Hair & beauty

Rekomendasi Produk Eksfoliasi Brand Lokal Yang Wajib Dicoba

By : Vanessa Masli - 2021-09-09 15:00:01 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Brand Lokal Yang Wajib Dicoba

Ketika kamu memiliki masalah wajah seperti kulit kusam, jerawat, dan berbagai masalah lainnya atau bahkan ingin menjaga kondisi kulit wajah tetap sehat, proses eksfoliasi menjadi langkah rutin dalam rangkaian perawatan wajah. Meski tidak dilakukan setiap hari karena berpotensi menyebabkan iritasi dan kulit dehidrasi, eksfoliasi memiliki peran penting dalam kesehatan kulit wajahmu.


Pada dasarnya, eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada bagian permukaan dan membuat wajah tampak lebih bersih serta berkilau. Proses ini juga membantu kulit terhindar dari pori-pori tersumbat (salah satu faktor penyebab jerawat) dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Baik eksfoliasi mekanik menggunakan facial scrubs atau kimiawi dengan serum atau toner dengan kandungan eksfoliasi, kamu dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu.


Faktanya, berbagai brand lokal telah menghadirkan berbagai produk eksfoliasi, mulai dari scrub hingga serum untuk membuatmu lebih rajin mengangkat sel-sel kulit mati setiap minggunya. Apa saja produk eksfoliasi dari brand lokal yang wajib kamu coba? Berikut beberapa produknya.


(Baca Juga: Inilah 5 Penyebab Kulit Berminyak)


1. Avoskin Miraculous Refining Serum


(Avoskin Miraculous Refining Serum. Foto: Dok. Avoskin Beauty Official Website)

Brand kecantikan lokal asal Yogyakarta ini menghadirkan serum yang dapat kamu gunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Dalam kemasan 30 mililiternya ini, Avoskin Miraculous Refining Serum memiliki kandungan utama 10% AHA dan 3% BHA serta dilengkapi dengan 2% Niacinamide dan Ceramide.

Kombinasi apik yang memadukan AHA dan BHA, dua senjata ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat di pori-pori wajah. Tidak hanya itu, kandungan niacinamide-nya dapat menghindari kulit dari peradangan sekaligus mencerahkan, serta ceramide dapat menjaga proteksi kulit.

Mungkin terdengar banyak kandungan kimia yang berpotensi membuat wajah kering, tetapi rupanya serum ini mampu menjaga kulit wajah tetap lembab sekaligus kencang setelah pemakaian, serta perlahan tapi pasti jerawat-jerawat pun mulai hilang.


2. Sensatia Botanicals Coconut & Vanilla Facial Scrub


(Sensatia Botanicals Coconut & Vanilla Scrub. Foto: Dok. Instagram @sensatiabotanicals)

Produk eksfoliasi dari brand lokal yang wajib kamu coba datang dari Pulau Dewata, Bali. Dengan memadukan kelapa dan vanila, facial scrub keluaran Sensatia Botanicals ini dapat mengangkat sel kulit mati, kemudian memperbaiki sel kulit lama, dan kembali memberi nutrisi pada kulit.

Ada empat bahan utama yang digunakan dalam produk ini yaitu sari lidah buaya untuk mengurangi peradangan, kulit kacang kenari untuk membantu proses eksfoliasi secara alami, minyak kelapa untuk melembapkan, dan bubuk bengkuang yang kaya akan antioksidan. Facial scrub ini direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kulit kering hingga normal.

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit kombinasi atau berminyak? Sensatia Botanicals pun memiliki varian facial scrub dengan kandungan yang sesuai dengan kebutuhan jenis kulitmu.


(Baca Juga: Ketahui Jenis Kulit Wajahmu Hanya Dengan 2 Cara Ini!)


3. Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution


(Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution. Foto: Dok. Somethinc Official Website)

Exfoliating serum yang dirilis oleh Somethinc ini memiliki tekstur yang sangat cair. Sekilas terlihat seperti toner atau essence, serum ini mengandung tiga kandungan utama yaitu 3% AHA, 1% BHA, dan 2% PHA dalam satu kemasan. Serum ini tidak memiliki aroma sehingga cocok buat kamu yang tidak terlalu menyukai aroma pada produk skincare seperti ini.

Untuk memakainya, kamu cukup mengaplikasikannya pada kulit wajah yang kering, diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Serum ini dapat memberikan pori-pori yang tersumbat dan membuat wajah tampak halus, serta tergolong mild sehingga cocok jika ingin digunakan oleh para pemula.


4. Saturday Looks Wake Wonderful Sleeping Mask


(Saturday Looks Wake Wonderful Sleeping Mask. Foto: Dok. Shopee)

Produk eksfoliasi ini bisa kamu pakai sepanjang malam. Hadir dalam bentuk sleeping mask, Saturday Looks Wake Wonderful Sleeping Mask ini memiliki kandungan 5% AHA, 1% BHA, dan 2% PHA. Kadarnya sedikit lebih tinggi dibandingkan produk sebelumnya.

Namun, kandungan ini diseimbangkan dengan kandungan hyaluronic acid, ekstrak bunga mawar, mugwort, lidah buaya, dan kaktus yang menjaga kelembapan kulitmu setelah menggunakan serangkaian kandungan sepanjang malam. Teksturnya yang berbentuk gel ini terasa ringan sehingga juga dapat digunakan setelah moisturizer atau digunakan sebagai penggantinya.


(Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami Dan Permanen)


Inilah beberapa produk eksfoliasi dari brand lokal yang wajib kamu coba untuk tampilan wajah yang cerah, bebas jerawat, dan halus. Selamat mencoba!


Hair & beauty