Cara Membuat Donat Di Rumah


  • Cara Membuat Donat Di Rumah
    Bosan di Masa Pandemi? Yuk Berkreasi dengan Donat! (Foto: Dok. RODNAE Productions/Pexels)

    Dalam kondisi pandemi, tentu ada banyak aktivitas yang dapat kita lakukan ketika berada di rumah. Selain menyelesaikan tugas untuk kepentingan pekerjaan dan pendidikan, ada banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan bereksperimen dengan donat.


    Cara membuat donat ternyata cukup mudah dan dapat dilakukan oleh semua kalangan usia membuat proses eksperimennya menyenangkan. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan donat juga sangat mudah untuk didapat, pun diakses menggunakan kanal perbelanjaan daring.




    Donat yang paling mudah untuk dibuat adalah donat original. Dengan topping cokelat, donat yang mudah dibuat ini pun juga banyak disukai oleh orang. Selain donat cokelat, donat dengan topping rasa lainnya seperti stroberi atau nanas.


    (Baca Juga: Cara Membuat Donat Indomie Yang Sedang Viral)


    cara membuat donat

    (Donat Cokelat. Foto: Dok. Zsofia Feher/Pexels)


    Untuk membuat donat dengan topping cokelat, ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan. Di antaranya adalah 200 gram tepung terigu, 100 gram kentang yang direbus lalu dikupas kulitnya dan dihaluskan, 50 gram gula pasir, 15 gram susu bubuk, 40 gram margarin, ½ bungkus ragi instan yang beratnya kurang lebih 4 gram, ½ sendok baking powder, 4 butir kuning telur, 100 ml air es, dan ¼ sendok teh garam.

    Jika kamu ingin membuat topping cokelat, ada beberapa bahan berbeda yang harus disiapkan. Di antaranya adalah 250 gram cokelat masak, 100 gram margarin, dan meises secukupnya. Kadar meises yang ingin ditambahkan dalam topping dapat ditentukan dengan mengikuti selera konsumen. Selain meises, mentega juga dapat ditambahkan dibawahnya apabila tidak ingin terlalu banyak menggunakan cokelat. Bagi penderita diabetes, penggunaan mentega juga menjadi lebih aman dibanding menggunakan cokelat dengan kadar yang berlebih.


    (Baca Juga: Cara Membuat Donat Muffin untuk Lebaran)


    Untuk membuat donat menggunakan bahan-bahan yang telah disebutkan diatas, terdapat beberapa langkah yang perlu ditempuh. Langkah-langkah ini sangat mudah untuk dilakukan oleh semua orang dari kalangan usia manapun. Dengan bahan-bahan yang juga mudah untuk ditemukan di berbagai tempat penjual bahan pembuatan kue, donat tidak sulit untuk dikumpulkan bahan-bahannya.


    Pertama, campurkan tepung terigu, gula, ragi, baking powder, dan susu bubuk kemudian aduklah dengan merata. Apabila dibutuhkan, bahan-bahan seperti tepung terigu dan susu bubuk juga dapat diayak agar menjadi lebih halus. Lalu masukkan telur, kentang, dan air es sedikit demi sedikit kemudian ulenilah hingga menjadi kalis. Setelahnya, baru ditambahkan garam dan margarin, yang kemudian diuleni kembali hingga kembali kalis dan elastis. Setelah itu, tutuplah adonan dengan serbet atau kain yang bersih selama 15 menit.


    Adonan yang didiamkan itu kemudian diambil dan dipotong sebesar 30 gram. Adonan tersebut kemudian dipotong dengan bentuk bulat-bulat yang kemudian didiamkan dahulu selama 10 menit. Setelah adonan mengembang, bolongkan bagian tengahnya dan letakkan diatas Loyang yang telah diolesi oleh terigu tipis, kemudian diamkan selama satu jam. Sebagai langkah terakhir, gorenglah donat dengan minyak panas dan api sedang hingga warnanya menjadi kuning kecokelatan.


    Kemudian untuk membuat topping cokelat, cukup lelehkan mentega dan cokelat hingga cair. Kemudian, celupkan setengah bagian dari donut yang telah digoreng tadi. Tinggalkan donat yang telah ber-topping cokelat hingga cokelatnya membeku. Barulah setelah itu, taburi meises sesuai dengan selera atau kebutuhan.


    Itulah cara membuat donat yang bisa kamu coba di rumah. Mudah sekali, bukan?




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below