Hair & beauty

6 Produk Skincare Wajib Sebelum Berolahraga

By : Vanessa Masli - 2021-09-11 12:00:01 6 Produk Skincare Wajib Sebelum Berolahraga

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang memulai hari dengan berolahraga, entah berlari atau melakukan serangkaian gerakan aerobik di halaman rumah. Namun, ketika berbicara tentang waktu untuk merawat wajah terbaik, sebelum atau sesudah berolahraga, banyak pendapat yang muncul tentang hal ini. Ada yang mengatakan bahwa kamu harus melakukan rangkaian skincare sebelum berolahraga, tetapi sebagian lain menyarankan untuk lakukan setelah berolahraga.


Nyatanya, kamu bisa lakukan skincare sebelum maupun sesudah, tergantung dengan kapan kamu berolahraga. Produk perawatan wajah memang bekerja lebih baik jika diaplikasikan pada kulit bersih dan kering, tetapi setelah berolahraga kulit akan memiliki kandungan darah lebih banyak dan produknya akan bekerja lebih baik.


(Baca Juga: Tips Memilih Sepatu Lari Yang Baik Untuk Olahraga)


Apapun pilihanmu, kamu cukup memastikan produk yang kamu gunakan dapat dengan cepat terserap kulit dibandingkan luntur ketika kamu berolahraga. Nah, jika kamu adalah tim yang lakukan skincare sebelum berolahraga supaya kulit terlihat segar, ada beberapa produk yang wajib kamu aplikasikan. Apa saja produknya?


1. Micellar Water

Mungkin kamu enggak mau melakukan olahraga di luar ruangan dan malas untuk memakai serangkaian skincare yang biasa kamu lakukan sebelum beraktivitas, tetapi pastikan kamu enggak melewati tahap cleansing. Untuk cleansing yang singkat, gunakanlah micellar water.

Selain mampu membersihkan makeup dan sisa kotoran pada wajah, micellar water dapat membuat terlihat lebih segar dan sensasi dingin yang diberikan produk pembersih ini bisa jadi cara untuk menyegarkan mata di pagi hari sebelum kamu berolahraga. Namun, ketika memilih micellar water, pastikan produk yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulitmu.


2. Sabun cuci muka


(Sabun cuci muka perlu dipakai sebelum olahraga. Foto: Dok. Ron Lach / Pexels)

Jika kamu ingin kulit bersih maksimal, tahap cleansing perlu kamu tuntaskan dengan sabun cuci muka. Dengan mencuci muka, kulit wajah akan terasa lebih segar dan lebih ringan juga. Selain itu, kulit wajah yang bersih secara menyeluruh akan menjauhkanmu dari masalah kulit akibat pori-pori wajah yang tersumbat kotoran atau keringat selagi berolahraga.


3. Toner

Produk yang dapat kamu gunakan sebelum berolahraga adalah toner. Kamu perlu memakai produk satu ini untuk menetralisir kulit wajah dari sisa residu yang masih ada pada kulit. Selain itu, toner juga menambah efek kesegaran pada kulit setelah kamu membersihkannya sehingga membuat kulitmu terlihat lebih terawat.


(Baca Juga: Jenis Olahraga yang Cocok untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi)


4. Facial Mist

Produk skincare yang wajib digunakan sebelum workout lainnya adalah facial mist. Dengan menggunakan facial mist sebelum berolahraga, kamu memberikan tambahan hidrasi sekaligus menutrisi kulit wajah dengan berbagai bahan-bahan yang menyehatkan kulit.


5. Pelembap


(Pelembap juga jadi produk penting untuk dipakai sebelum olahraga. Foto: Dok. Sora Shimazaki/Pexels)

Kegiatan fisik seperti berolahraga, apalagi di luar ruangan berpotensi membuat kulit menjadi kering. Jadi, penting untuk tetap menggunakan pelembap sebelum kamu berolahraga. Namun, kamu ingin memastikan bahwa pelembap yang dipakai enggak akan meleleh terbawa keringat ketika sedang melakukan gerakan workout atau berlari, jadi pakai pelembap yang dapat terserap kulit dengan cepat dan memberikan efek ringan pada kulit wajah.


6. Sunscreen

Tahapan terakhir dalam rangkaian skincare yang justru paling penting kamu lakukan, khususnya buat kamu yang berolahraga di luar ruangan. Pastikan sunscreen atau tabir surya andalanmu setiap hari, kamu pakai sebelum berolahraga. Kandungan SPF dan PA++ yang ada pada produk satu ini akan memungkinkan kamu untuk terus berolahraga di luar ruangan tanpa perlu khawatir akan paparan sinar matahari yang akan merusak kondisi kulit kita.


(Baca Juga: Rekomendasi Olahraga Untuk Melatih Otot Tangan)


Itulah beberapa produk skincare yang wajib kamu pakai sebelum berolahraga. Memang semua rangkaian di atas adalah rutinitas yang kamu lakukan setiap hari sebelum beraktivitas, jadi rasanya enggak akan susah kalau kamu ingin melakukannya sebelum berolahraga biar wajah terlihat segar dan juga terjaga kondisinya tetap sehat.

Hair & beauty