Rekomendasi Olahraga Untuk Melatih Otot Tangan


  • Rekomendasi Olahraga Untuk Melatih Otot Tangan
    Rekomendasi Olahraga Untuk Melatih Otot Tangan. (Foto: Dok. Li Sun/Pexels)

    Jika kamu berpikir membentuk otot tangan adalah hal yang gampang, maka sebaiknya hilangkan pemikiran tersebut. Sebab, ada proses yang cukup berat di baliknya. Memiliki otot di area tangan memang terlihat keren, itulah kenapa ada jenis-jenis olahraga untuk melatih otot tangan yang sering direkomendasikan.




    Membentuk otot pada tangan sama halnya dengan ketika kamu ingin memiliki berat badan yang ideal. Tidak mudah dan prosesnya cukup panjang. Jika kamu ingin tampil keren, maka ada berbagai rekomendasi olahraga untuk melatih otot tangan yang bisa diikuti.


    (Baca Juga: 5 Jenis Olahraga Untuk Mengecilkan Lengan Bergelambir)


    Tenang saja, jenis olahraganya cukup ringan, asal kamu melakukannya sesuai anjuran alias tidak berlebihan, maka otot tangan akan terbentuk dengan baik. Pastikan juga melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulainya. Yuk simak apa saja jenis olahraga yang dimaksud!


    1. Bear Crawls

    Untuk melakukan olahraga yang satu ini, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memposisikan tubuh seperti push up. Namun, pastikan jika kakimu sudah terbuka lebar sejajar dengan pinggul. Kemudian merangkaklah dengan menggerakkan tangan kanan juga kaki kiri bersamaan ke depan.

    Kamu harus melakukan gerakan yang sama pada sisi sebelahnya, yakni menggerakkan tangan kiri dan kaki kanan ke depan bersamaan. Sementara itu untuk kepala, pinggul dan juga punggung mesti berada dalam posisi yang lurus. Kamu bisa melakukan 2 kali pengulangan dengan 10 kali langkah ke depan.


    2. Close-grip Chin-up

    olahraga tangan

    (Close-grip Chin-up. Foto: Dok. Scott Webb/Pexels)

    Olahraga tangan dengan pose bergantung secara horizontal dan memegang besi ini juga salah satu yang paling direkomendasikan jika kamu ingin melatih otot tangan. Perhatikan jarak antara tangan kanan dan kiri, setidaknya beri jarak kurang lebih 15cm.

    Selain itu, kamu juga mesti melakukannya dengan kepala dan pandangan yang lurus ke depan. Kemudian tangan juga lurus ke atas dan ketika mengangkat maka dagu harus berada di atas besi yang digunakan. Melakukan olahraga yang satu ini secara rutin bisa mempercepat pembentukan otot pada tangan.


    3. Push Up

    olahraga tangan

    (Melakukan push up. Foto: Dok. Ivan Samkov/Pexels)

    Olahraga tangan yang satu ini tentu saja sudah sangat familiar di telinga kamu, bukan? Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari push up, salah satunya adalah otot tangan yang semakin terbentuk dan kuat. Bahkan melakukannya juga sangat mudah dan tak ada trik khusus.

    Kamu hanya perlu menyiapkan matras atau mencobanya di lantai juga bisa, kemudian berbaring telungkup. Lantas posisikan tangan kamu sedikit lebih lebar daripada bahu sebagai tumpuan, serta dengan posisi kaki yang terentang lurus ke belakang.

    Posisi tubuh harus tetap terjaga dalam bentuk garis lurus, kemudian kamu bisa mulai menekuk siku dan menurunkan tubuh pelan-pelan sembari mengatur napas.

    Ketika tubuh bergerak turun, ambil napas dan ketika posisi tubuh terdorong ke posisi semula, buang napas kamu. Gerakan push up harus diulangi setidaknya sebanyak 10 kali dengan 2 kali pengulangan.


    (Baca Juga: 10 Cara Mengencangkan Kulit Setelah Diet, Agar Tak Gelambir!)


    4. Dumbbell Biceps Curl

    olahraga tangan

    (Dumbbell Biceps Curl. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

    Mungkin kamu asing dengan namanya, tapi olahraga tangan ini memiliki kata lain yaitu mengangkat burbel. Di mana mengangkat burbel memang sangat dipercaya mampu melatih otot tangan dengan sangat baik. Olahraga ini juga sangat mudah dan tak membutuhkan banyak gerakan sulit.

    Kamu hanya membutuhkan burbel yang dipegang pada masing-masing tangan. Lalu gerakkan tangan yang memegang burbel ke bawah dengan posisi lurus. Lalu tekuk kembali tangan ke atas sampai setara dengan bahu.


    5. Tricep Dips

    olahraga tangan

    (Tricep Dips. Foto: Dok. Sinitta Leunen/Pexels)

    Terakhir, olahraga tangan yang dapat kamu coba ialah Tricep Dips. Untuk olahraga ini kamu membutuhkan bantuan kursi dan tentunya harus memilih kursi yang paling kokoh. Langkah yang harus dilakukan adalah menduduki kursi yang dimaksud, kemudian luruskan kaki dan taruh kedua telapak tangan kamu pada sisi pinggang.

    Lantas perlahan tekuk siku sampai membentuk 90 derajat sembari menurunkan tubuh ke lantai. Setelah itu dorong tubuh ke atas yang mana menggunakan lengan untuk mengembalikannya ke posisi semula. Perlu dicatat bahwa gerakan ini membutuhkan perhatian khusus dan tidak semua orang bisa melakukannya. Setidaknya kamu tidak perlu memaksakan diri jika belum terbiasa.


    Itulah beberapa rekomendasi olahraga untuk melatih otot tangan untuk kamu yang membutuhkannya. Lakukan secara rutin sesuai yang dianjurkan agar kekuatan otot tanganmu semakin baik.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below