Inilah Cara Mudah Untuk Kecilkan Paha di Rumah


  • Inilah Cara Mudah Untuk Kecilkan Paha di Rumah
    cara mengecilkan paha yang bisa dilakukan di rumah. (Foto: Dok. Wand Fotografia/Pexels)

    Ketika berbicara tentang bentuk tubuh yang toned (dan kecil), sebagian besar akan fokus pada tiga bagian, salah satunya adalah paha. Mungkin kamu adalah salah satu orang yang memiliki concern terhadap bentuk atau ukuran paha yang cenderung besar. Seringnya, paha menjadi salah satu bagian tubuh yang kerap jadi tolak ukur kepercayaan diri dan penampilan seseorang.

    Namun, terlepas dari aspek penampilan yang perlahan semakin inklusif dalam berbagai bentuk tubuh, ukuran paha yang kecil dan toned juga berperan penting untuk membantu kedua kakimu lebih kuat untuk berpijak dan bergerak. Nah, banyak orang yang melakukan beragam cara untuk mengecilkan paha mereka, mulai dari berlari di jogging track hingga menggunakan alat di pusat kebugaran.

    (Baca Juga: 7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan)



    Buat kamu yang enggan pergi ke pusat kebugaran, tetapi ingin mengecilkan paha. Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan paha dengan kenyamanan rumah. Apa saja? Berikut deretannya!

    1. Rutin menggunakan tangga, ketika maupun turun

    Kamu bisa menggunakan tangga di rumah sebagai medium olahraga yang fokus tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi juga membentuk otot kaki. Umumnya, ketika kamu berlari selama 30 menit, tubuhmu akan membakar sebanyak 295 kalori dan saat kamu berlari naik (dan juga turun tangga), kalori tidak hanya terbakar tetapi juga mendorong kerja otot pahamu.

    Jika kamu harus bekerja di kantor, tangga darurat bisa menjadi pilihanmu untuk tetap mempekerjakan otot-otot pada kedua pahamu agar tampilan semakin kecil dan tone, dibandingkan berdesakan naik lift.

    cara mengecilkan paha

    (Indoor cycling bisa jadi opsi untuk kecilkan paha. Foto: Dok. Andres Ayrton)

    2. Bersepeda (outdoor maupun indoor)

    Tren olahraga yang memikat hati banyak orang sejak pandemi melanda ini bisa jadi salah satu cara ampuh untuk mengecilkan pahamu. Lakukanlah secara rutin, seorang diri atau bersama teman untuk membuat olahraga ini lebih menyenangkan. Bila kamu kurang menikmati bersepeda di luar ruangan, kamu bisa mengikuti kelas indoor cycling.

    Kelas indoor cycling ini bisa kamu lakukan di pusat kebugaran yang menyediakan kelas tersebut atau kamu lakukan secara online (jika kamu punya atau ingin membeli sepeda statis di rumah). Selain mengecilkan dan mengencangkan pahamu, olahraga ini juga baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan berat badan.

    (Baca Juga: 5 Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Lengan Bergelambir)

    3. Berlari di area berpasir

    Cara mengecilkan paha akan lebih mudah sekaligus menantang jika kamu tinggal dekat dengan pantai. Mudah, karena yang kamu butuhkan adalah niat dan waktu yang diluangkan jalan kaki atau berlari. Menantang karena berjalan maupun berlari di pasir akan memberikan tekanan lebih.

    Mulai berjalan di pantai, menikmati senja selama 20 menit setiap hari ketika kamu pertama kali berolahraga di pasar. Ketika tubuhmu mulai terbiasa berolahraga di pasir, kamu bisa mulai mengeksplorasi rangkaian olahraga yang dapat kamu lakukan untuk kecilkan pahamu.

    4. Menari

    Kamu bisa mengecilkan paha, menyehatkan tubuh sekaligus melepaskan penat dalam satu waktu. Bagaimana caranya? Putar lagu favoritmu dan menarilah! Seni tari dengan ragam versinya, adalah sebuah kesenian yang tidak hanya jadi medium berekspresi tetapi juga cara menurunkan berat tubuh.

    Mulai dari zumba, gerakan hip hop, hingga balet, menari sudah pasti menggerakan seluruh tubuhnya, membuatnya semakin fleksibel dan kuat. Apapun jenis tariannya, kedua kakimu menjadi bagian tubuh yang paling banyak bergerak sehingga otomatis, otot pahamu akan perlahan terbentuk lebih kecil dan kencang.

    cara mengecilkan paha

    (Menari untuk mengecilkan dan membentuk pahamu. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

    5. Lakukan squats dua kali sehari

    Gerakan squats adalah salah satu gerakan yang dapat membakar kalori, menguatkan otot kaki, serta mengecilkan pahamu. Kamu cukup menggunakan beban tubuhmu untuk melakukan gerakan ini, dimana saja dan kapan saja. Beberapa ahli merekomendasikan kamu untuk lakukan squats sebanyak 50 kali dalam satu hari, 25 kali di pagi hari dan 25 kali di petang hari.

    Kamu bisa melakukan squats bersamaan dengan kegiatan lainnya seperti menonton serial di televisi atau ketika sedang menikmati waktu senggangmu. Lakukan secara rutin setiap hari. Jika sudah kuat dan ingin sesuatu yang lebih menantang, bisa menggunakan beban tambahan seperti barbel atau botol minum yang terisi penuh.

    (Baca Juga: Selain Lari, Ini 5 Olahraga Yang Baik Bagi Kesehatan Jantung)

    Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan paha tanpa harus keluar di rumah. Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below