Jenis Olahraga yang Cocok untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi


  • Jenis Olahraga yang Cocok untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi
    Jenis olahraga yang cocok untuk kamu dalam menurunkan kolesterol tinggi pada tubuhmu. (Foto: Dok. /unsplash)

    Kolesterol merupakan zat lemak yang beredar di dalam darah. Salah satu hal yang bisa menurunkan kolesterol tinggi secara alami yaitu rutin berolahraga. Dilansir dari Healthline, selain memperbaiki pola makan, kamu bisa berolahraga di setiap hari karena hal tersebut merupakan perubahan gaya hidup paling efektif untuk membantu dengan meningkatkan kadar kolesterol baik atau dapat disebut High-Density Lipoprotein (HDL). Para peneliti melaporkan bahwa wanita yang aktif secara fisik, tingkat kolesterol HDL akan lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidak aktif.

    Olahraga dapat membantu kamu menurunkan angka kolesterol tinggi meskipun kamu memiliki berat badan yang berlebih. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui jenis olahraga apa yang cocok untuk menurunkan kolesterol tinggi. Yuk, simak ulasannya.

    (Baca Juga: Waspada! Inilah Tanda Kolesterol Menyerang)



    Jogging

    Jika kamu sering melakukan jogging di pagi hari, olahraga ini adalah hal yang bagus untuk menurunkan kolesterol tinggi dan bahkan bisa untuk mengatur berat badan kamu. Namun, kamu juga tidak perlu lari secara berlebihan karena lari dengan santai merupakan cara yang lebih baik.

    Jalan Kaki

    Jangan heran jika jalan kaki bisa menurunkan kolesterol tinggi. Menurut para peneliti melaporkan bahwa hasil penelitian menunjukkan berjalan kaki 4,3 mil dengan kecepatan tinggi dapat memakan energi yang sama dengan berlari sejauh tiga mil. Maka dari itu, selain jogging kamu bisa jalan kaki secara cepat agar kolesterol dalam tubuhmu bisa turun dengan baik.

    (Baca Juga: Inilah Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi)

    Bersepeda

    Selain jogging dan jalan kaki, bersepeda secara rutin juga bisa menghabiskan energi yang hampir sama. Bertambahnya usia disarankan untuk bersepeda karena pinggul dan lutut rentan terkena radang sendi jika berlari. Oleh karena itu, cobalah untuk bersepeda ke tempat yang ingin kamu kunjungi seperti kantor, rumah teman dan lain sebagainya. Menurut para ilmuwan bahwa orang yang bersepeda ke kantor, kemungkinan akan lebih kecil terkena risiko kolesterol tinggi.

    Yoga

    Perlu kamu ketahui bahwa kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung. Namun, penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, dengan kamu sering mengikuti program yoga selama tiga bulan. Maka, kolesterol tinggi bisa berkurang, baik kolesterol total dan kolesterol jahat yaitu Low-Density Lipoprotein (LDL).

    Oleh karena itu, kamu perlu rutin berolahraga dengan jenis olahraga di atas untuk terhindar dari kolesterol tinggi. Selamat mencoba!

    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below