choco chips, dan lainnya. 


     Kue ini cocok sebagai snacks ketika kamu lagi bosan di rumah. Sayangnya, keberadaan penjual kue cubit saat ini tergolong langka. Mereka sulit untuk ditemukan. Tapi, tak perlu khawatir, karena cara membuat kue cubit tergolong sederhana dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah untuk didapatkan. Kamu bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah dengan cetakan khusus berbentuk kue cubit yang dimasak diatas kompor. 


    Yuk, simak resep-nya.


    (Baca Juga: 12 Rekomendasi Jus Kekinian Untuk Jaga Imunitas Tubuh)


    Bahan-bahan: 

    - 100 gram tepung terigu

    - 100 gram gula pasir

    - 3 butir telur

    - 1/4 sendok teh baking soda

    - 100 gram mentega yang sudah dicairkan

    - 1 sendok teh vanili bubuk

    - 1/2 sendok teh baking powder

    - 130 ml susu cair

    - Coklat meses, keju parut, choco chips, atau topping lainnya sesuai selera kamu (secukupnya) 


    Langkah-langkah: 

    1. Langkah yang pertama adalah membuat adonannya terlebih dahulu. Untuk membuat adonan, campurkan telur dan gula pasir di dalam satu wadah, lalu kocok telur dan gula tersebut hingga gula larut dan adonan mengembang. Untuk ini, kamu bisa menggunakan mixer atau spatula balon sebagai pengganti mixer.


    2. Langkah yang kedua adalah ketika semua adonan sudah tercampur dan mengembang, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit secara pelan-pelan sembari dikocok di mixer


    3. Langkah yang ketiga adalah campurkan bahan-bahan lainnya, seperti, vanili bubuk, baking powder, mentega cair, lalu aduk lagi hingga merata. Kemudian setelah semua telah tercampur, masukkan susu cair ke dalam adonan tersebut. 


    4. Langkah selanjutnya, diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit


    5. Setelah adonan didiamkan selama 30 menit, masukkan adonan ke dalam wadah kecil atau gelas ukur. Hal ini untuk mempermudah menuangkan ke dalam cetakan saat dimasak.


    6. Setelah itu, siapkan cetakan kue cubit diatas api kecil, lalu lumuri terlebih dahulu dengan mentega agar tidak lengket saat diangkat kue cubit dari cetakan.


    7. Lalu ketika cetakan kue cubit sudah panas, kamu bisa langsung tuangkan adonan kedalam cetakan. Jangan lupa cukup 1/2 dari tinggi cetakan, karena nanti akan mengembang sendiri.


    8. Langkah selanjutnya adalah setelah kue cubit hampir matang, atau setengah matang, taburkan topping sesuai selera kamu yang sudah disiapkan sebelumnya. 


    9. Jika adonan sudah padat, bisa diangkat lalu disajikan saat masih hangat bersama teh manis ataupun minuman lainnya sebagai pendamping. 


    Itulah cara membuat kue cubit. Cukup mudah, bukan? 


    (Penulis: Putri Raiza)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below