Tips Memilih Sepatu Lari Yang Baik Untuk Olahraga


  • Tips Memilih Sepatu Lari Yang Baik Untuk Olahraga
    Tips memilih sepatu lari yang baik untuk olahraga (Foto:Dok.Karolina/Pexels)

    Memilih sepatu lari yang baik jadi salah satu yang penting untuk diperhatikan terutama saat kamu rajin berolahraga. Meskipun sepatu lari umumnya datang dengan beragam model dan warna, namun menentukan pilihan patut dilakukan agar kamu tidak salah pilih.


    Ada banyak tips memilih sepatu lari yang baik untuk olahraga diantaranya adalah dengan membelinya sesuai kebutuhanmu. Hal ini juga berkaitan dengan tipe kakimu, hingga melihat waktu yang tepat untuk membelinya. Dengan mengetahui deretan tips itu, kamu akan tebantu menemukan sepatu lari yang baik. Selain itu apa lagi? berikut Herworld rangkum tips memilih sepatu lari yang baik untuk olahraga.




    (Baca Juga: Sepatu Lari Modis di 'Jakarta Marathon 2019')


    1. Pilih sepatu yang spesifik


    (Tips memilih sepatu lari yang baik dengan spesifik.Foto:Dok.Jeshoot/Pexels)


    Meskipun sebetulnya kamu bisa menggunakan jenis sepatu apapun untuk berlari atau jogging, namun memilih sepatu yang spesifik bisa mempengaruhi kualitas olahragamu.

    Banyaknya sepatu atletik yang tersedia di pasaran, tidak berarti semua sepatu dengan sol karet dan tali bisa digunakan untuk berlari. Karena secara teknis sepatu lari dirancang untuk membantumu berlari lebih cepat, berlari lebih nyaman, dan mencegah cedera. 


    2. Lihat jenis sepatunya

    Tak semua sepatu lari cocok untuk semua orang. Sehingga, selain memilih sepatu yang spesifik, kamu juga harus mempertimbangkan berapa jarak tempuh yang biasanya kamu lewati. 

    Bahkan, kamu juga perlu mempertimbangkan kondisi jalanan yang sering kamu lewati untuk berolahraga. Dengan mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan sangat membantu ketika kamu memilih sepatu lari yang baik.


    (Baca Juga: 4 Rekomendasi Sepatu Olah Raga yang Nyaman dan Stylish)


    3. Pastikan ukurannya tepat

    Salah satunya yang terpenting saat memilih sepatu lari yang baik adalah memastikan ukurannya tepat di kakimu. Ini bisa dibilang faktor terpenting dalam membeli sepasang sepatu lari, dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

    Pertama, harus ada jarak selebar ibu jari antara jari kaki dan ujung sepatu untuk mencegah jari-jari kaki membentur ujung saat berlari menuruni bukit. Juga harus ada ruang yang cukup di kotak kaki untuk memungkinkan kamu menggoyangkan setiap jari kaki dengan bebas di dalam sepatu tanpa perlu telalu lapang. 

    Yang kedua, bagian atas sepatu harus membungkus kaki dengan nyaman sehingga tidak tergelincir dan tumit, Banyak sepatu datang dengan menawarkan fit kick. Terkadang sepatu jenis ini akan terasa sempit, jadi pastikan untuk memilih mana yang paling cocok untukmu.


    4. Kenali tipe kakimu

    Mengenali tipe kakimu sendiri akan memudahkan untuk memilih sepatu lari yang baik untuk dipakai. Jika tidak mengetahuinya, kamu bisa bicarakan dengan orang-orang di toko lari untuk melakukan analisis gaya berjalanmu. Ini akan menentukan bagian mana dari sepatu kamu yang akan mengalami pukulan terbesar, dan di mana kamu mungkin membutuhkan lebih banyak atau lebih sedikit dukungan untuk membantu mencegah cedera.


    5. Coba langsung


    (Tips memilih sepatu lari yang baik adalah dengan mencobanya.Foto:Dok.Magda/Pexels)

    Beberapa toko sepatu lari akan membiarkan kamu mencoba sepatu pilihanmu sebelum membelinya. Namun jika tidak memungkinkan kamu bisa berjalan-jalan di dalamnya selama beberapa menit, atau naiki treadmill toko sebentar jika mereka mengizinkannya untuk melihat bagaimana kenyamanannya saat sepatu dipakai berlari.


    (Baca Juga: Pertemanan Sehat 'Lari untuk Lombok' di Berlin Marathon)


    6. Beli sepatu di waktu sore hingga malam

    Mengutip laman Running Magazine kaki kita cenderung membengkak seiring berjalannya hari, jadi jika kamu mencoba sepasang di pagi hari, mereka mungkin terlalu ketat pada saat kamu pergi untuk lari sore. Sebagai gantinya, pergilah mencari sepatu lari yang baik setelah bekerja untuk memastikan sepatunya pas dengan kakimu setiap saat sepanjang hari.


    7. Hindari beli karena warna atau modelnya


    (Tips memilih sepatu lari yang baik beli di waktu sore.Foto:Dok.Dominika/Pexels)

    Tips memilih sepatu lari yang baik paling terakhir adalah hindari membelinya hanya karena model dan warna favoritmu. Karena keduanya belum tentu cocok digunakan untuk berlari sesuai ritmemu. 


    Itulah sejumlah tips memilih sepatu lari yang baik untuk olahraga. Selamat mencoba. 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below