Ketahui Jenis Kulit Wajahmu Hanya Dengan 2 Cara Ini!


  • Ketahui Jenis Kulit Wajahmu Hanya Dengan 2 Cara Ini!
    Berminyak, kering, atau kombinasi? Cek sendiri jenis kulit wajahmu tanpa harus ke dokter (Foto: Dok. Pexels/Andrea Piacquadio)

    Ada lima jenis kulit wajah yang WAJIB kamu ketahui, yaitu oily (berminyak), dry (kering), normal, combination (kombinasi), dan sensitive (sensitif). Sayangnya, tak semua orang tahu jenis kulit wajah mereka masuk dalam jenis yang mana. Padahal, hal ini harus diketahui terutama untuk kaum wanita karena penggunaan skincare harian, makeup, dan produk kecantikan lainnya akan sangat berpengaruh pada kesehatan kulit wajah jika digunakan tak sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya. 


    Nah, untuk mengetahuinya secara pasti, ternyata ada cara mudah, cepat, dan murah yang tak mengharuskanmu pergi ke dokter kecantikan. Hanya dengan DUA cara sederhana berikut dan dalam waktu 30 menit saja, kamu sudah bisa mengetahui jenis kulit wajahmu. Kamu pun bisa melindungi kulit wajahmu dari risiko-risiko buruk yang mungkin akan terjadi di kemudian hari. So, mari kita mulai!




    cara mengetahui jenis kulit wajah

    (Cuci wajah dengan sabun seperti biasa. Foto: Dok. Pexels/Arina Krasnikova)


    Cara pertama, Sediakan sabun muka harianmu. Lalu, mulailah mencuci wajah seperti biasa. Keringkan dengan cara menepuk-nepuknya dengan handuk lembut. Lalu, tunggu 30 menit kemudian!


    (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bleaching Rambut)


    Jika kulit wajahmu tampak sangat licin dan bersinar, maka dapat dipastikan jenis kulit wajahmu adalah kulit berminyak. Namun jika kulit wajah terasa kencang, pecah-pecah, dan bersisik, maka kulit wajahmu lebih mengarah pada kulit kering. Lalu, jika yang tampak licin hanya di daerah T-Zone, maka jenis kulit wajahmu cenderung kombinasi. Terakhir, jika ia terasa baik-baik saja, cukup terhidrasi, dan nyaman, maka berbahagialah karena artinya kamu punya jenis kulit wajah yang sangat normal.


    Cara kedua: Jika kamu masih belum yakin dengan cara pertama, maka kamu bisa mengeceknya lagi dengan cara kedua yaitu dengan menggunakan kertas minyak khusus wajah yang banyak tersedia di pasaran. Bukan dengan cara menekannya langsung seperti biasa, kamu tetap harus cuci muka terlebih dahulu. Setelah itu, keringkan dengan handuk lalu tunggu selama 30 menit.


    cara mengetahui jenis kulit wajah

    (Tekan-tekan wajah dengan kertas minyak setelah cuci muka. Foto: Dok. Orphica)


    Mulailah tekan kertas minyak pada seluruh area wajah. Bagian dahi, pipi, T-Zone, hingga dagu. Setelah itu, hadapkan kertas tersebut ke arah cahaya untuk melihat hasil serapannya. Jika seluruh kertas minyak yang kamu gunakan tampak sangat basah tanpa terkecuali, maka kulit wajahmu dapat dipastikan merupakan jenis kulit berminyak.

    Namun jika tak ada hasil serapan atau ada noda minyak tapi sangat sedikit, maka jenis kulit wajahmu adalah jenis kulit wajah yang amat kering. Next, kalau kertas minyak tersebut hanya menyerap noda di bagian T-Zone, maka kamu punya jenis kulit wajah kombinasi. Terakhir, jika seluruh kertas minyak yang kamu tempelkan di berbagai area wajah menunjukkan noda minyak yang minim, maka artinya kulit wajahmu masuk dalam kategori normal.


    (Baca Juga: Simak Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah Pria)


    Setelah mengetahui cara mengetahui jenis kulit wajah, tugasmu selanjutnya adalah memilih produk perawatan kulit atau makeup yang sesuai dengan kondisi tersebut. Jangan sampai salah pilih, lho! Sebab jika kulit wajahmu sensitif lalu kamu malah gunakan produk kecantikan yang tak cocok, maka berbagai gangguan seperti jerawat, kulit kemerahan akibat alergi, iritasi, hingga kulit gatal-gatal bisa kamu alami.


    So, cek segera jenis kulit wajahmu agar selalu tampak segar, bercahaya, dan juga sehat, ya. Tak perlu buang banyak uang, kan, untuk tahu jenis kulit wajah?! Mudah, murah, cepat, dan cukup dari rumah saja kamu sudah bisa mengidentifikasi salah satu bagian penting dari tubuhmu sendiri. Selamat cari tahu!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below